TP PKK Kota Payakumbuh ikut Jambore Kader PKK Berprestasi XXI Tingkat Provinsi

Alahan Panjang (RangkiangNagari) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, resmi membuka Jambore Kader PKK Berprestasi XXI dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tingkat Provinsi.

Kegiatan pembukaan itu ditandai dengan pemukulan tabuah dan pemotongan tumpeng di tenda utama halaman Alahan Panjang Resort, Kabupaten Solok, Rabu (17/7/2024).

Dalam sambutannya, Mahyeldi menekankan pentingnya program pokok PKK dalam mewujudkan masyarakat sejahtera.

“Atas nama Pemprov Sumbar kami menyambut baik terlaksananya Jambore Kader PKK dan Peringatan HKG-PKK yang dilaksanakan secara rutin dari tahun ke tahun secara bergiliran di setiap kabupaten/kota se-Sumbar,” ungkapnya.

Mahyeldi mengatakan, PKK memiliki peran penting melalui program pokoknya, seperti penanganan masalah stunting, kemiskinan ekstrem, inflasi, narkoba, dan ancaman bencana alam.

“Harapannya, program tersebut dapat direalisasikan sehingga seluruh masyarakat dapat serentak menghadirkan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi bagi seluruh masyarakat Sumatera Barat,” tuturnya.

Kemudian, ia juga mengajak TP PKK di semua tingkatan agar selalu melakukan pembinaan, pendampingan, fasilitasi dan advokasi kepada kelompok PKK dan kelompok Dasawisma sebagai ujung tombak pelaksanaan gerakan PKK di lapangan.

“Kita berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Mari gunakan kesempatan ini untuk membingkai kekeluargaan dan silaturrahmi antar sesama kader PKK,” ajaknya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat Harneli Mahyeldi mengucapkan terima kasih kepada seluruh Ketua dan Kader PKK di Sumatera Barat atas partisipasi mereka dalam mensukseskan Jambore Kader PKK Berprestasi.

“Melalui peringatan HKG PKK Ke-52 dan Jambore Kader PKK Berprestasi ke-21 ini, kita sinergikan gerakan PKK untuk bergerak bersama mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju,” ucapnya.

Dibeberkannya, Jambore ini merupakan bentuk apresiasi dari Pemprov Sumbar kepada para kader PKK yang berprestasi serta kesempatan untuk menjalin silaturahmi.

“Jambore PKK ini dilaksanakan dari tanggal 16-18 Juli 2024 di Alahan Panjang negeri dingin tanpa salju, Kabupaten Solok dengan 15 Kabupaten/Kota yang mengikuti lomba,” ingatnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Ny. Elfriza Rida melayangkan dukungannya kepada kontingen Kota Payakumbuh yang telah mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk mengikuti Jambore PKK tersebut.

Adapun masing-masing kontingen Kab/Kota se-Sumbar akan memperebutkan posisi juara pada lomba cerdas cermat, lomba memasak pangan lokal non beras, lomba jingle gelari pelangi, lomba defile yel-yel, lomba paduan suara, serta lomba senam kreasi cuci tangan 6 langkah.

“Terima kasih untuk seluruh utusan Kota Payakumbuh yang luar biasa, ini adalah momentum bagi kita untuk terus bersemangat dan berbenah diri,” katanya.

“Kita di sini untuk membangkitkan program PKK, semoga kita menerima hasil terbaik dan bisa menang dalam setiap kategori lomba. Tetap optimis dan semangat buat kita semua,” tutupnya dengan penuh harap.

Turut hadir Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar Fitria Amalia Audy, Bupati Solok Epyardi Asda dan Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Emiko Epyardi, Kepala Daerah se-Sumbar, Kepala OPD Provinsi Sumbar dan Kabupaten/Kota se-Sumbar, serta para pengurus TP-PKK dan tamu undangan lainnya.

 

#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.