Kemenag Pessel Gelar Tasyakuran Pelaksanaan Ibadah Haji 1445 H/2024 M

Painan (Rangkiangnagari) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menggelar acara Tasyakuran Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun 1445 H/2024 M. Acara berlangsung Rabu (7/08/24) di Masjid Terapung Samudra Ilahi Painan. 

Hadir dalam acara tasyakuran tersebut, Bupati Pesisir Selatan diwakili, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Umum, Syahrizal Antoni, Kepala Kemenag, H. Abrar Munanda, unsur Forkopimda, Pengurus IPHI, Pimpinan BANK Nagari, BSI Syariah Cabang Pessel dan undangan lainnya. 

Sementara itu juga terlihat hadir sejumlah pejabat di lingkup Kemenag Pessel diantaranya, Ka Subbag TU, H Yossef Yuda, Kasi PHU, H. Betriadi, Kasi PD Pontren, H. Sudirman, para Kepala KUA, serta  sejumlah petugas dan jama'ah haji Pessel tahun 2024. 

Asisten 1 Bidang Pemerintahan,  Syahrizal Antoni. Dalam sambutanya menyampaikan permohonan maaf Bupati Pessel Rusma Yul Anwar yang tidak dapat hadir, karena sedang menghadiri acara Rapat Paripurna di Gedung DRPD Pessel. 

" Terlebih dahulu saya menyampaikan permohonan maaf Bapak Bupati Pessel sedianya beliau hadir dalam acara ini. Namun hari ini beliau juga harus mengikuti Rapat Paripurna di Gedung DRPD Pessel," ujar Asisten 1 Syahrial Antoni. 

Selanjutnya, atas nama Pemerintah Daerah Asisten 1 Syahrial Antoni mengapresiasi kinerja petugas dan penyelenggara haji, terutama para petugas haji Pesisir Selatan. Selama melaksanakan tugas mulai dari tanah air sampai ke tanah suci dan kembali lagi ke tanah air telah mengantarkan jama'ah dengan selamat. 

Kepala Kemenag Pessel, H. Abrar Munanda dalam sambutanya juga mengapresiasi petugas haji yang telah bekerja keras untuk membina serta memandu agar jama'ah dapat menunaikan ibadah haji dengan baik dan lancar. 

"Proses pelaksanaan ibadah haji mulai dari fase keberangkatan dan kepulangan hanya 42 hari. Namun para petugas dan penyelenggara bekerja hampir satu tahun dimulai persiapan dokumen, Visa, Bimbingan Manasik, pemeriksaan kesehatan dan keperluan lainnya. Justru itu kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya buat semua pihak yang sudah berpartisipasi," ujar H Abrar Munanda. 

Kasi PHU Kemenag Pessel, H. Betriadi dalam laporannya menyampaikan. Kegiatan Tasyakuran itu diselenggarakan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada para petugas dan penyelenggara haji atas kerja kerasnya untuk mensukseskan pelaksanaan ibadah haji. 

Mantan KUA Inovatif Tingkat Sumbar Tahun 2021 itu juga menyampaikan bahwa jama'ah calon haji Pesisir Selatan tahun 2024 berjumlah 144 orang dan satu orang meninggal dunia di tanah suci Mekkah. 

Pengurus IPHI Pessel, H. Arif Yumardi dalam kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih kepada semua petugas dan penyelenggara haji Pessel yang telah bekerja keras membimbing para jamaah. Sehingga jama'ah bisa menunaikan ibadah dan pulang dengan selamat. 

Kepada para jamaah haji H. Arif Yumardi menghimbau agar bisa bergabung dalam organisasi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Pesisir Selatan. 

Usai acara Tasyakuran dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, kepada para petugas haji. Piagam tersebut ditandatangani oleh Bupati Rusma Yul Anwar. Acara ditutup dengan sholat Zuhur berjamaah dan makan siang bersama di Masjid Terapung Samudra Ilahi tersebut. (Dodi)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.