Studi Belajar, Pemko Payakumbuh Sambut Rombongan dari Sungai Penuh

Payakumbuh (RangkiangNagari) - Bertempat di aula pertemuan Randang lantai II kantor Wali Kota Payakumbuh, Kamis 21 Desember 2023, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) terima kunjungan dari Pemko Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

Agendakan studi pembelajaran ke Kota Payakumbuh untuk peningkatan kapasitas tim pembina/forum kota sungai penuh sehat dalam penerapan Kabupaten/Kota Sehat (KKS), rombongan yang dipimpin Sekretaris Forum Kota Sehat, Sulastri dari Pemko Sungai Penuh hadir sebanyak 8 (delapan) orang yang disambut Pj. Wali Kota Payakumbuh bersama OPD pendukung (tim kota sehat) dan ketua forum kota sehat.

Ucapkan selamat datang dan permintaan maaf kepada rombongan yang telah hadir ke kota Payakumbuh untuk saling bertukar informasi tentang kota sehat, Pj. Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Wali Kota bidang pemerintahan dan kesra Dafrul Pasi katakan jika Pj. Wali Kota saat ini sedang menerima dan menjemput penghargaan dari Gubernur Provinsi Sumatra Barat sebagai terbaik I tingkat kota se-Sumatra Barat pada penghargaan Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IKPS) tahun 2023.

“Alhamdulilah. Kami merasa tersanjung dan bahagia atas kunjungan silaturahim dari Pemko Sungai Penuh, Jambi ini untuk kita dapat saling berbagi ilmu terkait Kabupaten/Kota Sehat,” ungkap Daf sapaan akrab Asisten I Wali Kota Payakumbuh itu.

Dikenal dengan nama Swastisaba Wistara,
Dafrul katakan jika penghargaan kabupaten/kota sehat merupakan penghargaan yang diberikan kepada kabupaten/kota yang telah memenuhi kriteria sehat dengan 3 tingkatan yakni, Padapa, Wiwerda dan Wistara.  

Dafrul turut menyampaikan bahwa Kota Payakumbuh telah memulai proses penilaian Kabupaten/kota sehat ini dari tahun 2004 sampai tahun 2023, dengan penghargaan yang pernah di raih, diantaranya ;

    Tahun 2004 : Padapa
    Tahun 2005 : Wiwerda
    Tahun 2007 : Wiwerda
    Tahun 2009 : Wistara 1
    Tahun 2011 : Wistara 2
    Tahun 2013 : Wistara 3
    Tahun 2015 : Wistara 4
    Tahun 2017 : Wistara 5
    Tahun 2019 : Wistara 6
    Tahun 2023 : Wistara 7

“Dan dalam meraih wistara ini tentu sangat diperlukan Komitmen dan kerjasama dari semua OPD dan Forum Kabupaten/Kota sampai tingkat pokja di kelurahan sehat,” beber Daf.

Menjelang masuk sesi diskusi dan penyampaian paparan oleh tim kota sehat dan forum kota sehat, Dafrul menutup sambutannya dengan menyampaikan dan ucapkan salam sehat, dan mari secara bersama untuk cegah Stunting,” ajak Asiten I Wali Kota Payakumbuh.

Dalam kesempatan kunjungan kerja tersebut juga dilakukan pemaparan materi terkait “Strategi Kebijakan Kota Payakumbuh Sehat” yang dijelaskan oleh kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Wawan Sofianto dan juga dari ketua Forum Kota Sehat (FKS), Amrizal Jufri.

Dalam paparan yang disampaikan Wawan Sofianto dijelaskan bahwa kunci keberhasilan dari penyelenggaraan Program Kabupaten/Kota Sehat di Kota Payakumbuh adalah adanya komit dari pimpinan daerah/ stake holder dan pemberdayaan masyarakat yang selama ini telah dibina oleh OPD/ dinas dengan Forum Kota Payakumbuh Sehat di masing-masing pilot project. Hingga tahun 2023 terdapat 9 (sembilan) tatanan kawasan yang telah dibina oleh Tim Pembina dan Forum Kota Payakumbuh Sehat di Kota Payakumbuh yakni, diantaranya ;

1.  Kehidupan masyarakat sehat mandiri,
2.  Pemukiman dan fasilitas umum,
3.  Satuan pendidikan,
4.  Pasar,
5.  Pariwisata,
6.  Transportasi dan tertib lalu lintas,
7.  Perkantoran dan perindustrian,
8.  Perlindungan sosial, dan
9.  Pencegahan dan penanganan bencana.

Sementara itu, ketua FKS Amrizal Jufri menyampaikan paparan secara garis besar tentang langkah dan kiat dalam dan agar kota Payakumbuh meraih capaian sebagai kota sehat berdasarkan 3 tingkatan kriteria yang telah ditetapkan.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.