Kakan Kemenag Pessel Buka MTQ Tingkat Kecamatan BAB Tapan Camat dan Kepala KUA Turut Hadir

Painan (Rangkiangnagari) - Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) H.Abrar Munanda, membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-IV Tingkat Kecamatan,Basa Ampek Balai (BAB) Tapan Selasa (21/11). 

MTQ tersebut diikuti oleh seluruh kafilah, dari tiap nagari yang ada di Kecamatan Basa Ampek Balai,dengan total peserta mencapai 120 orang. Bertempat di Pasar Raya Tapan, acara berlangsung 21 hingga 24  November 2023.

Hadir dalam acara itu Kepala Kantor Kementerian Agama H. Abrar Munananda. Camat BAB Tapan Legi Andru, Kepala KUA, Hendri Nalfinas, Wali Nagari dan tokoh masyarakat di wilayah itu.  

Kakan Kemenag Pessel,  H. Abrar Munanda, dalam sambutanya mengatakan,dengan dibukanya MTQ Ke-IV Tingkat Kecamatan, diharapkan semangat keagamaan dan cinta terhadap Al-Qur'an semakin tumbuh dan mengakar dalam masyarakat. 

Kegiatan itu juga diharapkan menjadi ajang untuk memperkuat persatuan dan kesatuan dalam keragaman suku dan budaya yang ada di Tapan.

Selanjutnya, H. Abrar Munanda berharap agar. dewan hakim  bisa menjaga  komitmen untuk menjalankan tugas dengan adil dan objektif. 

"Dewan Hakim akan bertugas dalam menilai dan memilih peserta terbaik yang akan mewakili Kecamatan Basa Ampek Balai pada MTQ tingkat Kabupaten. Semoga bisa memberikan penilaian yang objektif dan lebih baik,"ungkap H Abrar Munanda. 

Dalam kesempatan itu juga H. Abrar Munanda, juga mengukuhkan Dewan Hakim, pada MTQ Ke-IV Tingkat Kecamatan BAB Tapan itu. Sebagai  koordinator kegiatan Kepala KUA,  Hendri Nalfinas.

Sementara itu Camat BAB Tapan, Legi Andru, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya MTQ sebagai kegiatan tradisi yang dilaksanakan di Kecamatan Basa Ampek Balai. Ia berharap, melalui MTQ ini Al-Qur'an dapat lebih dikenal dan dipahami oleh masyarakat.

" Kita berharap Al-Qur'an dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kepada seluruh masyarakat Basa Ampek Balai hendaknya dapat membumikan Al-Qur'an dan menjadikannya sebagai pedoman dalam bertindak dan berperilaku," tutur Camat Legi Andru. 

MTQ Ke-IV Tingkat kecamatan  merupakan ajang yang penting dalam memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah serta meningkatkan pemahaman terhadap Al-Qur'an. Selain kompetisi tilawah dan hafalan Al-Qur'an, kegiatan ini juga melibatkan fahmil Qur'an dengan kepersertaan dari Majlis Taklim utusan Nagari dan juga tilawtil Quran  dari perangkat Nagari. (Rn/Dd)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.