Kabid IKP Alwa Dudi, Pimpin Orientasi Lapangan Wartawan Kota Solok Ke Pekan Baru

Kota Solok (Rangkiangnagari) - Sebanyak 57 orang Wartawan Kota Solok lakukan Orientasi Lapangan Ke Pekan Baru yang di pimpin langsung oleh Kabid IKP Dinas Kominfo Kota Solok Alwa Dudi.Kunjungan wartawan Kota Solok ke Kota Pekan Baru berlangsung selama 4 hari  mulai tanggal 21 s/d 24 November 2023 

Di hari pertama  rombongan orientasi lapangan jurnalistik Kota Solok kunjungi Kantor Dinas Kominfo Kota Pekan Baru yang diterima langsung oleh Plt. Sekretaris Dinas Kominfo, Darma Alam,di Aula Kantor Dinas Kominfo setempat.Rabu (22/11)

" Adapun salah satu tujuan orientasi lapangan ke Kota Pekan Baru adalah guna untuk meningkatkan kualitas dan profesionsal serta kompetensi dan juga sebagai ajang untuk belajar terus menerus bagi wartawan yang diawali dengan Bimbingan Teknis Jurnalistik bagi wartawan yang bertugas diwilayah Kota Solok pada tanggal 20 November 2023 lalu, ” ungkap Alwa Dudi.

Selama Study Komprehensif ke Kota Pekan Baru peserta Orientasi Lapangan Jurnalistik ini disamping berkunjung ke Dinas Kominfo Kota Pekan Baru juga melakukan shering ke Riau Pos Group.

Sebagai salah satu locus pelaksanaan Orientasi Lapangan Jurnalistik, Plt. Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pekan Baru, Darma Alam sangat berterima kasih kepada Dinas Kominfo Kota Solok yang telah memilih Dinas Kominfo Pekan Baru sebagai tempat sharing tentang dan pengelolaan media.

Diinformasikan, bahwa jurnalis yang ada di Kota Nenas tersebut sebanyak 5000 orang sementara yang produktif sebanyak 320 orang dengan pengrekrutan jurnalis dilaksanakan secara online dan untuk OPD melibatkan teman-teman pewarta, ” ujar Darma.

Data Sosial dan Ekonomi Tahun 2022 Kota Pekan Baru dengan Pertumbuhan Ekonomi sebesar 6,78%, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 82,06, Kemiskinan sebesar 3,06%, Pengangguran sebesar 5,40%, Gini Rasio sebesar 0,397, Realisasi PMON sebesar 5,46% dan Usia Harapan Hidup pada 72,7 tahun serta Rata-rata Lama Sekolah pada 15,56 tahun.

Untuk Tahun 2023 ini Kota Pekan Baru bekerja sama dengan Media Online (Website) sebanyak 242 Media dengan nilai kontrak sebesar Rp. 2,5 juta/Terbit dan 74 Media Cetak (Koran/Buletin/Majalah) dengan nilai kontrak sebesar Rp. 4 juta/Terbit serta 8 Media Elektronik (Radio/TV) dengan kontrak sebesar Rp. 120 ribu/Spot dan Rp. 1 juta/Spot, “ungkap Plt. Sekdis.

Sedangkan Media Sosial yang dimiliki Pemerintah Kota Pekan Baru adalah Website Pekanbaru.go.id, Youtube Info Pemko Pekanbaru, Kontak Pemko Pekanbaru dan Facebook Kontak Pemko Pekanbaru serta Tik Tok PemkoPekanbaru disamping juga mempunyai Inovasi Kerjasama Secara Online yakni mitrakominfo. pekanbaru.go.id.

Pada kunjungan hari ke dua peserta Orientasi Lapangan Kota Solok kunjungi Redaksi Riau Pos berlangsung pada Kamis (23/11) yang terima langsung oleh Pimpinan Redaksi Riau Pos Group Firman Agus, peserta orientasi lapangan jurnalistik melakukan sharing informasi dengan Media yang terbesar di bumi lancang kuning tersebut tentang berbagai hal dalam perkembangan dan kemajuan di dunia jurnalistik. (Rn/Lz)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.