Mengenal Zona Megathrust Mentawai Sumbar Bisa Picu Gempa M 8,9, di Mana Titik Lokasinya

PADANG (RangkiangNagari) - Baru-baru ini hadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan akan adanya potensi terjadinya gempa dahsyat.
Hal itu disampaikan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono dilansir dari YouTube Kompascom Reporter on Location, Rabu, 14 Agustus 2024

BMKG memperkirakan megathrust Mentawai Siberut berpotensi mengguncang wilayah Sumatera dengan kekuatan magnitudo hingga 8,9.

Lantas, di mana lokasi zona megathrust Mentawai Siberut?
Zona megathrust Mentawai Siberut sendiri merupakan zona tumbukan lempeng yang terletak di sepanjang batas barat Pulau Sumatera tepatnya barat Kepulauan Mentawai dengan kedalaman dangkal tsunami.
Ini merupakan hasil dari aktivitas subduksi atau pergerakan lempeng ndoaustralia ke arah utara dan menyusup ke bawah lempeng Eurasia.

Proses tumbukan ini bukanlah hal baru melainkan sudah sejak jutaan tahun lalu saat rangkaian pulau-pulau indah di Indonesia.

Terbentuk pergerakan ini dapat memicu aktivitas kegempaan pada segmen megathrust, atau patahan raksasa Mentawai Siberut yang perlu diwaspadai.
Bahkan rentetan gempa kecil dikhawatirkan juga dapat menggerakkan gempa bumi besar di segmen megathrust Mentawai Siberut yang sudah terkunci selama ratusan tahun


#Rn


Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.