Agustus 2024

Kota Solok (Rangkiangnagari) - Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Solok Pilkada Serentak 2024, H. Nofi Candra, SE dan Leo Murphy, SH, MH diantar ribuan iring-iringan massa pendukungnya dari kantor DPC PPP Kota Solok untuk mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota di hari terakhir pendaftaran pada Kamis (29/08).

Hal itu terlihat ketika rombongan paslon H. Nofi Candra, SE dan Leo Murphy, SH, MH ( NC-LM ) berangkat dari Kantor DPC PPP Kota Solok  diiringi oleh puluhan kendaraan roda empat dan ratusan sepeda motor.Antusiasme warga terlihat sangat tinggi sekali meskipun hanya diusung oleh satu partai parlemen (PPP) dan delapan partai non parlemen.

Adapun yang  ikut serta dalam rombongan iring-iringan tersebut diantaranya  Ketua PPP Kota Solok, Fakhria Murpe dan Yavis Tamsin, serta pengurus partai non parlemen, seperti Gelora, Partai Buruh, PKN, PSI, Perindo, Partai Garuda dan Partai Ummat, Nofi Candra dan Leo Murphy yang masing-masing datang didampingi istri Femi Deviyanti dan Leo Murphy dan orang tua masing-masing.

Rombongan pasangan H. Nofi Candra, SE dan Leo Murphy, SH, MH ini disambut langsung oleh Ketua KPU Kota Solok, Ariantoni, diwakili oleh Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan, Tomi Farto yang didampingi oleh Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan, Abdul Hanan, Koordinator Divisi Perdatin, Dessy Arisandi, Koordinator Divisi Sosdiklihparmas Yance Gafar, Sekretaris KPU Kota Solok, Efrizon dan jajaran,

Serta Ketua Bawaslu Kota Solok Rafiqul Amin, S. Pd.I, M. Pd yang diwakili oleh Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H), Ilham Eka Putra, SE, MM, Kordiv.  Penanganan Pelanggaran Dan Penyelesaian Sengketa (PPPS) Eka Rianto.

Ketua KPU Kota Solok, Ariantoni mengatakan bahwa, “dokumen pendaftaran telah diterima, akan langsung dilakukan verifikasi oleh tim KPU Kota Solok. Setelah selesai diverifikasi akan dibuatkan tanda terima dan pasangan calon juga menerima surat pengantar untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan mulai tanggal 30 Agustus hingga 2 September 2024 di Rumah Sakit M. Djamil Padang.”

“Selanjutnya pada tanggal 22 september 2024 kita akan melaksanakan penetapan pasangan calon bukan bakal pasangan calon lagi, kemudian pada tanggal 23 kita melaksanakan pengambilan nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok,” ungkap Ariantoni. 

Pada kesempatan yang sama, calon Wali Kota Solok, Nofi Candra tak lupa mengucapkan syukur, mengingat dinamika politik yang dilaluinya sangat luar biasa, pasca keputusan Mahkamah Konstitusi dengan Partai Persatuan Pembangunan dan diikuti oleh partai non parlemen, akhirnya kita bisa mendaftar ke KPU pada hari ini.

Nofi Candra-Leo Murphy yang lebih populer dengan sebutan NC-LM mengaku sangat takjub dalam suasana batin yang haru-biru mendapat dukungan dan simpatisan masyarakat, serta kepercayaan dari partai politik yang telah memberikan amanah untuk mengikuti Pilkada Serentak tahun 2024 ini. 

 "Penghargaan luar biasa dan terima kasih kepada masyarakat Kota Solok yang sangat antusias menyambut dan mendukung pencalonan dirinya bersama Nofi Candra pada Pilkada tahun ini,"ungkap Leo Murphy. (Liza)

Pasaman (Rangkiangnagari) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman secara resmi menutup Penerimaan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Tahun 2024.

Penutupan pendaftaran ini diumumkan resmi melalui Konferensi Pers yang bertempat di Media Center KPU, yang dipimpin oleh Ketua KPU Pasaman Taufiq bersama para Komisioner Juli Yusran, Yansuwardi, Sulastri dan Elvie Syafni serta didampingi Sekretaris KPU Kamaruddin dan dihadiri sejumlah awak media.

Ketua KPU Pasaman Taufiq mengungkapkan, bahwa selama masa Tahapan Penerimaan Pendaftaran yang dimulai tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024 (PKPU Nomor 2 tahun 2024), terdapat 3 (tiga) Bakal Pasangan Calon yang telah mendaftar, dan hingga pukul 23.59 WIB (29/08/2024) tidak ada lagi tambahan Paslon yang mendaftar.

Adapun Bakal Pasangan Calon yang telah mendaftar ke KPU Pasaman dengan status Diterima, yaitu Bakal Pasangan Calon atas nama Sabar AS-Sukardi, mendaftar pada hari Selasa tanggal 27 Agustus 2024, Bakal Pasangan Calon atas nama Welly Suheri-Anggit Kurniawan yang mendaftar pada hari Rabu tanggal 28 Agustus 2024 dan Bakal Pasangan Calon atas nama Mara Ondak-Desrizal mendaftar pada hari Kamis tanggal 29 Agustus 2024.

Kordiv Teknis KPU Pasaman Juli Yusran juga memaparkan, bahwa KPU Pasaman telah menerima jadwal pemeriksaan kesehatan bapaslon dari pihak RS Universitas Andalas Padang.

"Untuk jadwal pemeriksaan kesehatan bakal calon yang dipusatkan di Rumah Sakit Universitas Andalas Padang, pada tanggal 31 Agustus 2024 adalah pemeriksaan kesehatan bakal calon yang mendaftar pada hari pertama (27/08), untuk tanggal 1 September adalah Bapaslon yang mendaftar di hari kedua (28/08) dan untuk tanggal 2 September 2024 adalah pemeriksaan kesehatan bapaslon yang mendaftar di hari ketiga (29/08)," papar Juli Yusran.

Selanjutnya, tambah Juli Yusran, pada 29 Agustus hingga 4 September 2024 KPU Pasaman melakukan penelitian administrasi bakal pasangan calon yang telah mendaftar.

Di akhir konferensi persnya, Ketua KPU Pasaman Taufiq menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Pasaman, Kodim 0305/Pasaman, Kejaksaan Negeri Pasaman, Bawaslu, Dishub, Satpol PP dan Damkar, Dinkes, PLN, RSUD, serta seluruh stakeholder yang telah membantu kelancaran Tahapan Pendaftaran bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman untuk Pilkada tahun 2024.(Rn/Tio)

Pasaman (Rangkiangnagari) - Rivalitas tokoh tertinggi di Pasaman akhirnya benar-benar bergandengan tangan. Dua mantan bupati, Yusuf Lubis dan Benny Utama berhasil mengantarkan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, Maraondak-Desrizal untuk mendaftar ke KPU Pasaman.

Tegak bulu remang simpatisan, di saat parah tokoh-tokoh utara dan selatan Pasaman bersatu di satu panggung orasi yang di lakukan di jalan jalur dua, Kota Lubuk Sikaping. Ribuan simpatisan hadir.

Ada mantan bupati Yusuf Lubis, mantan ketua DPRD Pasaman, Yasri, anggota DPRD Pasaman dan anggota DPRD Sumbar terpilih. Tak kalah penting juga hadir secara live melalui panggilan video call, mantan bupati pasaman, Benny Utama yang kini tengah di negeri tetangga, Malaysia.

“Memang ganas pasangan Maraondak-Desrizal. Disatukan oleh dua tokoh utara dan selatan. Yusuf Lubis-Benny Utama. Hebat,” kata Eki, salah satu simpatisan yang hadir dalam orasi, Kamis (29/8).

Bica kehebatan, wajar adanya. Maraondak istilah Minangnya, mambasuik dari bumi. Sebagai pensiunan, Sekda Pasaman, serta lulusan STPDN, ia pernah menjabat di pemerintahan kecamatan, sebagai Kasi, kemudian terus mengabdi hingga berhasil menjadi Sekda. Memang mendedikasikan diri untuk melayani masyarakat.

Desrizal begitu juga, sebagai pensiunan ASN, ia mendedikasikan dirinya di bidang kesehatan. Beberapa kali menjabat hingga pensiun sebagai Kepala Dinas kesehatan, sudah penuh pula gelasnya hingga memantapkan diri untuk mendampingi Maraondak.

Kini, Pasangan dengan akronim MODE mendaftar ke KPU. Diterima langsung oleh Ketua KPU Pasaman, Taufiq bersama jajaran dan tim penerima pendaftaran bakal calon peserta Pilkada. Hingga akhir pemeriksaan, untuk administrasi pendaftaran dinyatakan lengkap.

“Selanjutnya kami bakal melakukan pemeriksaan dokumen-dokumen tiga calon yang mendaftar ke KPU,” pungkas Taufiq.

Lebih lanjut, saat deklarasi di Media Centre KPU, pasangan ini agaknya fokus membangun indeks masyarakat Pasaman. Melalui visi-misi dan program yang telah disediakan.

“Puluhan tahun kami mengabdi untuk masyarakat hingga mendapat amanah dan jabatan strategis di kepemerintahan. Ini adalah modal besar bagi kami untuk membawa Pasaman juara. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bisa bersama-sama kami membangun Pasaman,”semoga kita mendapatkan amanah rakyat, pungkas Maraondak didampingi Desrizal. (Rn/Tio)

Kabupaten Solok (Rangkiangnagari) - Dihari ketiga dan pendaftaran nomor tiga  Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Solok Budi Satriadi dan Hardinalis Kobal resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Kamis (29/08) 

Mengusung tagline “SOLOK BERBUDI"pasangan tersebut tiba di KPU Kabupaten Solok diiringi oleh tim sukses, disambut oleh Ketua KPU Kabupaten Solok Hasbullah Alqomar, didampingi oleh Koordinator Divisi Tekhnis Despa Wandri, Koordinator Divisi Parmas dan SDM  Novialdi Putra,  Koordinator Divisi Informasi Dan Data SIO, Sekretaris KPU Yuliardi.juga hadir  Ketua Bawaslu Kab Solok Titony Tanjung, beserta jajaran.

Dalam kesempatan itu juga hadir Pimpinan  Partai pengusung  antara lain PPP, Partai Demokrat, Partai Umat,PSI,  Partai Gelora dan Partai Garuda mendampingi  Bakal Calon Bupati Dan Wakil Bupati Budi Satriadi-Hardinalis Kobal pada pendaftaran di KPU Kabupaten Solok 

Ketua  KPU Kabupaten  Solok Hasbullah Alqomar mengatakan bahwa dokumen pendaftaran telah diterima,  akan langsung  dilakukan verifikasi oleh tim KPU Kab Solok.Nanti setelah selesai diverifikasi akan dibuatkan tanda terima.dan  nantinya pasangan calon juga menerima surat pengantar untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan mulai tanggal 30  Agustus hingga 2 September 2024 di Rumah Sakit Universitas Andalas Kota Padang.

Selanjutnya pada tanggal 22 september 2024 kita akan melaksanakan penetapan  pasangan calon bukan bakal pasangan calon lagi, kemudian  pada tanggal 23 kita melaksanakan  pengambilan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati solok."tutup Ketua KPU Kab Solok.

Selanjutnya Bakal Colon Bupati dan Wakil Bupati Solok Budi Satriadi menyampaikan ucapan terimakasih kepada KPU, Bawaslu Kabupaten Solok dan menyampaikan permintaan maaf jika ada dalam kedatangan kami tidak sesuai sebagaimana mestinya kami mohon maaf, dan juga ia  mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses pendaftarannya.

Budi Satriadi berharap mari kita wujudkan  Pilkada ini pilkada yang damai dan berguna bagi kita semua dan kami hadir dengan niat yang baik untuk membangun Kabupaten Solok yang lebih baik,"ungkap Budi Satriadi.

Bakal Calon Wakil Bupati Solok Hardinalis Kobal mengatakan ,Sinegritas dan kebersamaan dalam membangun Kabupaten Solok kearah lebih baik adalah suatu yang harus kita jalankan, karena dalam membangun kita tidak dapat berjalan sendiri, tentu butuh semua pihak, agar terwujud Pembangunan Kabupaten Solok kearah yang lebih baik ,"

"BERBUDI itu berat artinya setiap percakapan dan perbuatan akan mencerminkan apa yang menjadi tagline kita yaitu"SOLOK BERBUDI dan itu menjadi Roh dan magnet kita bersama.Selain itu untuk membangun Kabupaten Solok ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh Bupati dan Wakil Bupati, namun harus dibangun secara bersama-sama karena kita semua menginginkan perubahan,"tutup Hardinalis Kobal.(Liza)

JAKARTA (RangkiangNagari) - Timnas Indonesia U-20 mengejutkan dunia sepak bola dengan mengalahkan Timnas Argentina U-20 dengan skor 2-1 pada ajang Seoul Earth On Us Cup 2024 di Seoul, Korea Selatan, Rabu (28/8/2024). Kemenangan ini membuat media Malaysia heboh dan iri, bahkan mengakui kehebatan Indonesia sambil menyayangkan kondisi sepak bola mereka sendiri yang masih tertinggal.

Akun Instagram Malaysia Football League (@malaysiafootballleague) menuliskan, "Indonesia U-19 memasak! Kejutkan Timnas Argentina U-20 dengan melakukan comeback dan menang 2-1." Media tersebut juga menambahkan, "Bukan hanya tim senior saja, skuad muda Indonesia juga semakin membaik. Di saat bersamaan, FAM (PSSI-nya Malaysia) masih dalam proses post mortem."
Istilah "post mortem" yang digunakan mengacu pada analisis mendalam yang sedang dilakukan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk mencari penyebab stagnasi prestasi sepak bola mereka. Sejak FAM dipimpin oleh Datuk Haji Hamidin Mohd Amin pada 2019, prestasi Timnas Malaysia terus menurun, termasuk kegagalan di Piala AFF 2020 dan hasil buruk di Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024.
Sementara itu, Timnas Indonesia menunjukkan perkembangan pesat. Timnas U-20 Indonesia berhasil mencapai final Piala AFF 2020 dan 16 besar Piala Asia 2023. Lebih mengejutkan lagi, Timnas Indonesia U-23 sukses melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024, berstatus sebagai debutan.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Timnas Thailand U-20 pada Jumat, 30 Agustus 2024 pukul 14.00 WIB. Di pertandingan sebelumnya, Thailand U-20 dikalahkan oleh tuan rumah Korea Selatan U-20 dengan skor 1-4. Pertandingan ini akan menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk kembali menunjukkan dominasinya di turnamen ini.


#Rn


JAKARTA (RangkiangNagari) - Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, pada Rabu, 28 Agustus 2024, memfasilitasi pertemuan mediasi antara dua kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang sedang berseteru. Pertemuan ini bertujuan untuk menyelesaikan konflik internal di tubuh PWI dan dihadiri oleh perwakilan kedua pihak, yaitu Hendry CH Bangun dan Zulmansyah Sekedang.

Mediasi tersebut juga dihadiri oleh Dirjen AHU, Cahyo Rahadian Muzar; Staf Khusus Menteri, Ahmad Ali Fahmi; serta tiga anggota Dewan Pers, yaitu Agung Dharmajaya, Totok Suryanto, dan Yadi Hendriana. Dalam pertemuan tersebut, baik Hendry CH Bangun maupun Zulmansyah sepakat untuk melakukan rekonsiliasi demi kebaikan pers Indonesia.

"Dengan pertemuan ini, demi kebaikan pers Indonesia, tentu saya bersedia untuk rekonsiliasi," ungkap Hendry CH Bangun. Senada dengan Hendry, Zulmansyah juga menegaskan, "Rekonsiliasi adalah jalan terbaik bagi PWI dan Pers Indonesia."
Kesepakatan ini menunjukkan komitmen kedua pihak untuk bekerja sama dalam menyelesaikan konflik dan membangun kembali PWI. Menteri Supratman Andi Agtas turut mengungkapkan kebahagiaannya atas tercapainya kesepakatan tersebut.
"Pers sebagai fourth estate harus kuat dan jangan terpecah. Saya sedih jika melihat pers pecah. Kita bersyukur banyak perubahan di negara kita ini karena peran pers. Jadi, kalau pers kita sudah pecah, apalagi yang kita harapkan? Malam ini saya senang karena PWI kembali menjadi satu. Mari kita kembali bergandengan tangan," ujar Menteri Supratman.

Anggota Dewan Pers, Totok Suryanto, yang juga hadir dalam acara tersebut, menambahkan, "Pers selalu mencatat sejarah, dan jika PWI bersatu dan utuh, akan kuat dan menciptakan sejarah."

Pertemuan yang dikemas dalam suasana santai dan hangat ini ditutup dengan komitmen kedua pihak untuk duduk bersama dan menyelesaikan konflik yang ada.

 

#Rn

JAKARTA (RangkiangNagari) - Timnas Indonesia U-20 mendapatkan start yang bagus dalam persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada September setelah mengalahkan Argentina U-20 dengan skor 2-1 pada laga perdana turnamen Seoul Earth On Us Cup 2024 di Stadion Mokdong, Korea Selatan, Rabu.

Timnas U-20 yang pada laga ini tidak diperkuat Jens Raven, Welber Jardim, dan Kafiatur Rizky tak kehilangan tajinya.

Namun, pada babak pertama tim asuhan Indra Sjafri tersebut mendapat banyak serangan dari Argentina yang dilatih Claudio Oscar Gugnali.

Pada menit ke-17, gawang Indonesia yang dikawal Ikram Algiffari robek setelah Mirko Juarez mencetak gol usai menyambut bola tendangan rekannya dengan sundulan kepala. Skor 1-0 untuk Argentina.
Pada menit ke-28, Argentina nyaris menggandakan keunggulan melalui aksi Tomas Bernardoni. Namun, sepakan pemain nomor 20 tersebut masih melebar dari gawang Ikram.
Skor 1-0 untuk keunggulan La Albiceleste bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, pasukan Garuda Nusantara bermain lebih berani menyerang. Mereka memegang bola dan kerap kali membahayakan gawang Argentina.

Peluang terbaik Indonesia dimulai pada menit ke-63 saat pemain pengganti Marselinus Ama Ola melakukan tusukan dari sisi kanan.
Pemain 19 tahun itu lalu melakukan umpan tarik yang disambut oleh Dony Tri Pamungkas yang naik dari sisi kiri.

Sang kapten yang tanpa berpikir lama melakukan tendangan first time. Bola sepakannya gagal ditepis oleh kiper Lucas Sebastian Schneider. Namun, beruntung bek Nazareno Roselli berada di waktu yang tepat untuk menghalau tendangan pemain Persija Jakarta tersebut.
Dua menit kemudian, giliran Riski Afrisal yang mendapatkan peluang. Namun, percobaan tendangannya masih berada di atas mistar gawang.

Gol yang ditunggu Indonesia akhirnya lahir pada menit ke-75. Berawal dari situasi bola mati dari Maouri Ananda, Kadek Arel berhasil mendahului tepisan kiper Lucas dan menanduk bola ke gawang yang sudah kosong.
Jika dihitung dari pergelaran Piala AFF U-19 2024 di Surabaya beberapa waktu lalu, maka ini menjadi gol keempat Kadek yang diawali dari situasi bola mati. Skor berubah menjadi 1-1.

Indonesia seolah mendapatkan angin kedua setelah mencetak gol penyama kedudukan.

Pada menit ke-79, Indonesia tak membutuhkan waktu lama untuk membalikkan keadaan setelah Maouri yang baru saja memberikan assist, kali ini menjadi pencetak gol titik putih setelah Muhammad Ragil dilanggar oleh Lucas. Skor berbalik 2-1 untuk Indonesia.

Ragil hampir menambah keunggulan pada menit ke-83. Namun, sepakannya masih melebar tipis.
Satu menit kemudian, giliran Toni Firmansyah yang mendapatkan peluang emas untuk membawa Merah Putih unggul 3-1. Namun, tendangan jarak jauhnya masih digagalkan tiang gawang.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 tidak berubah. Indonesia yang sempat tertinggal akhirnya memenangi duel melawan tim ranking satu dunia Argentina dengan skor 2-1.

Setelah melawan Argentina, Indonesia akan melawan Thailand pada laga kedua, Jumat (30/8), dan melawan Korea Selatan pada Minggu, 1 September.

Berikut susunan pemain kedua tim:
Indonesia U-20: Ikram Algiffari, Kadek Arel, Muhammad Alfarezzi Buffon, Meshaal Hamzah, Dony Tri Pamungkas, Iqbal Gwijangge, Figo Dennis, Toni Firmansyah, Camara Ousmane Maiket, Riski Afrisal, Arlyansyah Abdulmanan.

Pelatih: Indra Sjafri

Argentina U-20: Lucas Sebastian Schneider, Zahir Jose Rached, Nazareno Roselli, Mirko Juarez Zemlich, Jonathan Leonel Ledesma, Tiago Esidin Gonzalez, Rodrigo Ezequiel Stocco, Matias Gabriel Favale, Santiago Colidio, Mateo Daniel Benegas, Tomas Agustini Bernardoni.
Pelatih: Claudio Oscar Gugnali

 

#Rn

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR) Kota Payakumbuh menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi, dengan bidang pekerjaan operator dan teknisi atau analis. Yang di gelar di Ball Room Hotel Mangkuto, Rabu (28/08/2024).

Dihadiri langsung PLH Asisten Ekonomi dan Pembangunan Bapak Arif Siswandi, SE, MM, Pimpinan/Perwakilan BJKW Banda Aceh Kementerian PUPR, Pimpinan LSP Gatensi Karya Konstruksi Wilayah Sumatera Barat.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Konstruksi ini untuk seluruh badan usaha jasa konstruksi yang ada di Kota Payakumbuh, dan Kami juga berharap dengan adannya acara dapat membantu dalam meningkatkan kualifikasi dan kualitas bagi para penyelenggara jasa konstruksi.” Ucap Arif Siswandi, SE, MM PLH Asisten Ekonomi dan Pembangunan.

“Semoga ini menjadi kegiatan ini juga dapat menjadi kegiatan rutin bagi kami Kementerian PUPR Kota Payakumbuh, sehingga dapat dipastikan peningkatan kualitas secara personal dan menghasilkan karya konstruksi yang terbaik bagi Kota Payakumbuh” tambahnya.

Dengan dihadiri para peserta pelatihan yang terdiri dari operator dan teknisi serta analis, pelatihan dan sertifikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitfikasi dan kualitas dari para tenaga konstruksi untuk jabatan operator, teknisi dan analis.

Sejalan dengan PLH Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Sekretaris PUPR Kota Payakumbuh juga menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi yang diselenggarakan di Hotel Mangkuto Kota Payakumbuh.

“Pelatihan dan sertifikasi ini dilaksankan selama dua hari, diharapkan dapat menjadi modal peningkatan kemampuan setiap peserta dalam menjalani profesi di bidang jasa konstruksi dan dapat meningkatkan pula mutu konstruksi Kota Payakumbuh yang lebih baik.” jelas Sekretaris Dinas PUPR Kota Payakumbuh Bapak Rajman Sunardi

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, terhitung mulai tanggal 28 sampai dengan 29 Agustus 2024 yang bekerjasama langsung dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) I Banda Aceh Kementerian PUPR. Dan LSP Gatensi Karya Konstruksi Wilayah Sumbar.

Dengan Peserta yang berasal dari berbagai badan usaha jasa konstruksi dan konsultasi yang barada di Kota Payakumbuh.

Sebanyak 126 Peserta mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi yang dilaksanakan oleh PUPR, Pembekalan dan fasilitasi uji kompetensi tenaga kerja konstruksi terdiri dari jenjang 4,5 dan 6 (terampil) sebanyak 44 orang jenjang 1,2 (tukang) sebanyak 82 orang dengan 10 jabatan kerja terdiri dari :

    Pelaksana Lapangan Pekerjaan Bangunan Air Limpah Permukiman (Setempat dan Terpusat) Madya
    Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung Madya
    Pelaksana Lapangan Pekerjaan jalan
    Pelaksana Lapangan Pekerjaan Pemasangan Jembatan Rangka Baja Standar Madya
    Pelaksana Lapangan Pekerjaan Saluran Irigasi Madya
    Pengawas Lapangan Pekerjaan Drainase Perkotaan
    Pengawas Lapangan Pekerjaan Drainase Perkotaan Madya
    Pengawas Pekerjaan Struktur Bangunan Gedung Utama
    Tukang Bangunan Gedung 10.Tukang Besi Beton.

Uji sertifikasi merupakan suatu bentuk penilaian keterampilan dan keahlian para tenaga kerja konstruksi tersebut, yang bertujuan untuk menilai seberapa kompetennya para Tenaga Kerja Kontruksi dalam suatu badan usaha jasa konstruksi yang mana para Tenaga kerja ini akan di berikan SKK atau Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi, merupakan sebuah sertifikat pengakuan atas keterampilan atau kompetensi yang dimiliki oleh tenaga kerja konstruksi.

program sertifikasi tidak hanya meningkatkan kompetensi, namun juga Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) konstruksi. Program sertifikasi juga akan berpengaruh kepada kesejahteraan tenaga kerja konstruksi karena besaran upah yang diterima mengacu billing rate atau standar upah yang sudah ditetapkan berdasarkan sertifikat yang dimiliki.

Pertimbangan pelaksanaan kegiatan ini adalah bentuk pembinaan dari pemerintah daerah khususnya Dinas PUPR kepada masyarakat jasa konstruksi yang ada di Kota Payakumbuh.

Dengan bertambahnya jumlah tenaga kerja yang kompeten, maka mutu pekerjaan konstruksi juuga semakin meningkat. Dalam Renstra PUPR Tahun 2022 – 2026, salah satu indikator kinerja adalah Rasio Tenaga Kerja Konstruksi tingkat Operator/ Teknisi / Analis yang memiliki sertifikat kompetensi dimana target pada akhir tahun 2026 sebanyak 40% dari 1025 orang atau kurang lebih 410 orang tenaga kerja konstruksi memiliki sertifikat kompetensi.

 

#Rn

Payakumbuh (RangkiangNagari) – Novit Ardy, Kepala UPTD Pusat Pelayanan dan Pengembangan Rendang Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh, berhasil meraih penghargaan sebagai ASN Berprestasi kategori Jabatan Pengawas Terbaik kedua dalam ajang Anugerah ASN 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB, Azwar Anas, bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pada acara ASN Talent Fest 2024 dan Anugerah ASN 2023 di Gedung Dhanapala Jakarta Pusat, Selasa (27/08/2024). Hadir juga dalam kesempatan tersebut Asisten III Ifon Satria Chan.

Novit Ardy mendapatkan penghargaan tersebut atas inovasi School of Randang yang telah diinisiasinya dan berbuah reward kenaikan pangkat khusus sesuai dengan Surat Edaran BKN Nomor 5 Tahun 2022.
“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan serta bimbingan selama ini kepada Pemko Payakumbuh, Pj Wali Kota, Sekda, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, seluruh ASN di lingkup Pemko Payakumbuh, masyarakat, serta keluarga besar saya,” ujar Novit Ardy usai menerima penghargaan.

Selain berperan penting dalam pengembangan branding “City of Randang,” Novit juga dikenal sebagai penulis buku “Marandang, Wisata Gastronomi di Kampung Rendang Payakumbuh.” Buku ini menjadi salah satu referensi utama dalam memahami nilai budaya dan potensi ekonomi dari tradisi marandang, sekaligus menjadi inspirasi bagi lahirnya School of Randang.

Novit mengatakan School of Randang bertujuan utama untuk mewariskan dan melestarikan kekayaan budaya lokal kepada generasi muda, dengan fokus pada seni mengolah randang atau marandang, yang merupakan salah satu ikon kuliner dari kota ini.
“Program ini juga dirancang sebagai atraksi wisata gastronomi yang menarik, memungkinkan pengunjung untuk belajar langsung dari para praktisi dan ahli randang,” ujarnya.

Dalam Kesempatan ini Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda juga berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi semua pihak dan Seluruh ASN Kota Payakumbuh untuk terus mengabdi di Kota Payakumbuh dan Indonesia.

Sementara Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian yang telah diterima salah satu ASN di Kota Payakumbuh.

“Alhamdulillah, hari ini Payakumbuh mendapat pengakuan secara nasional. Salah satu ASN terbaik kita terpilih sebagai ASN terbaik nasional dalam kategori pengawas terbaik,” ujar Suprayitno didampingi Sekda Payakumbuh Rida Ananda.
Ia berharap penghargaan ini dapat memotivasi seluruh ASN di Kota Payakumbuh untuk meningkatkan kinerja dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat demi kesejahteraan Kota Payakumbuh.

Suprayitno juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekda Payakumbuh, Rida Ananda, yang telah memberikan pembinaan terbaik kepada ASN di Kota Payakumbuh.



 

#Rn

Kabupaten Solok (Rangkiangnagari) - Menggunakan bendi serta diiringi oleh ribuan masyarakat, pemuda, bundo kanduang, tokoh masyarakat, kader partai dan simpatisan Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Solok, Emiko dan Irwan Afriadi mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok,Rabu (28/08)

Paslon ini berangkat dari rumah gadang di Nagari Selayo. Animo masyarakat begitu tinggi karena Emiko sosok bundo yang dikenal dalam ranah minang ramah, santun dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi.

Ramainya warga yang mengantarkan Emiko-Irwan Afriadi sempat menyebabkan jalan lintas dari Simpang Nagari Selayo hingga kantor KPU di Nagari Koto Baru macet.

Pasangan Emiko-Irwan Afriadi diusung oleh empat Partai Politik (Parpol) besar yakni PAN, Golkar, Nasdem dan Hanura.

Emiko tercatat dalam sejarah politik Kabupaten Solok menjadi wanita pertama yang mendaftar sebagai calon Bupati Solok. Sementara Irwan Afriadi adalah tokoh muda, pengusaha yang enerjik yang malang melintang di dunia olah raga otomotif dan politik dan baru purna tugas menjadi anggota DPRD Sumbar.

Emiko mengatakan, niatnya maju sebagai bupati ikhlas untuk menuntaskan pembangunan yang sudah berjalan di Kabupaten Solok pada saat ini.

Tentu ini pengabdian kami untuk menuntaskan pembangunan atau capaian yang telah dirasakan oleh Kabupaten Solok. Tidak bisa ditutupi, bahwa banyak perubahan yang telah terjadi di kabupaten yang kita cintai ini, seperti pendidikan, pertanian, pariwisata, dan infrastruktur lainnya. Namun, itu semua belum tuntas atau masih ada yang perlu peningkatan,” tutur ibu dari Athari Gauti Ardi ini.

Sementara Calon Wakil Bupati Solok Irwan Afriadi mengatakan, ia siap mewakafkan diri untuk Kabupaten Solok bersama Emiko.

“Terima kasih kepada masyarakat, simpatisan, pendukung, kader, tokoh yang telah mendukung kami dan mengantarkan kami ke KPU. Mohon dukungannya untuk kami bisa melanjutkan pembangunan di kabupaten yang kita cintai ini,” kata Irwan.

Emiko dan Irwan Afriadi diprediksi bakal menjadi paslon yang kuat dari dua pasangan lainnya yakni Jon Firman Pandu-Candra, Budi Satriadi-Hardianis Kobal.

Hal ini tidak lepas dari dukungan para kaum ibu (wanita), tokoh masyarakat dan kaum muda di kabupaten penghasil beras itu. Bahkan partai politik yang mengusung pasangan ini merupakan pemenang di Kabupaten Solok, seperti PAN, Nasdem, Golkar dan Hanura.

Selain itu, popularitas dan elektabilitas Emiko cukup tinggi. Hal ini karena Emiko sering berkunjung ka nagari-nagari bahkan beberapa waktu lalu menjadi satu-satunya calon bupati yang datang ke Nagari Garabak Data.

Emiko adalah sosok keibuan yang dihargai di tengah masyarakat. Sifatnya yang welas asih disenangi warga. Di Minangkabau dikenal dengan pepatah samuik tapijak indak mati, alu tataruang patah tigo.

Sementara Irwan juga sangat dikenal di kalangan kaum muda dan pengusaha muda terutama di Kabupaten Solok di bagian selatan. (Liza) 

Padang (Rangkiangnagari) - Yel, yel lanjutkan dan menangkan Hendri Septa dan Hidayat menggema di pelataran parkir mesjid  Al Khair Piai., Pauh V tempat dilaksanakan acara deklarasi pasangan ' tagline " hebat, Kamis pagi.

Ribuan pendukung hadir dan selalu meneriakan yel yel Hendri Septa - Hidayat hebat dan lanjutkan. Momen haru dan membanggakan pun terlihat saat acara deklarasi Pasangan Padang Hebat, dimana bapak Hendri Septa Muhammad Asli Khaidir merelakan anaknya untuk maju kembali menjadi Walikota Padang.

Dengan pelukan hangat dan penuh haru Asli Khaidir merangkul sang anak membisikan sesuatu sebagai penambah spirit untuk ia maju sebagai calon walikota Padang.

Habis deklarasi Hendri Septa bersama Hidayat menuju kantor KPU Padang untuk mendaftar ke KPU sebagai salah seorang calon Walikota pada pilkada November mendatang.

Dalam orasinya, Anggota DPR RI, Muhammad Asli Chaidir menyebut hari ini sebagai hari bersejarah bagi seluruh pendukung Hendri Septa dan Hidayat. Ia juga berharap agar perjalanan pasangan calon ini menuju KPU Kota Padang mendapat petunjuk dan keselamatan dari Allah SWT.

Hendri Septa calon potensial karena rekam jejaknya yang cukup panjang dan berpengalaman di dunia pemerintahan Kota Padang.

Hendri Septa pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Padang, Wakil Wali Kota Padang, dan Wali Kota Padang. Pengalaman tersebut dianggap sebagai modal yang kuat untuk memimpin kembali Kota Padang.

“Itu pengalamannya di Kota Padang. Hendri Septa sangat mengenal Kota Padang dan masalah yang dihadapinya.” katanya.

Sementara itu, calon wakilnya, Hidayat, juga memiliki pengalaman yang tak kalah mumpuni. Hidayat pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Sumbar selama dua periode dari Daerah Pemilihan Kota Padang. Pengalaman tersebut menunjukkan kapasitasnya sebagai pemimpin yang berkompeten.

Asli Chaidir mengajak seluruh pendukung untuk bersama-sama melanjutkan perjuangan politik ini, mengantarkan Hendri Septa dan Hidayat menuju kemenangan dalam Pilkada Padang 2024.

Kita bersama bertanggung jawab melanjutkan perjuangan ini bersama Hendri Septa dan Hidayat. Mengantarkan kemenangan untuk Hendri Septa dan Hidayat di Pilkada Padang 2024

“Tancapkanlah ke dalam hati, kita tidak sekadar mengantar ke KPU, tapi mengharapkan tujuan akhirnya kemenangan,” sambungnya lagi.

Anggota DPR RI dua periode itu menekankan pentingnya persatuan dan kerja keras para pendukung untuk mencapai tujuan akhir, yaitu kemenangan pasangan Hendri Septa dan Hidayat, demi kebaikan dan kemajuan Kota Padang.

“Mereka tidak akan lupa dengan bapak ibuk pendukung. Saya jaminannya nanti,” tuturnya.

Pasangan Hendri Septa dan Hidayat yang diusung oleh Partai PAN dan Gerindra dijadwalkan mendaftar sebagai kontestan Pilkada Padang 2024 ke KPU Padang hari ini. (*)

Kampung Lapai (Rangkiangnagari) - Program imunisasi Human Papiloma Virus (HPV) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengutamakan siswi sekolah dasar dalam upaya pemerintah untuk mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian akibat kanker serviks, serta menjaga masa depan anak perempuan Indonesia sehat dan terhindar dari kanker serviks.

Pada hari Kamis (29/8), Siswa SDN 06 Kampung Lapai diberikan suntikan Vaksin HPV (Human Papillomavirus Vaccine) oleh Puskesmas Kampung Lapai. Pemberian Vaksin HPV adalah salah satu jenis vaksin dalam program imunisasi wajib nasional, yang diberikan kepada anak perempuan dengan usia 11-12 tahun yakni usia kelas 5 dan kelas 6 yang diberikan sebanyak dua kali.

“Alhamdulillah, Pemberian vaksin HPV  di SDN 06 Kampung Lapai berjalan lancar dan aman. Sebelumnya, pihak sekolah mensosialisasikan terlebih dahulu kepada orang tua dan  responnya cukup mendukung. Kemudian vaksin ini diberikan secara gratis dari pemerintah, kata Kepala SDN 06 Kampung Lapai Ermawati kepada Mingguan Rakyat Sumbar.

Vaksinasi ini baik diberikan untuk anak-anak sekolah dasar yang belum aktif melakukan aktivitas seksual. Selain itu, anak memiliki sistem imunitas yang lebih baik dibandingkan orang dewasa.

"Para siswi kelas V akan mendapatkan dosis pertama, sementara siswi kelas VI menerima suntikan dosis kedua. Untuk dosis pertamanya sudah diberikan tahun lalu saat mereka masih kelas V," kata ungkapnya.

Selanjutnya ia mengucapkan terima kasih kepada Tim Puskesmas Kampung Lapai atas kerjasamanya, dan melaksanakan tugasnya dengan baik. Kita doakan bersama semoga siswa perempuan setelah diberikan vaksin HPV ini selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari kanker serviks, harapnya.(Ayu)

Jakarta (Rangkiangnagari) - Ketua Umum PWI Pusat Zulmansyah Sekedang menghadiri acara puncak Anugerah Jurnalistik Mohammad Hoesni Thamrin 2024, yang digelar Rabu (28/8) di Ruang Pola, lantai 2 Gedung Balai Kota, Pemprov DKI Jakarta. Hadir juga anggota Dewan Pers Tri Agung Kristanto, Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat Ilham Bintang, jajaran Pengurus PWI Pusat, serta para tamu undangan.

Tentu saja kehadiran mereka menambah kesemarakkan acara puncak Anugerah Jurnalistik MHT Award 2024 ini. Zulmansyah Sekedang, yang langsung datang dari kediamannya di Pekanbaru, Riau, mendapatkan kehormatan untuk memberikan trofi dan hadiah kepada pemenang salah satu kategori lomba.

Demikian juga dengan Tri Agung Kristanto dan Ilham Bintang. Wajah keduanya tampak berbinar-binar saat berada di tengah-tengah para pemenang.

“Selamat kepada para pemenang. Saya senang berada di acara ini, sebuah kegiatan yang sangat konstruktif. Saya ikuti setiap acara anugerah MHT Award. Luar biasa kolaborasi PWI DKI Jakarta dengan Pemprov DKI Jakarta ini,” tutur Ketua Umum PWI Pusat Zulmansyah Sekedang.

Tri Agung Kristanto hadir mewakili Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu. Wakil Pemimpin Redaksi Kompas tersebut juga mengaku senang karena wartawan dari Grup Kompas ikut menjadi yang terbaik di tiga kategori.

Anugerah Jurnalistik MH Thamrin Award adalah kolaborasi tahunan PWI Jaya dengan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistika (Diskominfotik) Pemprov DKI Jakarta.

Diskominfotik Pemprov DKI Jakarta memberi hadiah utama masing-masing Rp15 juta kepada pemenang utama setiap kategori. Sementara, untuk dua nominee dari ketujuh kategori, masing-masing mendapatkan Rp2,5 juta dari PWI Jaya.

Peserta MHT Award 2024 ini mencapai rekor. Panitia menjaring lebih dari 700 peserta sejak 31 Mei 2023 hingga 1 Juni 2024. Dari sekitar 700 karya jurnalistik yang terjaring, setelah beberapa kali tahapan seleksi, tersaring 21 nominee yang terbagi dalam tujuh kategori berbeda.

Anugerah Jurnalistik MH Thamrin 2024 ini menjadi lebih istimewa karena merupakan pemberian penghargaan bagi insan media Ibu Kota yang ke-50, menjadikannya tonggak sejarah dalam dunia jurnalistik Indonesia.

Ketua PWI Jaya, Kesit B. Handoyo, mengungkapkan rasa bangganya atas suksesnya penyelenggaraan MHT Award ke-50 tahun ini.

“Kami sangat senang dengan antusiasme yang ditunjukkan oleh rekan-rekan media. Gelaran ini menunjukkan betapa pentingnya apresiasi terhadap karya jurnalistik yang berkualitas,” ujar Kesit.

Panitia pelaksana MHT Awards 2024 juga berencana meningkatkan jumlah hadiah uang sebagai bentuk apresiasi lebih besar kepada para pemenang.

Dengan ini, MHT Awards 2024 tidak hanya menjadi ajang penghargaan, tetapi juga motivasi bagi para jurnalis untuk terus berkarya dan berinovasi.

MHT Award diharapkan dapat terus menjadi inspirasi bagi jurnalis di seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dan integritas dalam bekerja. (**01)

Solsel (Rangkiangnagari) - Dinas PariwisataKebudayaanPemuda dan Olahraga (DisparbudporaKabupaten Solok Selatan (Solselmenggelar kegiatan Bimtek penguatan lembaga adat dengan tema "Etika dan Estetika Padusi di Minangkabau" yang di ikuti oleh Bundo Kanduang dari 7 wilayah Kecamatan se-Kabupaten Solok Selatan, Selasa (27/8).

Dengan Nara sumber

Dari ninik mamak Sudirman Dt. Pagaruyuang

Dari Akademik Ibuk Leni Murni Hayati

 

Dalam sambutannyaKadis Parbudpora Pamil Ruskamdani menyoroti menurunnya etika gadis Minang di masa kinibanyak diantara mereka terpengaruh dengan kehadiran teknologi informasi yang menyebar luas tanpa filter. Namun Pamil menjelaskan hal itu tidak serta merta menyalahkan peran media sepenuhnya.

 

"Karena mau tidak mau kita butuh dengan media ituuntuk keterbukaan informasi, nah yang perlu disorot adalah bagaimana peran kita untuk mendidik generasi muda ini diarahkan ke sisi yang bermanfaat," katanya.

Dengan begitu diharapkan generasi emas 2045 dapat diwujudkan tanpa meninggalkan etika dan estetika budaya Minangkabau yang menjadi unsur penting dalam kehidupan bermasyarakat khususnya di Solok Selatan.

 

Dalam acara Bimtek Bundo Kanduang Kabupaten Solok Selatan Ketua PKK Solsel yang diwakili Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) SolselNyFitria Syamsurizaldi dalam sambutannya sekaligus membuka acara ini menjelaskan bahwa perempuan di Minangkabau disebut sebagai Bundo KanduangLimpapeh Rumah Nan Gadang.

 

Artinya Perempuan di Minangkabau memiliki kedudukan yang penting dalam kaum dan masyarakatBundo Kanduang memiliki peran penting dalam menjaga melestarikan adat dan budaya Minangkabau ditengah arus modernisasi yang semakin kuat.

 

"Kegiatan ini penting dalam mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi para anggota Bundo Kanduang dalam menjalankan tugaskita berharap kegiatan ini dapat memperkuat peran Bundo Kanduang yang bertujuan melestarikan nilai-nilai budaya daerah demi kemajuan bersama," katanya. 

Sudirman Dt. Pagaruyuan dari ninik mamak sebagai narasumber menyampaikan tentang Sumbang nan 12 Bagi bundo kanduang.

Sumbang 12 sendiri pengertianya adalah 12 prilaku yang sumbang atau tercelanamun belum bisa di katagorikan pada perbuatan salahartinya perbuatan ini tidak salah tapi jangal di mata orang MinangOleh karena itu di katakan sumbang 12.

Jika perempuan minang melakukanya maka dia akan di pandang aneh masyarakat dan biasanya akan  di tegur oleh orang tua.  Sumbang 12 ini tertulis sumbernya dari Tambo dan semacam nilai Adat yang dianut secara turun temurun berupa nasihat ayah yang sering diberikan kepada anak perempuanyaungkap Dt. Pagaruyuang.

 

Usai pemaparan dari nara sumber pertama yang akrab dipanggil Pak Datuaklangsung ditanggapi oleh Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) SolselNyFitria Syamsurizaldi dan mengajak seluruh Bundo Kanduang yang hadir untuk segera memulaimenggali dan mengkaji tradisi adat dan budaya beserta senikita hidupkan kembali mulai dari tingkat NagariKecamatankarena setelah kita dapat wejangan dari pemateri sesuai peran dan tugas bundo kanduang yang selama ini sudah mulai terabaikan.

 

Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) SolselNyFitria Syamsurizaldi menghimbau Setelah pelaksanaan Bimtek iniBundo Kanduang diharapkan bisa lebih percaya diri dalam membimbing anaksuku dan kaum serta nagari dalam melestarikan dan menjaga tradisi adat Minangkabau ini

 

"Mari kita tunjukan Solok Selatan adalah Kabupaten yang “welcome” maju dan melompat terhadap keanekaragaman dan mempunyai SDM budaya yang merupakan salah satu investasi di Negeri ini," tegas NyFitria Syamsurizaldi. (Dt)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.