Kakanwil Kemenag Sumbar Gelar Apel Akbar Peringati Puncak Hari Santri Tahun 2023

Padang (Rangkiangnagari) - Apel Akbar dlm memperingati puncak Hari Santri Tahun 2023 tingkat Provinsi  Sumbar di gelar di Lapangan Kompleks PP MTI Koto Tinggi Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (22/10/2023) pagi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar H Helmi memimpin langsung Apel Akbar yang dimulai pukul 08:00 WIB.

Sesuai amanat Menteri Agama, dalam pidatonya, Kakanwil mengatakan tema "Jihad Santri Jayakan Negeri" diangkat pada peringatan Hari Santri kali ini memiliki makna yang mendalam. Jihad bukan sebatas pertempuran fisik melainkan perjuangan secara keseluruhan, yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri.

Helmi menuturkan , hari Santri adalah momentum yang tepat untuk merefleksikan peran diri dalam menjayakan negeri ini. Sebagai generasi penerus, harus terus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempurnaan dalam ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum.

"Hari Santri yang diperingati setiap 22 Oktober itu mengacu pada Resolusi Jihad yang dimaklumatkan oleh Kiai Hasyim Asyari. Resolusi Jihad itu berisi seruan kepada seluruh masyarakat agar berjuang menolak dan melawan penjajah," katanya.

Kakanwil menuturkan peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

Kegiatan apel ditutup dengan penyerahan bantuan dari Kanwil Kemenag Sumbar untuk Pondok senilai lima juta rupiah, 1 dus mushaf Alquran Kemenag RI dan hadiah perlombaan rangkaian peringatan Hari Santri.(Ayu)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.