Bawaslu Pessel Gelar Pelatihan Aparatur Pengawas Pemilihan dan Kesekretariatan

Painan (Rangkiangnagari) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menggelar, Pelatihan Aparatur Pengawas Pemilihan dan Kesekretariatan. Kegiatan berlangsung Rabu (14/8) di Hotel Saga Murni Sago, Kecamatan IV Jurai. 

Terlihat Hadir Ketua Bawaslu Pessel,  Afriki Musmaidi, LO Polres Pessel, LO Kodim 0311,Camat Sutera, Dalipal, Camat Lunang, Sunardi, Ketua dan Anggota Panwascam se Kabupaten dan undangan lainnya. 

Ketua Panitia Pelaksana, Ashari, dalam laporannya mengatakan. Pelatihan Aparatur Pengawas Pemilihan dan Kesekretariatan itu diikuti 112 orang peserta. Adapun mereka terdiri dari Ketua dan Anggota Panwascam se Kabupaten Pessel, dari unsur Media dan pihak terkait lainnya. 

Lanjutnya,tujuan pelatihan tersebut adalah, untuk meningkatkan tata kelola keuangan pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di lingkungan Bawaslu Pessel tahun Anggaran 2024. 

Ketua Bawaslu Pessel, Afriki Musmaidi. Dalam sambutannya mengharapkan. Pelatihan Aparatur Pengawas Pemilihan dan Kesekretariatan itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas Pengawasan dan Pengelolaan keuangan  dalam menyelenggarakan Pilkada 2024. 

Arifki Musmaidi menjelaskan jumlah dana yang dikucurkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pessel sebesar, 11 Miliyar 900 Juta rupiah. Dana itu untuk kegiatan Pengawasan selama tahapan Pilkada 2024 mendatang. 

"Diharapkan para petugas Panwascam agar dapat mengelola keuangan di kecamatan sebaik-baiknya," ujar Ketua Bawaslu Pessel Afriki Musmaidi. 

Ia mengingatkan agar Panwascam 

di setiap kecamatan juga melakukan rapat setiap Minggu. Dalam rapat tersebut dapat dilaporkan tentang penggunaan anggaran dalam setiap Minggu. Sehingga dengan demikian diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat tentang kegunaan dana. 

Kepada para pengelola keuangan Ketua Bawaslu Pessel Afriki Musmaidi juga masih minta, jangan pernah memotong Anggaran sepeserpun. 

"Jangan sukses dalam hal Pengawasan Pemilu saja tapi juga bagaimana Bawaslu dan Panwascam juga sukses dalam hal pengelolaan keuangan,"tuturnya. 

Terdapat dua orang nara sumber dalam Pelatihan Aparatur Pengawas Pemilihan dan Kesekretariatan itu. Yakni, Maidyo Rahmady Zen, dari BPKP Sumbar dan Mafral dari Bawaslu Provinsi Sumbar. (Dodi)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.