Juli 2024

Padang (Rangkiangnagari) - Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H Mahyudin  menegaskan sangat perlu bagi lembaga pendidikan agama untuk mempelajari dan memahami Keputusan Dirjen Pendis Nomor 1262 Tahun 2024 tentang petunjuk teknis pengasuhan ramah anak di pondok pesantren.

Ia pun berharap kasus kekerasan seksual atau perilaku negatif di lembaga pendidikan agama dan keagamaan tidak terulang. Hal ini disampaikan Kakanwil saat dimintai tanggapan atas peristiwa yang baru saja dialami sejumlah santri Pondok  MTI Canduang Agam dan diduga ada tindak kekerasan seksual yang dilakukan guru terhadap santrinya.

Sejak peristiwa ini mencuat, Kanwil Kemenag Sumbar melalui Bidang Papkis segera berkoordinasi dengan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Agam dan Ketua FKPP Sumbar. Pihak Kanwil Kemenag Sumbar selanjutnya menemui para pihak dan mengumpulkan berbagai informasi di lokasi kejadian dan melakukan pertemuan dengan agenda kegiatan dengan seluruh pimpinan Pondok Pesantren di Sumbar.

Ditanya terkait penanganan kasus kekerasan yang sudah terjadi, Mahyudin mengaku hal itu menjadi perhatian Kementerian Agama. Bahkan, pihaknya selalu memberikan respon pada kesempatan pertama mendapat informasi terkait itu. Upaya yang dilakukan antara lain melakukan identifikasi dan investigasi.

"Jika sudah ranah hukum, kita serahkan ke penegak hukum.  Untuk yang melanggar , biarlah mengikuti proses hukum yang sedang berjalan, kita tunggu hasilnya.” Jelas Kakanwil, Selasa (30/07/24).

Sementara terkait pembinaannya, pihaknya bersama jajaran dan lembaga terkait lainnya perlu berkoordinasi dan bersinergi untuk melakukan langkah penyelesaian bersama, paparnya.

Mahyudin mengaku sangat menyayangkan dan menyesalkan kejadian tersebut. Namun demikian hal itu sudah terjadi, maka pihak MTI Candung agar segera mengambil langkah- langkah terbaik. 

Ia menambahkan, proses pelindungan korban tindak kekerasan pada anak, apalagi tindak kekerasan seksual, perlu melibatkan banyak stakeholders. 

Menurutnya para pihak perlu memikirkan nasib korban kekerasan. Misalnya, bagaimana upaya untuk menghilangkan traumatis bagi anak-anak santri yang menjadi korban

“Ini semua harus dipikir. Kita tidak bisa hanya menyelesaikan pelakunya saja, tapi juga perlu dipikirkan nasib korbannya seperti apa.” jelasnya.

Secara tegas, Kakanwil menekankan kejadian itu dapat menjadi pembelajaran bagi pondok pesantren lainnya yang ada di Sumbar. 

“Kedepan perlu berfikir dan lebih berhati-hati dalam melakukan pengawasan terhadap kondisi lingkungan pondok dan jangan sampai terulang kejadian serupa ke depan termasuk ponpes-ponpes lainnya.” Tegas Kakanwil.(Ayu)

Pasaman (Rangkiangnagari) - Kepedulian Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman, Sobeng Suradal, SH., MH., pada urusan kemanusiaan, patut diacungi jempol. Berkat kepeduliaan Jaksa nan 'Low Profile' ini --melalui Gerakan Kemanusiaan Bulan Dana PMI Kabupaten Pasaman tahun 2024, yang diketuai langsung Sobeng Suradal, berhasil menghimpun dana sumbangan suka rela sebesar Rp. 269.017.000.

Selanjutnya dana yang terkumpul, diserahkan seluruhnya kepada PMI Kabupaten Pasaman, untuk mengatasi kelangkaan stok darah yang kerap terjadi di Kabupaten Pasaman.

"Kita berharap, dana yang terkumpul dapat membantu PMI Pasaman, untuk mengatasi kelangkaan stok darah yang sering terjadi selama ini," harap Sobeng Suradal.

Hal itu disampaikan Kajari Sobeng pada acara penutupan Bulan Dana PMI Kabupaten Pasaman 2024, di Aula Kantor Bupati Pasaman, Senin (29/7/2024).  

Dijelaskan Sobeng, bulan Dana PMI yang baru pertama dilaksanakan di Kabupaten Pasaman, bertujuan untuk menggalang dana dari para donatur, untuk membantu dan menunjang tugas dan fungsi PMI dalam melayani masyarakat. 

"Dana tersebut dapat digunakan untuk kegiatan kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama bagi sukarelawan, pelayanan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat secara umum," papar Kajari Sobeng.

Turut dipesankan, sebagaimana motto PMI, ” Setetes darah Anda menyelamatkan jiwa manusia !”.maka dana yang terkumpul hendaknya dapat dimanfaatkan dengan baik, terutama untuk tujuan kemanusiaan.

"Terimakasih dan apresiasi kepada Relawan PMI, Panitia Bulan Dana dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi serta mendukung pelaksanaan Bulan Dana PMI Kabupaten . Pasaman tahun 2024," tutup Sobeng Suradal. 

Sementara itu, Bupati Pasaman Sabar AS, selaku Ketua PMI Kabupaten Pasaman, secara resmi menutup kegiatan Bulan Dana PMI Kabupaten Pasaman 2024.

Dalam sambutannya, Bupati Sabar mengapresiasi kesuksesan Panitia Bulan Dana PMI Pasaman 2024 dibawah pimpinan Kajari Sobeng Suradal, SH.MH.

"Apresiasi yang tinggi buat Pak Sobeng dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya Bulan Bakti Dana PMI. Saya berharap, kegiatan yang sangat mulia ini dapat berjalan secara rutin setiap tahunnya," harap Bupati Sabar. 

Menurut Sabar AS, gerakan kemanusiaan Bulan Dana PMI Pasaman yang dipimpin Sobeng Suradal, telah berjalan dengan sukses, dengan berhasil mengumpulkan dana yang cukup besar, senilai Rp. 269.017.000.-

Ditempat terpisah. Direktur Rumah Sakit Tuanku Imam Bonjol, Dokter Yong Marzuhaili yang dihubungi di ruang kerjanya, menyatakan salut dan rasa hormat yang tinggi atas kepedulian Kajari Pasaman Sobeng Suradal. 

"Bagi saya, apa yang telah ditunjukkan Pak Sobeng hari ini, merupakan sesuatu yang luar biasa. Inisiatif dan kemauan Pak Sobeng menempatkan diri sebagai Ketua Bulan Dana PMI untuk menghimpun dana masyarakat dan pihak lainnya, merupakan hal yang tidak sederhana dan Pak Sobeng sukses menjalaninya," ucap dr. Yong sembari mengakui sering terjadi kelangkaan stok darah di rumah sakit yang dipimpinnya.(Rn/Tio)

Bukittinggi (Rangkiangnagari) - Sebagai upaya pemenuhan kebutuhan rumah untuk kesejahteraan. Sebanyak 13 orang warga Kota Bukittinggi, menerima bantuan perbaikan Rumah Tak Layak Huni (RTLH)  dana APBD Bukittinggi tahun 2024, yang dipusatkan di kawasan Tangah Jua, Aur Kuning, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Senin (15/7/24). 

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Bukittinggi, Ebyuleris, perbaikan Rumah Tak Layak Huni ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Bantuan perbaikan Rumah Tak Layak Huni ini terdiri dari 87 unit rumah yang tersebar di 17 kelurahan.

“Bantuan perbaikan Rumah Tak Layak Huni ini berasal dari Dana APBD Kota Bukittinggi 2024 sebanyak Rp 2,801 miliar. Dana tersebut meliputi aspirasi anggota DPRD Bukittinggi dan prioritas Bapak Walikota. Penerima bantuan adalah masyarakat berpenghasilan rendah. Sebelum diberi bantuan,  masyarakat yang akan menerima diverifikasi terlebih dahulu,”ujar Ebyuleris.

Penerima bantuan perbaikan Rumah Tak Layak Huni ini memiliki syarat antara lain warga Bukittinggi, lahan pribadi, tidak menumpang, belum pernah menerima bantuan dan  tercatat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Sekaitan itu, Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial, menyebut, bedah rumah merupakan tanggung jawab anggota DPRD Bukittinggi. Perbaikan rumah ini sudah ada yang mencapai 50 persen. 

“Perbaikan RTLH ini juga ada dari aspirasi anggota DPRD. Untuk Tahun 2025, bedah rumah sudah diusulkan dan tetap akan dilaksanakan. Semoga warga yang menerima bantuan ini, dapat memanfaatkan atau merawatnya dengan baik,” harap Beny Yusrial.

Walikota Bukittinggi, diwakili Asisten II Setdako, Rismal Hadi, meminta warga penerima bantuan perbaikan RTLH untuk merawat dengan baik, mematuhi administrasi dan menjadikan rumah itu bisa dimanfaatkan dalam waktu lama.

“Kita harus mensyukuri nikmat yang telah diberikan. Rawatlah rumah tersebut dengan baik, perhatikan drainase, buangan air dan sebagainya. Kita minta pihak-pihak terkait memperhatikan di lapangan untuk perbaikan Rumah Tak Layak Huni ini,”terang Rismal.

Salah seorang perwakilan penerima bantuan Corry mengucapkan terima kasih kepada Pemko Bukittinggi dan anggota DPRD, yang telah menyerahkan bantuan perbaikan RTLH ini.Bantuan ini sangat berarti bagi mereka.

‘Rumah kami juga terasa aman,nyaman dan layak. Bantuan ini juga memberikan semangat baru dalam menjalani kehidupan. Sekali lagi kami berterima kasih dan semoga Bukittinggi selalu dalam lindungan Allah SWT,” tuturnya.

Masyarakat yang menerima bantuan perbaikan Rumah Tak Layak Huni tersebut meliputi  Indra Warman Rp 50 juta dari Ketua DPRD Beny Yusrial, Yusnimar Rp 25 juta dari Asri Bakar, Enda Wahyuni Rp 40 juta dari Shabirin Rachmat, Kartini Rp 20 juta dari H.Ibrayasser, Hendri Rp 50 juta dari Jon Edwar, 

Kemudian, Rika Delvia Rp 25 juta dari H.Syafril, Yusrizal Rp 25 juta dari Dedi Fatria, Juni Warti Rp 50 juta dari H.Irman, Novi Yessy Rp 50 juta dari Abdurrahman, Rini Anggraini Rp 40 juta dari Almh Hj.Noni, Rina Wati Rp 40 juta dari Nofrizal Usra, Mardarita Rp 20 juta dari Angga Alfarici serta prioritas Walikota Bukittinggi untuk Reni Arsianti sebesar Rp 60 juta. (*/rul)

Bukittinggi (Rangkiangnagari) - Dinilai peduli dalam memfasilitasi akses pembiayaan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Wali Kota Bukittinggi, merima penghargaan dari Gubernur Sumatra Barat.

Penghargaan itu diserahkan Gubetnur Sumbar kepada Wali Kota Bukittinggi, dalam upacara Peringatan Hari Koperasi Nasional ke 77 Tingkat Provinsi Sumatra Barat di Halaman Kantor Gubernur, Rabu (17/7/24).

Terhadap peningkatan perekonomian masyarakat, melalui program pembiayaan bagi UMKM, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, pun menyampaikan  terimakasih atas penghargaan kepada Wali Kota Bukittinggi. Dengan diterimanya penghargaan ini, diharapkan koperasi dan UMKM Kota Bukittinggi, semakin kuat. (*/rul)

Padang (Rangkiangnagari) - Mantan Ketua PWI Sumbar Dr Basril Basyar meminta kepada Hendri Ch Bangun ketua PWI yang sudah diberhentikan DK untuk tidak memaksakan diri datang ke Sumatera Barat untuk melantik pengurus baru PWI Sumbar periode 2024-2029.

Kedatangan dan kehadiran Hendri ke Padang, akan menimbulkan masalah baru bagi PWI Sumbar. katanya.

Merujuk kepada keputusan Dewan Kehormatan PWI No. 50/VII/|DK/PWI-P/SK-SR12024, tertanggal 16 Juli 2024, Hendri Ch Bangun sudah diberhentikan dari anggota PWI oleh Dewan Kehormatan PWI Pusat 

Otomatis dia tidak bisa memimpin organisasi para wartawan Indonesia itu lagi. Terlepas apakah Hendri akan menolak atau melakukan upaya lain guna membatalkan SK itu. Yang jelas secara kelembagaan, organisasi PWI dalam hal ini Dewan Kehormatan sudah sah memberhentikannya.

Dewan Kehormatan, Dewan Penasehat dan Pengurus Harian adalah tiga lembaga yang diakui keberadaannya oleh konstitusi organisasi PWI.

Sesuai Peraturan Dasar PWI Bab V pasal 21, pengurus lengkap PWI Pusat terdiri dari Dewan Penasehat, Dewan Kehormatan, Pengurus Harian, Ketua Komisi, Ketua Departemen dan Direktur Program, jelas Dr Basril Basyar.

Artinya keberadaan Dewan Kehormatan jelas kedudukan nya sebagai pengurus PWI. Kemudian sesuai pasal 30 ayat 2 huruf b,  dijelaskan bahwa Dewan Kehormatan mempunyai tugas menegakan PD, PRT KEJ dan KPW. Artinya bila terjadi pelanggaran, DK mempunyai wewenang menjatuhkan sanksi.

Dewan Kehormatan lah yang bisa memutuskan ada atau tidaknya terjadi pelanggaran PD PRT KEJ dan KPW itu. Berdasarkan tugas- tugas itu DK berwenang mengambil keputusan, urai BB begitu ia akrab dipanggil.

Sekarang peristiwa itu yang terjadi di tubuh PWI. Dewan Kehormatan berdasarkan SK No. 50/VII/|DK/PWI-P/SK-SR12024, tertanggal 16 Juli 2024, Hendri Ch Bangun sudah diberhentikan dari anggota PWI. Artinya secara legal dan prosedural keputusan DK itu Sah.

PD,PRT dan KPW adalah ketentuan konstitusi organisasi yang disepakati bersama oleh anggotanya. Dan pengesahan produk hukum organisasi itu ditetapkan dalam kongres dan hanya bisa diubah melalui kongres.

Agak aneh kalau Hendri tidak mau menjalankan sanksi organisasi itu. Sebagai orang berpengalaman puluhan tahun di organisasi, BB, Doktor ilmu penyuluhan dan komunikasi pembangunan ini menilai bahwa Hendri bukanlah  seorang yang kesatria. Padahal ketika BB diberhentikan DK, hanya masalah administrasi saja karena persoalan PNS, dia tidak melakukan perlawanan seperti yang dilakukan Hendri saat ini. Padahal putusan itu sangat rentan untuk digugat.

Ia mengatakan tidak ingin ribut-ribut soal ini. Hanya akan membuat gaduh seperti yang terjadi saat ini.Itu pendapat BB waktu itu.

Sekarang sudah ditunjuk PLT Ketua umum Zulmansyah Sekedang berdasarkan rapat pleno DK,DP dan Pengurus Harian. Oleh sebab itu mari dukung Zulmansyah menyelesaikan persoalan ini secara elegan.

Dan terkait dengan pelantikan pengurus PWI Sumbar, hanya Zulmansyah yang berhak dan punya legal standing melantik pengurus PWI Sumbar. Bila Hendri mengatakan Zulmansyah sudah dipecat, sangat naif sekali kalau orang yang sudah diberhentikan memecat orang yang sedang memegang jabatan, kata BB.

Terkait dengan rencana pelantikan PWI Sumbar, pengurus sudah melayangkan surat, mengajukan pengunduran acara pelantikan yang semula dijadwalkan hari ini Senin (29/7). Rapat pleno pengurus provinsi dan PWI kabupaten/ kota sepakat pelantikan diundur dalam waktu yang tidak ditentukan.. Sebab kalau dilantik  Hendri yang jelas-jelas sudah diberhentikan hanya menimbulkan masalah baru dan gaduh. Lagi pula kalau kedatangannya disambut demo, maka akan ramai lagi di media massa. Selain itu jajaran pemerintah provinsi gubernur dan perangkatnya sudah diberi tahu tentang pengunduran acara pelantikan PWI Sumbar ini, demikian Basril Basyar ( ***).

Bukittinggi (Rangkiangnagari) - Memperingati Hari Kebaya Nasional, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bukittinggi, menggelar lomba 

Fashion Show yang berlangsung di Pasar Atas, Rabu (24/7/24).

Lomba Fashion Show yang dibuka Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, ini diharapkan dapat melahirkan desainer dan industri kreatif yang berasal dari Kota Bukittinggi. Bahkan, pihak Pemko pun tengah menyiapkan APBD untuk mendukung kegiatan yang mampu meningkatkan kreatifitas masyarakat Kota Bukittinggi.

Sekretaris Dekranasda Kota Bukittinggi, Nauli Handayani, menyebut, lomba fashion show ini merupakan insiasi dari Ketua Deskranasda, Ny. Fiona Erman Safar, dalam rangka memperingati Hari Kebaya Nasional yang diperingati setiap tanggal 24 Juli. 

Lomba Fashion Show bertajuk "Kebaya Dengan Kearifan Lokal", yang diikuti oleh perwakilan organisasi wanita di Kota Bukittinggi.

Tujuan lomba Fashion Show ini, menurut Nauli, sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebaya sebagai pakaian nasional wanita Indonesia dan mengembangkan industri kerajinan khas Bukittinggi, serta dapat menjaga kelestarian budaya. (*/rul)

Bukittinggi (Rangkiangnagari) - Melalui Dinas Pertanian dan Pangan, Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, menggelar Lomba Cipta B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) dan Lomba Masak Ikan Tingkat Kota Bukittinggi Tahun 2024. 

Penilaian yang dilakukan di Pedestarian Jam Gadang, Rabu (24/7/24) itu, menurut Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, lomba masak serba ikan ini dimaksudkan untuk menciptakan kreatifitas dan penganekaragaman cara pengolahan ikan. 

Pola kosumsi pangan B2SA merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang, menu makanan yang sehat dan bergizi sangatlah penting untuk membantu anak tetap fokus dan berkonstrntrasi selama belajar di sekolah. 

Disebutkan, Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) adalah program nasional yang dicanangkan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini, karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak. 

Ketua TP PKK, Ny. Fiona Agyta Erman Safar, selaku Ketua Forikan Bukittinggi, menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka mendukung upaya memasyarakatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman dengan memanfaatkan sumber daya bahan lokal. 

Salah satu bentuk dukungan pemerintah yang dilakukan adalah lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan lomba masak serba ikan tingkat Kota Bukittinggi yang sudah dilaksanakan setiap tahunnya. 

Ny. Fiona Agyta, berharap, upaya ini dapat lebih maksimal dan memberi dampak yang lebih luas kepada masyarakat. (*/rul)

Sawahlunto (RangkiangNagari) - Sebanyak 66,42 persen anak Sawahlunto sudah diimunisasi polio selama Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio hingga Sabtu 27 Juli 2024.

Cakupan imunisasi polio di Sawahlunto berada diurutan keempat setelah Pesisir Selatan, Sijunjung, dan Solok Selatan.

"Bagi yang belum diimunisasi, petugas puskesmas mendatangi keluarga untuk mengimunisasai polio anaknya," kata Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Sawahlunto, Ranu Verra Mardianti pada Singgalang, Minggu (28/7).

Ia mengatakan, ada 6.897 anak tengah diimunisasi folio sejak 23 Juli 2024. Imunisasi itu diberikan kepada anak hingga pelosok dusun di Sawahlunto. Imunisasi diberikan petugas puskesmas dan kader posyandu. Tujuannya, agar semua anak diimunisasi polio. Selain di posyandu, imunisasi polio dilaksanakan di puskesmas di sekolah-sekolah, PAUD, Taman Kanak-kanak dan SD.
"Di pekan imunisasi nasional 2024 ini pula kita awali melindungi anak-anak kota ini dari ancaman penyakit polio. Jangan sampai ada anak yang luput dari imunisasi polio," ujar Verra.
Disebutkan Kepala Dinas Kesehatan, pentingnya imunisasi ini bagi anak karena dampaknya luar biasa. Penyakit polio dapat menyebabkan lumpuh permanen pada anak, dan tidak dapat disembuhkan. Meski begitu, polio dapat dicegah dengan imunisasi.

"Kita bersyukur, tidak ditemukan kasus penyakit polio di kota ini. Adanya PIN ini semakin terlindungi anak-anak Sawahlunto dari kasus polio," tutur Verra.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Salma Lyra menambahkan, imunisasi polio yang diberikan berupa tetes bagi anak berusia 0-7 tahun.


#Rn


JAKARTA (RangkiangNagari) - KPU RI mensahkan hasil rekapitulasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Anggota DPD Sumatera Barat (Sumbar) dalam rapat pleno di Gedung KPU RI, Jakarta, Minggu, yang meloloskan mantan narapidana kasus korupsi Irman Gusman karena berada pada peringkat keempat perolehan suara.

Adapun hasil rekapitulasi itu disahkan dalam rapat pleno di Gedung KPU RI, setelah Ketua KPU Sumbar memaparkan perolehan suara. Sahnya rekapitulasi hasil PSU itu pun merupakan tindak lanjut putusan MK.

"Hasil perolehan suara rekapitulasi Pemilu Anggota DPD RI pasca-tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi, kami nyatakan disahkan," kata Anggota Komisioner KPU RI Idham Kholik selaku pimpinan rapat pleno yang dilanjutkan dengan mengetuk palu sidang.
Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi mengabulkan seluruh gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 yang diajukan oleh Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Irman Gusman.
MK dalam amar putusan-nya, memerintahkan KPU selaku Termohon untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu Calon Anggota DPD Provinsi Sumbar 2024, dengan harus mengikutsertakan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 2009-2016 itu sebagai peserta.

Putusan itu pun kemudian mengoreksi ketetapan KPU Sumbar sebelumnya yang menyatakan Irman Gusman tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon anggota DPD RI Dapil Sumbar di dalam Daftar Calon Tetap (DCT). Kemudian KPU RI melaksanakan PSU di Sumbar.

#Rn

PADANG (RangkiangNagari) - DPD Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) Kota Padang hari ini menggelar pertemuan dengan Bapak Fadly Amran, calon Walikota Padang, di Bank Sampah Ampang Saiyo Mandiri. Pertemuan ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan langsung dari calon pemimpin mengenai visi dan misi terkait pengelolaan sampah di Kota Padang.

Dalam kesempatan tersebut, pengurus ASOBSI mengajukan beberapa aspirasi dan harapan, di antaranya:

1. Insentif bagi Pengurus Bank Sampah

ASOBSI mengusulkan agar pengurus bank sampah mendapatkan insentif sebagai bentuk apresiasi dan motivasi. Pengurus bank sampah diharapkan juga bisa diangkat sebagai fasilitator dan menerima Surat Keputusan (SK) dari Walikota.

2. Pengolahan Sampah Organik

ASOBSI mendorong pemerintah kota untuk menyediakan alat pengomposan di setiap kecamatan, sehingga sampah organik dapat diolah menjadi kompos dalam waktu 24 jam. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

3. Nasabah Bank Sampah

ASOBSI mengusulkan agar ASN, non-ASN, penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Program Indonesia Pintar (PIP), dan penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) diwajibkan menjadi nasabah bank sampah. Usulan ini diharapkan dapat dimuat dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Sampah Kota Padang.
Syaifuddin Islami, perwakilan DPD ASOBSI Kota Padang, menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan sampah.

"Dengan lebih dari 500 bank sampah di Kota Padang, potensi untuk mengurangi sampah sangat besar. Kami berharap bank sampah menjadi prioritas pemerintah," ujar Syaifuddin.
ASOBSI juga meminta pemerintah kota untuk mendukung pengembangan bank sampah melalui anggaran yang memadai serta membangun Bank Sampah Induk di setiap kecamatan dan industri pengolahan plastik serta kertas.
Fadly Amran, calon Walikota Padang, menyambut baik aspirasi yang disampaikan. "Saya mengapresiasi peran bank sampah dan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh agar bank sampah dapat berkembang lebih baik," kata Fadly.
Fadly juga menyampaikan bahwa dia didukung oleh anggota dewan terpilih dari partai Nasdem Kota Padang, yang akan menjadi unsur pimpinan di DPRD Kota Padang periode 2024-2029, memperkuat peluang kepemimpinannya di Kota Padang.


#Rn


JAKARTA (RangkiangNagari) - Laga puncak Piala AFF U-19 bertajuk ASEAN Football Federation Championship 2024 mempertemukan Indonesia jumpa Thailand, Senin (29/7) malam ini di Stadion Utama Gelora Bung Tomo, Surabaya. Kick-off pukul 19.30 WIB.

Duel diprediksi ketat. Mengacu head to head kedua kubu berpotensi berakhir dengan skor ketat.

Indonesia dalam misi mengulang sejarah saat menjuarai AFF U-19 2013 bersama generasi Evan Dimas cs. Capain 11 tahun lalu sekaligus menjadi kali terakhir dan satu-satunya, Garuda Muda mengangkat trofi AFF U19.

Indonesia kali ini kembali dibesut Indra Sjafri, yang notabene merupakan juru taktik AFF U-19 lalu. Seolah de javu, Indra juga kembali membawa timnya kembali ke final yang digelar di Jawa Timur (Jatim).
Di sisi lain, Thailand kini sama hausnya dengan Indonesia. Terakhir kali tim berjuluk The Young War Elephant itu mampu menjadi juara pada 2017 silam. Itu juga kali terakhir Thailand mampu mencapai final AFF U-19.
Bagi Thailand, tambahan 1 gelar lagi bakal menempatkan mereka sebagai tim tersukses AFF U-19. Saat ini, The Young War Elephant sudah 5 kali juara atau sama dengan capaian Australia.

Lantas, mampukah Indra Sjafri dan Indonesia kembali mengulang sejarah 11 tahun silam. Atau malah Thailand yang makin memperjelas dominasinya di kancah bola Asia Tenggara?

Juru taktikal Indonesia U-19, Indra Sjafri, di ambang untuk kembali mempersembahkan gelar.
Capaian 2013 lalu sekaligus jadi gelar perdana bagi Indra. Selepasnya, Indra kembali meraih titel juara di AFF U22 2019 dan SEA Games 2022 (2023). Uniknya, 2 gelar terakhir Indra didapatkan saat Indonesia mampu mengalahkan Thailand.

Datang ke final AFF U19 2024, Indonesia sejauh ini tampil cukup sempurna. Doni Tri Pamungkas dan kolega menjadi satu-satunya tim yang menorehkan 100 persen kemenangan dari 4 laga. Garuda Muda menciptakan 15 gol dan 2 kali kebobolan.
Secara statistik, Indonesia di AFF U-19 2024 ini bisa dibilang lebih baik dibandingkan AFF U-19 2013 silam. Pasalnya, 11 tahun lalu, tim berlabel Garuda Jaya itu hanya mencatatkan 14 gol dan 5 kali kebobolan saat tampil 7 kali. Meski di sisi lain, pada 2013 silam, Indonesia dihadapkan banyak lawan tangguh seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia.
Sementara itu, Indra Sjafri menyatakan perjuangan timnya di partai pamungkas tak akan mudah. Mengingat saat ini Indonesia punya jatah istirahat beberapa jam lebih pendek dibandingkan Thailand.
"Dia (Thailand) menang beberapa jam recovery dan saya minta tim dokter tadi segera bekerja malam ini [setelah semifinal] tentang siapa-siapa saja pemain yang cedera dan memberikan pemulihan yang cepat terhadap pemain," ucap Indra dilansir Antara.

Tentunya, Thailand berpotensi menghadirkan laga ketat. Kesolidan sejauh ini sudah ditunjukan The War Young Elephant, lantaran mereka baru kebobolan 2 kali. Di sisi lain, Thailand yang meraih 3 kemenangan dan 1 kali kalah, juga tampil cukup subur dengan capaian 10 gol.
Indra bersama Indonesia beberapa kali menghadapi duel ketat kontra Thailand. Di final AFF U-22 lalu, Indonesia hanya menang tipis 2-1. Sedangkan di final SEA Games 2022, Garuda Muda menang 5-2 lewat masa perpanjangan waktu.

Sementara perubahan kemungkinan juga dilakukan Thailand U-19. Mereka kehilangan Rapeephat Padthaisong usai sang pemain mendapatkan kartu merah di laga semifinal kontra Australia. Dalam laga itu, Padthaisong tampil sebagai starter.

Jadi, kesimpulannya. Laga Garuda Muda vs The Young War Elephant bakal berlangsung ketat dan akankah pasukan Coach Indra Sjafri kembali angkat tropi mengulang tahun 2013 silam itu.

 

#Rn

JAKARTA (RangkiangNagari) - Inilah gaya Presiden Jokowi saat berkendara menggunakan motor menyusuri jalan tol menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Pasir Utara, Kalimantan Timur, Minggu 28 Juli 2024.

Jokowi tampak mengendarai motor modifikasi dengan jaket touring berwarna hitam.

Sejumlah pejabat dan selebritas turut mengikuti konvoi bareng Kepala Negara. Diantaranya ada Menteri PUPR sekaligus Kepala Otorita IKN Basuki Hadi Mulyono, Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni.

Ada juga Raffi Ahmad yang memboncengi Nagita Slavina, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Irwanyah, Zaskia Sungkar, Feri Maryadi, Omes, Dian Ayu, Gading Martin, dan Popi Sofia.
Tujuan akhir mereka adalah jembatan Pulau Balang yang akan diresmikan secara langsung oleh Jokowi.
Dalam sambutannya, Jokowi mengakui, jalan tol tersebut belum selesai 100%. Meski begitu kondisinya diakui telah cukup mulus dan nyaman untuk dilalui kendaraan.

"Tadi sudah kita coba jalan tol meskipun belum selesai 100 persen tapi mulus, dan nyaman," katanya dilansir dari YouTube Kompascom Reporter on Location, Senin, 29 Juli 2024.

Jokowi juga sempat berkelakar dengan menyebut Menteri Basuki terlalu ngebut sehingga membuatnya harus ikut ngebut agar tidak tertinggal jauh.
"Pak Basuki yang menyebabkan tadi kita harus ngebut di depan. Ngebut terus kalau kita enggak ikut ngebut ketinggalan terlalu jauh," katanya.

Adapun jembatan Pulau Balang merupakan salah satu infrastruktur pendukung IKN.
Jembatan yang melintas di atas Teluk Balikpapan ini menghubungkan antara Kabupaten Penajam Pasar Utara dengan Kota Balikpapan.
Pembangunan jembatan ini merogoh anggaran hingga Rp1,43 triliun. 


#Rn

PADANG (RangkiangNagari) - Calon Walikota Padang, Fadly Amran, turut serta dalam acara senam pagi yang berlangsung di lapangan SMP Negeri 9 Padang pada Minggu, (28/7/2024). Acara tersebut dihadiri oleh banyak peserta, terutama ibu-ibu yang mengikuti senam dengan penuh semangat dan kekompakan.

Dalam acara tersebut, Fadly Amran mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Da Ay, tokoh masyarakat yang telah membina kegiatan senam pagi selama 11 tahun.

"Kita sangat mengapresiasi Da Ay yang telah membina kegiatan ini. Dengan menjaga kesehatan jiwa dan raga, masyarakat dapat berinteraksi dengan baik dan menjamin keberlangsungan hidupnya," ujar Fadly.

Fadly juga menekankan pentingnya program-program kesehatan yang mandiri dan preventif. Ia berjanji akan mengadakan program khusus untuk lansia jika terpilih sebagai Walikota Padang.
"Kesehatan adalah prioritas utama dalam pembangunan. Program-program preventif sangat penting dan kami akan memastikan program lansia juga ada," tambahnya.
Fadly menyatakan bahwa pemerintah harus berperan dalam mempromosikan gaya hidup sehat. "Kami akan mendukung kegiatan-kegiatan positif seperti ini agar bisa digaungkan lebih luas. Program perlombaan dan kompetisi dapat memotivasi masyarakat untuk hidup lebih sehat," jelasnya.

Helmi Moeslim, tokoh masyarakat dan anggota DPRD Kota Padang, turut mengapresiasi kehadiran Fadly Amran di tengah masyarakat. "Ini adalah kelompok senam yang sudah dibina selama 11 tahun untuk menjaga kesehatan masyarakat. Kehadiran Pak Fadly menunjukkan kepeduliannya terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Helmi.

Da Ay, yang sering disapa oleh masyarakat, mengundang Fadly Amran untuk mengikuti kegiatan senam sebagai bentuk silaturahmi dan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.
"Pak Fadly membuka ruang untuk berkomunikasi dan mendengarkan persoalan di tengah masyarakat. Senam ini adalah wadah untuk menjaga kesehatan, silaturahmi, dan menerima informasi dari masyarakat," kata Da Ay.

Fadly Amran juga menyatakan kesiapannya untuk mendukung kegiatan kelompok senam. "Kelompok senam ini bisa mengadakan event atau lomba. Saya siap mendukung kegiatan-kegiatan ini. Kita harus mendengarkan aspirasi masyarakat dari tingkat paling bawah," ujarnya.
Acara senam pagi ini tidak hanya berfungsi sebagai kegiatan olahraga, tetapi juga sebagai media untuk membangun silaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat, yang sangat penting dalam membangun Kota Padang yang lebih sejahtera.

 

#Rn

JAKARTA (RangkiangNagari) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkantor untuk pertama kalinya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Senin, 29 Juli 2024.
Meski sempat molor, namun Jokowi akhirnya memenuhi janjinya untuk mulai menjajal kantor di IKN pada bulan Juli 2024.

Jokowi dilaporkan akan bekerja dari ruang kerjanya di Kantor Presiden IKN.

Kabar itu disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana.
"Presiden Jokowi nanti juga akan menerima sejumlah tamu, serta menggelar sejumalh rapat dalam agenda perdana di kantor IKN," katanya dilansir dari YouTube Kompascom Reporter on Location, Senin, 29 Juli 2024.
Yusuf mengatakan, agenda Jokowi di kantor presiden IKN akan berjalan seperti biasanya di Jakarta.

Jajaran pejabat OIKN dan jajaran Forkopimda Kaltim diagendakan bertemu Jokowi di kantor Presiden.

"Rencananya beliau akan rapat dengan jajaran Otorita IKN didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg Pratikno) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono. Kemudian juga akan menerima jajaran Forkompimda Kaltim," katanya.
Sebagai informasi, Presiden Jokowi telah berada di kawasan IKN sejak Minggu, 28 Juli 2024.

Presiden Jokowi pun didampingi ibu Negara Iriana bermalam di kawasan IKN.Bukan hanya itu, Jokowi juga turut mengajak para influencer media sosial Tanah Air dalam kegiatan tersebut.

 

#Rn

PADANG (RangkiangNagari) - Cuaca panas melanda Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dalam beberapa waktu terakhir. Akibatnya, para petani mengeluh karena lahan pertanian mulai mengering.
Saat ini cuaca panas sekitar 4.200 hektare lahan pertanian di Padang terancam kekeringan.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani, mengimbau petani untuk melakukan penghematan pemakaian air.

"Bagi petani yang lahan pertaniannya mulai mengering, mulai saat ini lakukan penghematan air," kata Yoice saat diwawancarai pada Minggu (28/7/2024).
Selain itu, para petani juga dapat mengoptimalkan pemakaian irigasi tanpa boros.
"Gunakan air seperlunya saja," tambah Yoice.

Pemakaian pompa air juga diharapkan dapat membantu mengairi kembali lahan pertanian.
Yoice menjelaskan bahwa sebagian besar lahan persawahan warga di Padang baru saja selesai panen. Artinya, petani akan segera membutuhkan air untuk mengolah tanah kembali.
"Lakukan pemupukan menggunakan pupuk kimia yang dicampur dengan pupuk organik. Dengan begitu, tanah akan gembur dan tidak keras," sebut Kadis Pertanian.

"Selain itu, kembalikan jerami ke lahan sawah, jangan dibakar, karena jerami baik untuk mengembalikan kesuburan tanah," tambahnya.
Apabila cuaca panas terus berlanjut, Kadis Pertanian Kota Padang mengajak petani untuk mengganti jenis tanaman, seperti menanam sayuran dan tanaman lain yang membutuhkan air lebih sedikit.
"Tetapi, jika air masih mencukupi, tetaplah menanam padi," imbaunya. 


#Rn

Painan (Rangkiangnagari) - Kepala Kantor Urusan Agama KUA IV Jurai, Zaimal Elpetani menghimbau agar ASN, terutama Penyuluh Agama Islam dapat mengkampanyekan kegiatan anti penyakit masyarakat, seperti Judi online, Bullying dan perbuatan terlarang lainnya. Hal itu disampaikan saat rapat bersama ASN KUA setempat Senin (29/24). 

Kepala KUA mengatakan, saat ini kondisi akhlak umat, terutama generasi muda cukup memprihatinkan.Banyak maksiat terjadi bahkan ada yang terjadi di lembaga pendidikan. 

"Kita sangat prihatin dengan kondisi penyakit masyarakat hari ini. Justru saya mengajak kawan-kawan Penyuluh Agama Islam di KUA IV Jurai untuk aktif mensosialisasikan dan memberikan nasehat kepada masyarakat," ujar Kepala KUA IV Jurai Zaimal Elpetani. 

Dalam rapat bersama ASN tersebut terdapat beberapa pesan yang disampaikan KUA Zaimal Elpetani. Diantaranya, ASN KUA IV Jurai harus meningkatkan kinerja serta disiplin dalam bertugas. 

Penyuluh Agama Islam juga diminta untuk mensosialisasikan terkait Stunting. Menghimbau pengurus dan masyarakat memakmurkan masjid meningkatkan kebersihan lingkungan serta untuk membuka agar Masjid tidak dikunci 24 jam. Mengkampanyekan anti penyakit masyarakat, Judi online dan lainnya. (Rn/Dd)

Pasaman (Rangkiangnagari) - Guna mempublikasikan dan mensosilaisasikan informasi tahapan pemilihan serentak nasional tahun 2024 melalui media cetak, media online media elektronik, KPU Pasaman gelar Rapat kerja Konsolidasi bersama media di Gedung pertemuan Bung Hatta Bukit Tinggi, minggu dan senin, 28 sampai 29 juli 2024.

Kegiatan Konsolidasi yang mengahdiri sedikitnya 93 awak media se Pasaman tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Pasaman " Taufik ".

Bertindak selaku narasumber pada kegiatan tersebut " Ketua dan anggota KPU Pasaman, Kapolres Pasaman yang diwakili oleh Kasat Intel Iptu Syaifuddin.SH Akdemisi Fisip Unand Rozidateno Putri Hanida S.IP M.PA.

Disamping itu turut hadir pada Konsolidasi tersebut, Ketua KPU Pasaman Taufik, Wakil ketua KPU Juli Yusran 

Sekretaris KPU Kamaruddin, Komisioner KPU Pasaman, Mewakili Dandim0305/Pasaman Kasat Intel Iptu Syaifuddin (mewakili Kapolres Pasaman) Kadis Kominfo Pasaman Budhi Hermawan, Kesbangpol dan jajaran anggota dan staf KPU Pasaman.

Sekreraris KPU Pasaman Kamaruddin SH, mengawali kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa salah satu indikator kesuksesan pelaksanaan pemilihan adalah tingginya partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS, untuk itu diperlukan sosialisasi yang menyeluruh, dalam hal ini peran awak media sangat paling penting.

Terkait dengan hl tersebut, KPU Pasaman dalam menghadapi Pemilihan serentak nasional tahun 2024 ini, sangat perlu melakukan rapat kerja konsolidasi dengan awak media jelas Kamaruddin.

Dengan diadakanya konsolidasi ini, diharapkan awak media akan dapat berperan memberikan sosilisasi, informasi,  pelaksanaan tahapan pemilihan, peserta pemilihan dan aturan tekhnis dalam pemilihan serentak, sehingga pemilihan dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama, harap Kamaruddin.

Dalam sambutanya Ketua KPU Pasaman Taufik menyebutkan, Merupakan penghargaan yang besar oleh KPU Pasaman terhadap partisipasi seluruh awak media yang hadir pada kegiatan konsolidasi tersebut.

Selain itu, Taufik menyebutkan, Terkait pentingnya peran media terhadap suksesnya pelaksanaan pemilihan serentak serentak nasional tahun ini, untuk itu KPU perlu kiranya melaksanakan kerjasama dengan pihak awak.media salah satunya dengan kegiatan konsolidasi ini bisa memberikan informasi yang tepat tentang tahapan pemilihan serentak kepada masyarakat 

Perlu diketahui, anggaran kegiatan KPU dalam pilkada ini yang berasal dari hibah Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman, kita manfaatkan sebaik baiknya sesuai dengan aturan yang ada, terang Taufik.(Rn/Tio)

Bukittinggi (Rangkiangnagari) - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, melalui Dinas Pertanian dan Pangan, menyerahkan bibit durian, sekaligus Piagam Penghargaan dan Hadiah bagi pemenang Penilaian Ketenagaan dan Kelembagaan Tingkat Kota Bukittinggi Tahun 2024. 

Kegiatan yang berlangsung di Hall SKB Panorama Baru, Senin (22/7/24) itu, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, bibit durian ini merupakan bantuan dari Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Indra Giri Rokan dan Pengadaan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika. 

Bibit yang diserahkan, berupa jenis durian bawor 400 batang dan musang king 100 batang bersertifikat.

Pada kesempatan itu, Wali Kota juga menyerahkan penghargaan untuk 10 kategori, yaitu kelompok tani, kelompok budidaya ikan, kelompok wanita tani, kelompok tanaman hias, usaha pelayanan jasa alsintan, lembanga keuangan mikro agribisnis, penyuluhan pertanian PNS serta penyuluh pertanian swadaya dan petani. (*/rul)

Dharmasraya (Rangkiangnagari) - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menjadi pembina apel di RSUD Sungai Dareh, Pulau Punjung, Rabu (24/07/2024)

Dalam kesempatan itu Sutan Riska menyampaikan apresiasi atas dedikasi tenaga medis dan paramedis di RSUD Sungai Dareh dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

"Terimakasih kami sampaikan kepada saudara-saudara sekalian atas dedikasi terhadap pekerjaan, dan pelayanan yang baik kepada masyarakat kita selama ini," ungkapnya.

Dirinya mengatakan, pemerintah daerah selama kepemimpinannya sudah berusaha agar terjadi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, baik melalui pemenuhan peralatan medis maupun peningkatan SDM di bidang kesehatan.

Telah banyak peralatan medis yang sebelumnya belum ada kini telah tersedia di Kabupaten Dharmasraya. Hal tersebut termasuk penyelesaian pembangunan gedung baru RSUD Sungai Dareh, yang saat ini secara bertahap sudah dimaksimalkan penggunaannya.

"Peralatan medis yang secara bertahap sudah kita penuhi tentu saja harus sejalan dengan keseriusan bapak ibuk dalam melayani masyarakat," ungkapnya.

Dilanjutkan, meski pelayanan kesehatan sudah semakin baik saat ini, namun tuntutan kualitas pelayanan dari masyarakat terus pula semakin meningkat. 

"Oleh karena itu jangan merasa puas dengan apa yang kita lakukan saat ini. Perbaiki apa yang masih kurang dan tingkatkan apa yang sudah bagus," lanjutnya.

Dirinya mengingatkan bahwa apa yang diperoleh saat ini bukan merupakan kesempurnaan. Pasalnya, masih saja ada masyarakat yang menyampaikan aduan langsung kepada Ketua Umum Apkasi itu. 

"Walaupun kita sudah merasa memberikan pelayanan terbaik, yang namanya keluhan masyarakat tentu masih ada, dan itu terbukti masih ada yang menyampaikan pengaduan langsung kepada kami," tukasnya.(Rn/Sa)

Dharmasraya (Rangkiangnagari) - Dalam rangka pengembangan dan peningkatan Industri Kecil dan Menengah (IKM), Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Kumperdag) Kabupaten Dharmasraya, meluncurkan Gerakan Bangga Buatan Dharmasraya One Village One Primary Produck, atau  disingka Gerbang Budaya OVO Prima.

“Sesuai namanya, inovasi ini berfokus pada pengembangan potensi-potensi industri kecil di nagari-nagari agar dapat tumbuh dan menghasilkan produk unggulannya,” ungkap Kepala Dinas Kumperdag, Ronni Puska, di Pulau Punjung, Rabu, (24/07/2024).

Selain itu, inovasi ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya Sentra Industri Kecil di Setiap wilayah Nagari, sampai saat ini sudah terdapat beberapa Sentra IKM yang  mulai berkembang seperti Kampung Batik Tanah Liek, Sentra Minyak Atsiri, Sentra Keripik Tempe, dan lainnya.

“Dengan adanya sentra IKM yang terbentuk akan lebih memudahkan Pengembangan kedepannya secara terkoordinir, komprehensif dan berkelanjutan,” lanjutnya

Dijelaskan, inovasi ini juga bertujuan memberikan kemudahan-kemudahan layanan kepada masyarakat dan pelaku usaha untuk berkonsultasi dan menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam mengembangkan usaha dibidang industri kecil. Permasalahan yang disampaikan dapat secara langsung tatap muka, kunjungan kelapangan, dan melalui sistem online.

Dalam pengembangannya, program ini turut didukung OPD terkait seperti Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian Dinas Pangan dan Perikanan Dinas Pemberdayaan Masyarakat bersinergi dalam meningkatkan dan mengembangkan Industri Kecil yang ada di Dharmasraya.

“Secara tidak langsung dengan meningkat dan berkembangnya Industri Kecil di Nagari-Nagari mendukung Program Pemerintah dalam rangka Pemulihan Perekonomian Pasca Covid 19 dan upaya dalam mengentaskan kemiskinan, dan mendukung Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri,” tukas Roni. (Rn/Sa)

Dharmasraya (Rangkiangnagari) – Asisten Administrasi Umum Setda Dharmasraya, Khairuddin bersama Kabag Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Marco Andreas berserta rombongan Tim Penyusun Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten Dharmasraya melakukan Studi Komperativ ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Selasa, 23/07/2024

Rombongan tersebut  diterima langsung oleh Kepala Bappeda Pemkot Tanggerang, Yeti Rohaeti beserta jajarannya.

Menurut Khairuddin kedatangan Tim Penyusun LPPD Dharmasraya ke Pemkot Tanggerang adalah untuk belajar lebih detail tentang keberhasilan Pemkot Tanggerang melakukan penyusunan LPPD di tahun 2022, dan penilaian yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini adalah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). berhasil meraih peringkat keempat tingkat nasional. 

“Tim LPPD ini langsung mendatangi Pemkot Tanggerang  untuk belajar bagaimana mereka menyusun LPPD nya dengan baik dan sesuai dengan harapan dari Kemendagri. Oleh karena itu penting bagi Tim LPPD Dharmasraya untuk melakukan Studi Komperativ ke Pemkot Tanggerang. Karena Pemkot Tanggerang, mampu meraih peringkat empat tingkat nasional. Dan ini merupakan suatu prestasi yang sangat luar biasa. Sehingga kita dapat menggali ilmu lebih dalam, serta mendapatkan kiat kiat dari Tim LPPD Pemkot Tanggerang,” kata Khairuddin yang diaminkan oleh Marco Andreas.

Sedangkan menurut Kepala Bappeda Pemkot Tanggerang, keberhasilan mereka melakukan penyusunan LPPD sehingga meraih peringkat ke empat tingkat nasional adalah Tim LPPD Kota Tangerang terus melakukan koordinasi dan berkolaborasi dengan seluruh OPD yang ada di Kota Tanggerang. 

Dan yang membedakan penyusunan LPPD di Pemkot Tanggerang adalah, yang berperan penting dalam penyusunan LPPD adalah Bappeda Kota Tanggerang. Bahkan di Indonesia hanya ada dua daerah yang Bappeda nya sebagai tim inti penyusun LPPD, salah satunya adalah Kota Tanggetang.

“Alasan kenapa Bappeda sebagai tim inti pemegang kendali penyusunan LPPD adalah karena Bappeda sejak awal telah melakukan perencanaan, penyusunan, dan langsung melakukan evaluasi akhir dari penyusunan LPPD sebelum ke di reviu oleh Inspektorat,” kata Kepala Bappeda Pemkot Tanggerang.

Di Pemkot Tanggerang memang berbeda dari tim LPPD Kabupaten/Kota lainnya. Karena sejak awal sebelum penyusunan, Pemkot Tanggerang sudah melakukan koordinasi terlebih dahulu kepada seluruh OPD pelaksanaan penyusunan LPPD. 

Dan ini dilakukan di awal tahun sebelum pelaksanaan LPPD berlangsung, Pemkot Tanggerang sudah terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada seluruh OPD tentang Indikator Kinerja Kunci outcome (hasil) dan output (keluaran) capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah. Antara lain urusan wajib pelayanan dasar, urusan wajib non pelayanan dasar dan urusan penunjang. 

Oleh karena itu pada saat awal tahun mulai pelaksanaan penginputan LPPD, semua data yang dibutuhkan sudah terkumpul dan dapat direviu oleh Inspektorat. Sehingga Pemkot Tanggerang tidak pernah terlambat dalam hal pelaporan  LPPD, dan meraih peringkat keempat tingkat nasional.

Dari hasil Studi Komperativ di Pemkot Tanggerang, Khairuddin memberikan apresiasi yang sangat besar kepada Kota Tangerang, karena disana tim penyusunan LPPD bukan hanya melakukan koordinasi saja. Akan tetapi setelah melakukan koordinasi, mereka juga berkolaborasi dengan seluruh tim LPPD.

“Kita harus menggali seluruh ilmu yang ada di Pemkot Tanggerang ini, disini kita banyak belajar untuk melakukan penyusunan LPPD di Kabupaten Dharmasraya sehingga meraih hasil yang lebih baik lagi kedepannya. Bahkan target Dharmasraya dapat masuk lima besar, atau tiga besar,” pungkas Khairuddin.(Rn/Sa)

Pasaman (Rangkiangnagari) - Bupati Pasaman, Sabar AS, membuka secara resmi didikan subuh TPQ Al Mukarramah untuk tahun pembelajaran 2024/ 2025, Minggu ( 28/7/ 24 ).

Sebelum peresmian didikan subuh, Sabar AS melaksanakan sholat shubuh berjemaah bersama masyarakat di Masjid Ar Rahman Padang Laweh Nagari Ladang Panjang Barat Kecamatan Tigo Nagari. 

Turut hadir Kadis Pendidikan, Kabag Kesra, Sekretaris Kominfo, Sekretaris Kesbangpol, Camat Tigo Nagari, Kabid Ekoin BAPPEDA Kabupaten Pasaman, Wali Nagari Binjai, Wali Nagari Malampah, Wali Nagari Ladang Panjang Barat beserta perangkat dan para undangan lainnya.

Acara peresmian, diawali pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Fahira, peserta didikan shubuh tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Sabar AS mengatakan:  salah satu tujuan didikan shubuh dan Tahfizh Al-Qur’an adalah untuk menanamkan kesadaran akan akhirat. Hidup di dunia ini hanyalah sementara dan yang utama adalah persiapan untuk kehidupan di akhirat. 

"Dengan kesadaran akan akhirat, anak-anak/remaja akan bertindak dengan lebih hati-hati dan berusaha menggapai kebaikan untuk kehidupan setelah mati",  kata Sabar AS.

Selanjutnya Sabar AS  menjelaskan pentingnya membekali generasi muda agar menjadi generasi yang kuat, cerdas dan berkarakter mulia.

“Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt Surat An-Nisa Ayat 9 dengan terjemahannya yakni “Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar”, jelas bupati.

“Alhamdulillah hal ini kita wujudkan salah satunya melalui kegiatan Didikan Subuh bagi murid TPA/TPQ Al-Mukarramah Ladang Panjang Barat ini,” sambung Sabar dengan disambung takbir.

"Semoga anak-anak kami yang ikut dalam didikan shubuh ini, menjadi generasi qurani, generasi unggul, dan generasi taat kepada Allah SWT, Amiin ya rabbal alamin," ujarnya.

Dijelaskan Sabar AS, setiap pagi, anak-anak/remaja dilatih untuk bangun subuh dan melaksanakan shalat berjamaah. Melalui didikan subuh, anak-anak/remaja diajarkan untuk menjaga ketaatan terhadap agama dan mengendalikan diri dari godaan-godaan negatif. Dengan melalui didikan subuh, anak-anak/remaja mampu tumbuh menjadi generasi penerus yang memiliki kualitas dan moralitas yang baik. Mereka akan mampu menjaga diri dari pengaruh negatif dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik. Generasi penerus yang berkualitas ini akan menjadi harapan bagi pembangunan Kabupaten Pasaman di masa depan. 

"Maka dari itu kegiatan rutin ini tetap dilanjutkan. Dan semoga ditiru",  tutup Sabar AS.

Tokoh masyarakat Sukardi, S.Pd., M.M., dalam sambutannya menyampaikan Sabar AS merupakan Sumando Padang Laweh, dengan artian kunjungan kerja Bapak Bupati kali ini adalah melihat anak-anaknya mengaji.

Kemudian, Sukardi menyampaikan TPQ ini bukan untuk masyarakat Padang Laweh saja, tetapi untuk masyarakat Nagari Ladang Panjang Barat pada umumnya.

Sukardi juga mengharapkan, baik para guru dan pengajar, serta anak-anak peserta didikan Shubuh, agar dapat turut serta dalam program keagamaan yang telah dicetuskan Pemerintah, seperti program magrib mengaji dan sholat berjemaah lima waktu.

"Kita harus kembali menyemarakkan syiar Islam dengan meramaikan mesjid dan musholla yang ada di daerah kita, dengan turut serta dalam program magrib mengaji dan sholat berjemaah lima waktu," tuturnya.

Pengurus TPQ Al-Mukarramah, Gustinar Nelita, S.Ap., mengucapkan terimakasih kepada Bupati Pasaman, Bapak Sabar AS,  berserta rombongan yang telah meluangkan waktunya untuk berkunjung di acara ini.

"Sungguh merupakan hal yg sangat luar biasa bagi kami, karena baru kali ini kami dapat kunjungan istimewa seperti ini", ucap Gustinar.

Menurut Gustinar, salah satu implementasi dari Program Pasaman Berimtaq, adalah dengan menyelenggarakan pondok TPQ di Mesjid Ar Rahman ini. 

Dijelaskan, TPQ ini sudah terdaftar di Kemenag dan sudah memiliki izun ipesarional. Jumlah murid TPQ sampai saat ini berjumlah 75 orang, dan sudah berjalan 2 tahun. 

"Harapan kami, kedepannya, TPQ ini bisa ditambah dan dibangun jumlah lokalnya",  ujar Gustinar.(Rn/Wl)

Pasaman (Rangkiangnagari) - Bupati Pasaman, hadir meresmikan Musholla Taqwa Pauah menjadi Mesjid Jami” Taqwa Pauah, Jumat, 26 Juli 2024. Medjid Jami’ Taqwa Pauah terletak di Pauah, Nagari Pauah, Lubuk Sikaping.

“Alhamdulillah, saya merasa sangat bahagia dapat hadir di mesjid ini bersama Ninik-Mamak, Imam Khatib, Cerdik-Pandai, Bundo Kanduang, para pemimpin dan tokoh masyarakat, umumnya masyarakat Pauah dalam rangka meresmikan perubahan status mesjid Jami’ Taqwa ini, yang sebelumnya masih berstatus musholla”, ucap Sabar AS dalam sambutannya sebelum membuka tabir yang menutupi nama mesjid tersebut.

Disampaikan Bupati, mesjid bukan saja tempat beribadah, tetapi juga merupakan pusat pendidikan umat. Menjadi salah satu tempat membentuk dan meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan umat. Maka dengan diresmikannya mesjid ini, — masyarakat Pauah khususnya, diajak oleh bupati untuk memakmurkannya.

“Tak sedikit perjuangan para orangtua kita, yang sebahagian tentunya sudah Almarhum. Tidak sedikit jerih-payah masyarakat, baik yang hadir diacara ini maupun yang tidak berkesempatan hadir. Sehingga yang pada awalnya hanya sebuah musholla, hari ini menjadi medjid.

Hari ini, Jum at, 26 Juli 2024, merupakan hari bersejarah. Hari ini, resmi diadakannya sholat Jum at di Mesjid Jami’ Taqwa kita ini”, ujarnya.

“Jangan kita sia-siakan, mari kita makmurkan mesjid kita ini”, ajak Sabar AS.

Selesai acara peresmian, langsung masuk sholat Jum at. Merupakan sholat Jum at pertama di mesjid Jami’Taqwa Pauah.

Bertindak sebagai muazzin, Deri, mahasiswa STAI Lubuk Sikaping. Naik mimbar sebagai Khatib, Sabar AS. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Dr. H Yasril, S.Ag. MA, sebagai imam.

Sabar AS sebagai khatib, mengajak jamaah untuk terus-menerus meningkatkan kualitas iman dan taqwa. Dengan dalil-dalil yang jelas, Sabar AS mengkaitkan terhadap pentingnya memakmurkan mesjid, kemaslahatan umat, dan kesejahteraan.

Kendati hari libur, Sabar AS tetap penuhi undangan kegiatan masyaraka

Ketika ditanya tanggapannya, Wali Nagari Pauah, Dedi Rahmadani, mengatakan," Bupati, selalu bersama masyarakat, walaupun mengejar acara ini dari Jakarta, Alhamdulillah sampai tepat waktu. Menjadi khatib. Pak Kemenag, berkesempatan pula hadir, menjadi imam. Sungguh sempurna peresmian mesjid Jami’ Taqwa ini”, komentarnya.Pasaman Berimtaq (Rn/Wl)

Padang (Rangkiangnagari) - Diterima nya Audy Joinaldi menjadi anggota Partai Golkar membuat peta berpolitikan  Sumatera Barat berubah.   Akankah Audy akan menggunakan kendaraan partai berwarna kuning untuk bersaing dengan Buya. Masih tanda tanya, pemain politik sumbarpun harus mutar-mutar kepala.

Sebagai partai besar dan sudah mapan di perpolitikan tanah air tentu ada langkah strategis yang akan dijalankan Audy dan partai Golkar. Untuk apa dipasangkan jaket kuning Audy menjelang dilaksanakan pilkada Sumbar. Apalagi yang datang ke Sumbar itu adalah wakil ketua umum partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

Doli adalah pentolan politik partai Golkar yang menentukan memilih atau mendukung siapa dalam pilkada serentak tahun 2024 ini.

Iapun menyebut bahwa pembicaraan terkait kepindahan Audy dari PPP ke Golkar sudah dibicarakan dan disetujui sejak dua bulan lalu.

Wakil Gubernur Sumbar Audy yang dihubungi tidak mau berkomentar banyak soal rencana ke depan setelah menjadi anggota Golkar.

Kekecewaannya tidak dipinang Mahyeldi tentu akan menjadi sugesti pendorong baginya untuk ikut bertarung pada pilkada mendatang. Dibaca dan disimak di media daring maupun digital, banyak kalangan yang sentimen kepada Buya dan mendorong Audy maju melawan Buya pada pilkada mendatang 

Tidak hanya masyarakat umum, beberapa pimpinan OPD menyampaikan rasa empati yang mendalam kepada Audy. Selama menjadi Wagub boleh dikatakan sangat jarang Audy memberi perintah menyulitkan bawahan nya.

Selalu saja enjoy bersama Audy. Terus terang beberapa pimpinan OPD ada yang mengatakan merasa tertekan dengan pimpinan Sumbar saat ini.

Bukan pimpinan OPD saja. Pegawai-pegawai pun yang dipantau di lingkungan kantor gubernur mendorong Audy agar maju pada kontestasi pemilihan gubernur pada periode mendatang.

Tapi Audy masih belum membuka rencananya. Apakah dia akan maju, berpasangan siapa,  belum terbuka ke publik.

Namun Audy sempat mengatakan akan ada kejutan dalam beberapa waktu ke depan. Apakah ia akan maju bersama Prof Ganefri atau Sutan Riska Bupati Dharmasraya dua periode. Belum tentu juga. Bahkan di dengar ada wacana memasangkan Audy dengan pejabat tokoh yang punya masa di daerah pantai. 

Audy adalah orang Solok, dulu diistilahkan orang darek sebaliknya di dataran rendah atau pantai di istilahkan orang pasia. Maka disebutlah nama Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur atau akrab dipanggil  Aciak. 

Berpasangan dengan Epyardi Asda dengan jargon otewe masih belum bisa dipastikan. Sebagai pengusaha sukses, Audy bisa saja berbicara langsung dengan Zulhas atau pimpinan partai lain AHY partai demokrat atau Bang Surya Paloh dari Nasdem serta Cak Imin dari PKB.

Seperti diketahui  pasangan yang sudah pasti maju di pilkada Sumbar hanya Buya Mahyeldi dengan Vasco Roseimy dari Gerindra. Sementara partai-partai pengusung lain, Nasdem, Golkar, PAN, PPP, Demokrat, PKB dan PDI.P masing belum menyatakan calonnya.

Fadli Amran yang menjadi Ketua DPD Nasdem Sumbar dan sukses mendulang suara di pilpres dan pileg yang lalu, ternyata lebih memilih bertarung di pilkada Padang.

Golkar yang dulunya digembar gemborkan mencalonkan Prof Ganefri Rektor UNP waktu itu juga redup. Sutan Riska Tuanku Kerajaan masih belum memperlihat kesungguhan untuk maju. Berkoalisi dengan partai mana dan berpasangan dengan juga belum jelas.

Epyardi Asda yang digadang- gadangkan siap menjungkalkan Buya masih belum jelas. Padahal kandidat dengan jargon otewe ini sudah keliling Sumbar dan masuk memberikan ceramah di perguruan tinggi.Namun sampai saat ini masih memastikan koalisi dan memiliki calon wakil gubernur.

Lalu apakah Buya bertarung dengan kotak kosong, tidak tahulah. Kita tunggu "darah pekat" sang penantang. Dan kejutan apa yang akan diletuskan Audy Joinaldi ***

SAMARINDA (Rangkiangnagari) - Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Timur bersuara keras memprotes dengan Pelantikan PWI Kaltim oleh Hendry Ch Bangun, yang digelar di Lamin Etam Komplek Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada, Samarinda, Jumat (26/7/2024).

Protes dari Dewan Kehormatan Provinsi PWI Kaltim disampaikan oleh seluruh personelnya, Intoniswan (Ketua), Charles Siahaan (Sekretaris) dan Rusdiansyah Aras (Anggota). Protes dilakukan karena kapasitas Hendry Ch Bangun bukan lagi anggota PWI dan ketua umum PWI setelah diberhentikan secara penuh oleh Dewan Kehormatan PWI Pusat.

“Dewan Kehormatan PWI Kaltim menegaskan saat ini PWI yang sah dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Zulmansyah Sekedang. Jadi, kami memprotes Hendry Ch Bangun yang bukan lagi sebagai ketua umum. Bahkan bukan anggota PWI lagi karena keanggotaannya sudah dicabut oleh PWI DKI Jaya atas rekomendasi dari Dewan Kehormatan PWI Pusat,” kata Charles Siahaan, Sekretaris DKP PWI Kaltim.

DKP PWI Kaltim sudah memberikan peringatan secara lisan dalam rapat dengan pengurus PWI yang dipimpin ketua terpilih Abdurrahman Amin. DKP PWI Kaltim meminta agar pengurus PWI tidak memberikan panggung kepada Hendry Ch Bangun karena kedudukannya yang bukan lagi ketua umum. Namun pengurus PWI Kaltim beralasan sudah teragendakan dan mendapat konfirmasi yang hadir adalah Hendry Ch Bangun sendiri.

Menurut Charles, saat ini DKP PWI Kaltim masih memberikan toleransi kepada pengurus PWI Kaltim, karena menganggap kisruh yang terjadi di PWI Pusat membuat situasi dilematis di daerah.

“Jadi, saya dan ketua DKP PWI Kaltim sudah diskusi. Intinya tidak perlu menerbitkan surat peringatan kepada pengurus PWI Kaltim, dan menganggap situasi saat ini adalah efek tsunami organisasi PWI,” ujar Charles.

Charles Siahaan mengatakan, saat ini DKP PWI Kaltim tegak lurus dengan DK PWI Pusat di bawah pimpinan Sasongko Tedjo. DKP PWI Kaltim berharap tidak terjadi perpecahan mengarah dualisme kepemimpinan PWI.

“Seluruh anggota PWI di Indonesia tentu berharap kisruh ini cepat berakhir,” tutupnya.(**01)

Painan (Rangkiangnagari) - Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rusma Yul Anwar, menghadiri acara Pengukuhan Komisi dan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan berlangsung Sabtu (27/24) di Saga Murni Hotel. 

Bupati Rusma Yul Anwar, dalam sambutannya mengajak, MUI Pessel untuk bisa berkolaborasi dalam membangun daerah itu terutama dalam meningkatkan kemaslahatan umat di bidang keagamaan. 

"Saya berharap dalam Rakerda ini MUI Pessel bisa melahirkan konsep transpormasi kepedulian sosial. Mengingat banyak masalah penyakit masyarakat yang menimpa generasi muda kita." Ujar Bupati Rusma Yul Anwar. 

Dikatakan Rusma Yul Anwar saat ini kepedulian sosial dari masyarakat sudah Mulai luntur. Terutama kalangan pelajar dan remaja. Apalagi sejak berkembangnya teknologi yang setiap saat dapat merubah dan menyebarkan informasi. 

Lanjut Rusma Yul Anwar begitu banyak persoalan masyarakat yang hari ini membutuhkan kepedulian semua pihak untuk menyelesaikan. Justru itu sebutnya, kepada MUI diharapkan bisa berkolaborasi untuk memberikan yang terbaik untuk menyelamatkan generasi muda dan masyarakat dari berbagai persoalan sosial yang ada. 

Pemerintah daerah jelas' Bupati Rusma Yul Anwar, sangat berkomitmen untuk mencerdaskan anak bangsa. Karena hal merupakan investasi yang sangat berharga. 

"Dulu disaat saya berkompanye 2020 saya berjanji untuk memprioritaskan pendidikan dan kesehatan. Namun 2 tahun setelah dilantik negara kita dihadapkan dengan pandemi covid. Sehingga gerakan kita terbatas,"jelasnya. 

Kedepan tambahnya, pemerintah akan terus  meningkatkan kepedulian terhadap dunia pendidikan dalam rangka meningkatkan SDM masyarakat di daerah ini. Justru itu Bupati Rusma Yul Anwar mengajak seluruh masyarakat agar bisa bersama dalam mewujudkan cita cita itu. 

Sementara itu Ketua MUI Pessel, Muhkrizal dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Pessel Rusma Yul Anwar yang telah memfasilitasi kegiatan Pengukuhan Komisi dan Rapat Kerja Daerah MUI Pessel tersebut. 

Dikatakan Mantan Kepala Kemenag Pessel itu bahwa, MUI setempat siap berjuang bersama pemerintah daerah dalam mengatasi masalah sosial yang terjadi di daerah ini.

Wakil Ketua DPRD Pessel, Buya Aprial Abbas dalam sambutannya menyampaikan harapan kepada MUI Pessel. Semoga dalam Rakerda yang berlangsung selama dua hari itu bisa melahirkan sebuah konsep yang nanti dapat dijadikan sebagai acuan untuk sebuah Peraturan Daerah (Perda) yang berhubungan dengan penyakit masyarakat yang marak terjadi akhir ini. " "Saya berinisiatif melalui dana Pokok Pikiran saya tahun ini saya anggarkan 200 juta untuk dihibahkan ke MUI Pessel. Mengingat begitu pentingnya, peran ulama dalam mewujudkan kemaslahatan umat saat ini," tutur Wakil Ketua DPRD Pessel dari Fraksi Nasdem itu. 

Ketua MUI Sumbar, Buya Gusrizal diwakili Ketua Bidang Ukhuwah dan Kerukunan Umat MUI Sumbar, H. Nurman Agus dalam sambutannya mengapresiasi kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Pessel terhadap MUI di daerah itu. 

Ia berharap ke depan MUI Pessel bisa bekerjasama dan berkolaborasi dalam menyikapi berbagai persoalan umat di daerah ini. 

Ketua Panitia Pengukuhan Komisi dan Rapat Kerja Daerah MUI Pessel, Adril Mayanto. Dalam laporannya menyampaikan bahwa, kegiatan itu berlangsung selama dua hari sejak Sabtu 27 hingga Minggu 28 Juli. 

Terlihat hadir dalam Rakerda MUI itu Ketua MUI Sumbar, di Wakili Ketua Bidang Ukhuwah dan Kerukunan, H. Nurman Agus, Dewan Pertimbangan MUI Pessel, Buya Asli Saan, Ketua MUI Pessel, H. Muhkrizal, Sekretaris, Hirdamli, Perwakilan Forkopimda, KAN dan undangan lainnya. (Rn/Dd)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.