Siswa SDN 06 Kampung Lapai Terima Imunisasi Kanker Serviks Perlindungan Bagi Generasi Muda

Kampung Lapai (Rangkiangnagari) - Program imunisasi Human Papiloma Virus (HPV) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengutamakan siswi sekolah dasar dalam upaya pemerintah untuk mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian akibat kanker serviks, serta menjaga masa depan anak perempuan Indonesia sehat dan terhindar dari kanker serviks.

Pada hari Kamis (29/8), Siswa SDN 06 Kampung Lapai diberikan suntikan Vaksin HPV (Human Papillomavirus Vaccine) oleh Puskesmas Kampung Lapai. Pemberian Vaksin HPV adalah salah satu jenis vaksin dalam program imunisasi wajib nasional, yang diberikan kepada anak perempuan dengan usia 11-12 tahun yakni usia kelas 5 dan kelas 6 yang diberikan sebanyak dua kali.

“Alhamdulillah, Pemberian vaksin HPV  di SDN 06 Kampung Lapai berjalan lancar dan aman. Sebelumnya, pihak sekolah mensosialisasikan terlebih dahulu kepada orang tua dan  responnya cukup mendukung. Kemudian vaksin ini diberikan secara gratis dari pemerintah, kata Kepala SDN 06 Kampung Lapai Ermawati kepada Mingguan Rakyat Sumbar.

Vaksinasi ini baik diberikan untuk anak-anak sekolah dasar yang belum aktif melakukan aktivitas seksual. Selain itu, anak memiliki sistem imunitas yang lebih baik dibandingkan orang dewasa.

"Para siswi kelas V akan mendapatkan dosis pertama, sementara siswi kelas VI menerima suntikan dosis kedua. Untuk dosis pertamanya sudah diberikan tahun lalu saat mereka masih kelas V," kata ungkapnya.

Selanjutnya ia mengucapkan terima kasih kepada Tim Puskesmas Kampung Lapai atas kerjasamanya, dan melaksanakan tugasnya dengan baik. Kita doakan bersama semoga siswa perempuan setelah diberikan vaksin HPV ini selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari kanker serviks, harapnya.(Ayu)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.