September 2024

Painan (Rangkiangnagari) - Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kembali meraih juara umum pada, Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) Ke-6 Tingkat Propinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2024.  Perhelatan akbar tersebut ditutup bupati diwakili Sekda Mawardi Roska, Minggu (15/9)di Masjid Akbar Baiturrahman Painan. 

Dalam sambutannya Sekda Mawardi Roska mengucapkan terima kasih yang tak terhingga pada jajaran Kanwil Kemenag Sumbar, Kemenag Pessel, dan segenap panitia yang telah bekerja keras mensukseskan Porsadin Ke-6 itu. 

"Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga pada jajaran Kanwil Kemenag Sumbar, Kemenag Pessel FKDT dan segenap panitia yang telah bekerja keras mensukseskan Porsadin Ke-6 ini," ujar Sekda Mawardi Roska. 

Selanjutnya, Sekda Mawardi Roska menyampaikan pesan pada santri dan kontingen yang berhasil menjadi juara, agar terus berdakwah. Hal itu sangat penting guna mewujudkan generasi muda yang islami di masa mendatang. 

"Anak-anak sekalian jangan hilang pahala karena piala. Juara bisa diraih hadiah akan habis, tetapi yang sangat diharapkan adalah dakwah secara terus menerus," tutur Mawardi Roska. 

Ketua DPW  FKDT Sumbar, Firdaus Gani dalam sambutannya mengucapkan apresiasi pada Panitia Porsadin Ke-6 yang berhasil menyelenggarakan acara itu dengan sukses. 

"Porsadin Ke-6 yang diselenggarakan ini merupakan yang terbaik yang pernah di gelar se Sumbar," ungkap Firdaus Gani. 

Justru itu segenap DPW FKDT Sumbar mengucapkan apresiasi dan terima kasih pada panitia dan semua pihak yang telah berpartisipasi untuk mensukseskan Porsadin ini. 

Sementara itu Ketua Panitia,  Zulfira Zaisal dalam laporannya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perjuangan dan kerja keras panitia selaku tuan rumah. Ia berharap ke depan kebersamaan dan keberhasilan yang sudah diraih dapat ditingkatkan lagi. 

Berikut urutan Peringkat Juara Porsadin Ke-6 Tingkat Sumbar di Kabupaten Pesisir Selatan yang digelar 13 hingga 15 September 2024. 

Juara Umum diraih Kabupaten Pesisir Selatan. Peringkat Kedua Kabupaten Agam dan Ketiga diraih Kota Payakumbuh. (Rn/Dd)

Pasaman (Rangkiangnagari) - Bupati Pasaman Sabar AS, memberikan hadiah secara pribadi Rp 5 Juta dan Rp 10 Juta dari dana Hibah Pemerintah Daerah (Pemda) melalui KONI Kabupaten pasaman "Sekaligus menutup Pertandingan Sepak Bola, Turnamen Muda Harapan Cup IV, Sungai Ranyah, Nagari Languang, Kecamatan Rao Utara, Sabtu (14/09/24)

"Ini turnamen yang sangat bergengsi, jaga terus persatuan, ini cermin suksesnya penyelenggaraan, cipatakan turnamen yang Tertib, Sukses dan Lancar, pinta Bupati Sabar AS. Saat memberikan sambutanya pada kegiatan tersebut.

Jadikan turnamen ini untuk mencari atlit yang berprestasi baik ditingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional, Pemda Pasaman mendukung penuh turnamen ini, terangnya.

Selanjutnya Sabar AS juga berpesan kepada pemenang,  jangan larut dengan kemenangan, jadikan kemenangan ini sebagai cambuk untuk lebih baik lagi.

Untuk kesebelasan yang belum menang saat ini, jangan patah semangat, teruslah berlatih agar dimasa mendatang bisa menjadi juara, sebut Bupati Sabar AS.

Turnamen ini merupakan Liga Antar Kampung (Tarkam) terbesar di Kabupaten Pasaman dengan diikuti sebanyak 62 Tim, kata M. Ali, ketua Pemuda Sungai Ranyah

Mewakili masyarakat Sungai Ranyah mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada Bupati Pasaman, atas dukungan penuhnya untuk kemajuan olahraga di Kabupaten Pasaman, khususnya Sungai Ranyah, kata Ketua Pemuda

Ini pertandingan badunsanak, menang terhormat kalah terpuji, katanya, mari kita jaga sportifitas olah raga, tambah Ali.

"Dalam pertandingan Sepak Bola Turnamen Muda Harapan Cup IV Sungai Ranyah, keluar sebagai juara pertama Persekora Koto Rajo sedang juara keduanya dari kesebelasan  Rumbio FC dengan skor 3-1.(Rn/Tio)

Solsel (Rangkiangnagari) - Martius secara resmi diusulkan menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan Defenitif untuk masa jabatan2024  2029.

Sementara David Tester didaulat menjadi Wakil Ketua II yang termasuk dalam Keputusan DPRD Solok Selatan Nomor : 18 Tahun 2024 tentang Penetapan Usul Peresmian Pengangkatan Ketua dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Solok Selatan Masa Jabatan Tahun 2024-2029.

Keputusan ini disetujui untuk diusulkan kepada Gubernur Sumatera Barat dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Solok Selatan dalam rangka pengumuman dan penetapan usulan Pimpinan Defenitif DPRD di Ruang Sidang DPRD Solsel di Golden Arm pada Sabtu (14/9).

 

Terlaksananya paripurna ini juga memastikan lembaga DPRD Solok Selatan akan memiliki kelengkapan unsur pimpinan tetap. Setelah sebelumnya juga telah diusulkan Musriwal sebagai Wakil Ketua I.

Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Solok Selatan yang diwakili Sekda kab Dr. Syamsurizaldi dan jajaran pejabat Pemkab Solok Selatan. (DT)

Painan (Rangkiangnagari) - Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) Ke-6 Tingkat Propinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) berlangsung meriah. Acara dibuka Gubernur, Mahyeldi Ansyarullah pada Sabtu (14/9) di Kawasan Wisata Pantai Carocok Painan. 

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Pessel diwakili Sekda Mawardi Roska. Ketua DPRD Pessel Darmansyah, Plh Kakanwil Kemenag Sumbar, H.Hendri Pani Dias, Kakan Kemenag Pessel di Wakili Kasubbag TU Yossef Yuda Pimpinan OPD Propinsi, OPD Pessel, Para Kasi dan ASN di lingkup Kemenag Pessel, BKMT, Panitia pelaksana, peserta dan undangan lainnya. 

Porsadin Ke-6 Tingkat Sumbar itu juga dihadiri Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) DPW FKDT Sumbar dan FKDT kabupaten/kota se Sumatera Barat. Ribuan masyarakat juga hadir dari berbagai daerah untuk menyaksikan acara itu. 

Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi Ansyarullah dalam sambutannya mengatakan. Hakikat Porsadin adalah untuk menghadirkan generasi yang berkualitas dan berakhlak yang nanti akan menjadi pemimpin di masa depan. 

"Kami Pemerintah Provinsi Sumbar menyambut baik Porsadin ini. Ini merupakan ajang untuk membentuk kaderisasi generasi muda Islam yang nanti mereka akan menjadi pemimpin di daerah dan bangsa ini," ujar Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah. 

Sebagai Pemerintah Propinsi Mahyeldi Ansyarullah memberikan Apresiasi terhadap segenap panitia, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pessel yang telah mensupport berlangsungnya Porsadin ini. 

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah memberikan bantuan dana senilai Rp 25 juta rupiah, untuk membantu anggaran kegiatan Porsadin tersebut. 

Bupati Pessel yang diwakili Sekda Mawardi Roska dalam sambutannya mengucapkan selamat datang pada semua kontingen dan tamu undangan di Kabupaten yang berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu. 

"Kami mengucapkan selamat datang di Kabupaten Pesisir Selatan pada semua peserta dan tamu undangan. Selamat menikmati keindahan alam kabupaten yang berjuluk Negeri Sejuta Pesona ini," ujar Sekda Mawardi Roska. 

Selanjutnya Sekda Mawardi Roska juga mengucapkan terima kasih, atas amanah sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Porsadin tersebut. 

Atas nama Pemerintah Daerah, Sekda Mawardi Roska juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras panitia dan semua pihak yang telah ikut mensukseskan pesta akbar Porsadin itu. 

Plh Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri Pani Dias dalam sambutannya mengatakan.Kamu tidak akan bisa memberi apa-apa jika kamu tidak punya apa-apa. Menurutnya, tanggung jawab Pendidikan Diniyah Takmiliyah adalah tugas semua kita untuk membangunnya. 

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Zulfira Zaisal, dalam laporannya mengatakan kegiatan Porsadin tersebut berlangsung sejak 13-15 September 2024. Kegiatan itu diikuti oleh 19 kabupaten/kota se Sumbar dengan peserta 719 orang yang terdiri dari peserta lomba pelatih dan ofisial. 

Zulfira Zaisal juga menyebutkan bahwa anggaran yang dipergunakan untuk kegiatan itu merupakan sumbangan dari masyarakat yang tidak mengikat. Seperti sumbangan dari lembaga TPQ, BKMT, tokoh masyarakat dan lainnya. (Rn/Dd)

Painan (Rangkiangnagari) - Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, diwakili Sekda Mawardi Roska menyambut kedatangan Kontingen Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) ke-6 yang berlangsung 13-15 September 2024. Kegiatan berlangsung Jum'at (13/09) di halaman Kantor Bupati setempat. 

Dalam sambutannya, Sekda Pessel, Mawardi Roska, mengucapkan selamat datang pada seluruh khafilah dari 19 Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat. 

"Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan selamat datang pada seluruh khafilah di Kabupaten Pesisir Selatan," ujar Sekda Mawardi Roska. 

Selanjutnya Sekda Mawardi Roska mengatakan hakekat dari Porsadin adalah untuk mempererat ukhuwah Islamiyyah. Semestinya porsadin menjadi sebuah ajang mencari kader generasi Islam berdasarkan kejujuran dan keikhlasan. 

"Kurang lebih lima juta penduduk Sumbar. Kalau di olahraga mencari 22 orang tidak sulit. Tapi justru sulit ketika kejujuran tidak ada. Dengan Porsadin ini semoga betul betul mencari kader yang bernafas Islam," tutur Mawardi Roska. 

Sementara itu Ketua Panitia Zulfira Zaisal,dalam laporannya mengajak para santri dan seluruh official serta pelatih untuk menyadari bahwa, porsadin merupakan ajang silaturahmi. 

Lanjut Zulfira Zaisal, hendaknya Porsadin ini tidak lagi memandang daerah kabupaten/kota, namun Sumbar. Mengingat Porsadin Tingkat Nasional sudah menunggu. Ia berharap hendaknya Sumbar bisa menjadi juara umum tingkat Nasional. 

Zulfira Zaisal juga menyebutkan,  Porsadin ke 6 tersebut diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se Sumatera Barat. Tidak ada kabupaten/kota terangnya yang tidak mengirim khafilah untuk mengikuti kegiatan itu. 

Penyambutan Kontingen Porsadin Ke 6 Tingkat Sumbar itu dihadiri Kakanwil Kemenag  Sumbar diwakili Ketua Tim Pendidikan Diniyah Takmiliyah H. Indra Gunawan.

Terlihat hadir, Kadis Pariwisata Pessel, Suhendri, Kakankemenag diwakili Kasubbag TU, Yossef Yuda, Kasi PD Pontren Sudirman, Kasi PHU, H. Betriadi, Kabag Kesra, para pengawas sekolah dan Madrasah, kontingen dan peserta Porsadin se- Sumbar. (Rn/Dd)

PADANG (RangkiangNagari) - Perolehan sementara medali PON XXI Aceh-Sumut 2024, Kamis 12 September 2024 pukul 08.00 WIB, Jawa Timur masih di puncak. Kontingen DKI Jakarta terus membayangi di peringkat kedua.

Hingga saat ini Jawa Timur sudah meraih 120 medali dengan rincian 51 emas, 32 perak, dan 37 perunggu. DKI Jakarta membuntuti Barat di peringkat kedua, mereka sudah mengoleksi 42 emas, 38 perak, dan 28 perunggu.

Disusul di posisi ketiga Jawa Barat. Jabar sudah meraih 124 medali dengan rincian ada 31 emas, 46 perak, dan 47 perunggu.

Posisi empat Sumut. Mereka total meraih 60 medali, dengan rincian 23 emas, 8 perak, dan 29 perunggu.
Tuan rumah lain dari PON XXI Aceh-Sumut 2024 pun harus turun ke peringkat lima. Aceh meraih 20 emas, 18 perak, dan 21 perunggu.
Sementara Sumbar berada di peringkat 23 dengan perolehan dua perak dan satu perunggu. Kemarin Sumbar pecah telur meraih medali emas PON melalui binaragawan Iwand Samurai

RANK KONTINGEN JUMLAH
1 Jatim 51 32 37 120
2 DKI Jakarta 42 38 28 108
3 Jabar 31 46 47 124
4 Sumut 23 8 29 60
5 Aceh 20 18 21 59
6 DIY 12 13 13 38
7 Lampung 10 10 11 31
8 Bali 9 10 14 33
9 Banten 9 5 13 27
10 Jateng 8 16 29 53

 

#Rn

Jakarta (RangkiangNagari) - Indonesia berada di posisi 133 peringkat FIFA, satu tingkat di atas Malaysia, setelah meraih dua kali hasil imbang pada laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Ragnar Oratmangoen dan kawan-kawan menempati posisi 133 dengan perolehan 1108,73 poin, unggul dari Malaysia dengan 1107,58 poin. Thailand menjadi negara Asia Tenggara dengan peringkat tertinggi di posisi 101 dengan perolehan 1218,56 poin.
Hasil imbang melawan Australia sempat membawa Indonesia naik ke peringkat 129 untuk sementara pada Rabu dini hari. Namun pasukan Shin Tae-yong itu kembali ke posisi 133 setelah negara anggota FIFA menuntaskan laga Kualifikasi Piala Dunia hingga Rabu siang ini.

Tim Garuda memang berpeluang untuk naik ke peringkat 129 dengan tambahan 15,45 poin, berkat dua hasil imbang atas dua negara yang memiliki posisi di atas Indonesia, yakni tambahan 6.88 poin setelah imbang 1-1 atas Arab Saudi dan tambahan 8,57 poin berkat seri 0-0 dari Australia.
FIFA akan mengumumkan peringkat terbaru pada Kamis (19/9).

Indonesia masih menjalani pertandingan yang masuk kalender FIFA pada gelaran putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada bulan Oktober, yakni bertolak ke Bahrain pada 10 Oktober kemudian bertandang ke China pada 15 Oktober.
Laga kandang Indonesia akan digelar pada 14 November dengan menjamu Jepang kemudian Arab Saudi pada 20 November.

Di peringkat dunia teratas terdapat Argentina yang menjuarai Copa America 2024 dengan koleksi 1901,48 poin.
Diikuti oleh Prancis yang berada di peringkat kedua meski hanya mampu jadi semifinalis di Piala Eropa 2024. Les Bleus kini mempunyai koleksi 1854,91 poin.
Juara Piala Eropa 2024, Spanyol memperoleh tambahan 105,75 poin dan kenaikan peringkat yang signifikan. La Roja yang sebelumnya berada di peringkat kedelapan kini berada di peringkat ketiga dunia dengan koleksi 1835,67 poin.
Di peringkat keempat terdapat Inggris yang menjadi finalis Piala Eropa 2024. The Three Lions kini mengoleksi 1812,26 poin.

 

#Rn

ACEH (RangkiangNagari) - Tambahan dua medali perunggu untuk Sumbar dihasilkan dari cabor Hapkido. Dua atlet yang sukses menambah pundi-pundi medali perunggu itu dihasilkan dari atlet putri Nadira Adilawati dan M. Ivan Febrian.

Berlaga di GOR KONI Aceh, Selasa (10/9) dan Rabu (11/9) Nadira Adilawati yang turun pada kelas 67 kg Middle Putri harus puas menempati posisi 3 usai dikalahkan atlet Sulawesi Utara dengan angka cukup telak 21-0.
Pertandingan Nadira Adilawati lawan Sulut itu disaksikan oleh Ketua Umum KONI Sumbar, Ronny Pahlawan. Walau hanya meraih medali perak Ompa -sapaan Ronny Pahlawan- cukup terharu dengan perjuangan Nadira.
"Perjuangan Nadira cukup bagus. Hanya saja kita harus mengakui atlet Sulut," ujar Ronny Pahlawan yang juga menambahkan, peluang menambah medali bagi Kontingen Sumatera Barat masih terbuka karena beberapa cabor andalan masih ada yang belum dipertandingkan.
Ompa juga berharap doa dan dukungan dari masyarakat Sumbar agar Kontingen Ranah Minang bisa menamba pundi pundi medali.

Peraih medali emas pada kelas 67-72 kg ini dibukukan atlet Bangka Belitung dan medali perak oleh kontingen Sulawesi Utara.

Tambahan satu perunggu lainnya dihasilkan dari M. Ivan Febrian. Bertanding di nomor Nakboap High Jump pada Rabu (11/9) M. Ivan Febrian meraup medali perunggu. Pada hari kemaren itu ada dua petarung Sumbar tampil. Selain, M. Ivan Febrian ada juga Ario Kevin Safitra yang turun di nomor Hyung Putra. Sayang, Ario Kevin Safitra hanya menempati posisi 7.


#Rn


Jakarta (RangkiangNagari) - Tim nasional Indonesia berhasil mengimbangi Australia tanpa gol pada laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa, yang dihadiri 70.059 penonton.

Keberhasilan Indonesia (peringkat 133 FIFA) menahan seri Australia yang berperingkat 24 FIFA menjadi yang pertama sejak 2009. Indonesia pun kini sudah meraup dua poin dari dua laga di Grup C.

Pada babak pertama, Indonesia yang kembali diperkuat pemain-pemain seperti saat menahan imbang Arab Saudi 1-1 pada laga pertama Grup C kecuali Thom Haye dan Witan Sulaeman yang digantikan Justin Hubner dan Marselino Ferdinan, langsung tampil menekan.

Belum ada satu menit laga dimulai, Indonesia sudah membuat dua tembakan tepat ke gawang Australia melalui Sandy Walsh dan Rafael Struick yang ditepis oleh kiper Mathew Ryan.
20 menit kemudian, giliran Indonesia yang mendapatkan tekanan, ketika percobaan bek Harry Souttar mampu diblok oleh penjaga gawang Indonesia Maarten Paes.
Paes yang menjalani laga perdananya di SUGBK kembali melakukan penyelamatan dua menit kemudian, lagi-lagi dari percobaan Souttar dalam situasi tendangan sudut.

Selanjutnya, Indonesia terus tertekan. Menit ke-34, bola tendangan pemain sayap Australia Nestroy Irankunda membentur tiang kiri gawang Paes.

Namun, satu menit berselang, Maarten Paes lagi-lagi tampil gemilang dengan menghalau bola sepakan Craig Goodwin dari jarak dekat pada menit ke-35, membuat gawang skuad Garuda tetap aman hingga turun minum.
Pada babak kedua, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Witan Sulaeman menggantikan Rafael Struick untuk menambah daya gedor.

Hasilnya, Indonesia memang tampil lebih menggigit, di mana Marselino sempat melakukan tendangan pada menit ke-56 tetapi melambung.

 

#Rn

MEDAN (RangkiangNagari) - Akhirnya, setelah beberapa hari puasa medali emas, Muswar alias Iwand Samuray dari cabang olahraga Binaraga membuka keran medali emas Sumatera Barat di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Tampil di kelas 75 Kg, Iwan Samurai selaku juara bertahan di kelasnya mampu menyingkirkan sederet pesaing pada pertandingan kedua Cabor Binaraga yang dipertandingkan di Four Point Hotel, Medan.
Sejak naik podium di babak final, Iwand Samuray memang diunggulkan meraih medali bergengsi di kelas ini.
Untuk diketahui, emas Iwan Samurai pada PON 2024 ini merupakan medali emas keempat setelah PON 2012 Riau, PON 2016 Jabar dan PON 2021 Papua.

"Terimakasih atas dukungan semua pihak. Saya bersyukur kembali mendapat mendali emas di PON kali ini," ujarnya.
Ucap Syukur

Ketua KONI Sumbar Ronny "Ompa" Pahlawan bersyukur dengan raihan emas pertama Sumbar di PON Aceh-Sumut.
"Alhamdulillah, binaraga menyumbang medali emas perdana Sumatera Barat."

"Semoga medali emas binaraga ini menjadi motivasi bagi atlet Sumbar yang lain untuk mengikuti jejak binaraga dalam meraih medali bergengsi," pungkasnya.
Sementara itu, Kadispora Sumbar itu Maifrizon yang menyaksikan langsung penampilan Iwan Samurai mengapresiasi capaian binaraga sebagai penyumbang medali emas perdana Ranah Minang.
"Sejak awal saya sudah yakin Iwand Samuray meraih medali emas. Alhamdulillah doa kita bersama terkabul," pungkasnya.

 

#Rn

Payakumbuh (RangkiangNagari) - Pj. Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno bersama kepala dinas kesehatan Wawan Sofianto sambut kedatangan kepala BPOM di Payakumbu, Iswadi beserta rombongan di ruang kerja, kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu (11/9/224).

Kedatangan kepala BPOM bersama rombongan selain bersilaturahim juga sekaligus mempererat dan memperkuat Sinergitas antara BPOM dan Pemko Payakumbuh kedepan.

Diawal penyampaiannya, Iswadi perkenalkan diri beserta rombongan kepada Pj. Wali Kota Payakumbuh, serta sampaikan rasa terimakasihnya atas sambutan hangat yang diberikan Pj. Wali Kota Payakumbuh.

Lebih lanjut, Iswadi menuturkan, selain untuk bersilaturahim, ia menyatakan jika BPOM juga siap bersinergi untuk pengawasan produk makanan, obat-obatan maupun produk kosmetik yang beredar di Kota Payakumbuh.

Setelah mendengarkan maksud dan tujuan audiensi dari Iswadi, Pj. Walikota, Suprayitni menyambut baik serta mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPOM di Payakumbuh Iswadi beserta rombongan yang telah bersedia untuk datan dan bersilaturahim bersama dirinya dan kepala Dinas kesehatan Wawan Sofianto.

Sementara itu, Suprayitno sangat menyambut baik atas maksud dan tujuan dari BPOM serta nyatakan akan memberikan dukungan dan siap bersinergi bersama BPOM di Payakumbuh demi keamanan produk-produk yang beredar di Kota Payakumbuh.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan audiensi silaturahmi ini akan dapat menjalin komunikasi dengan baik dikemudian hari,” ujar Suprayitno.

Selain itu, Suprayitno juga meminta kepada BPOM di Payakumbuh kedepannya untuk dapat berperan aktif untuk kemajuan kota Payakumbuh kedepan.

“Termasuk juga yang masih sering ditemukan dilapangan masih banyak terdapat data yang tidak bersifat satu data. Jadi, hal ini membuat ambigu info yang diterima. Dan semoga kedepan terkait hal ini dapat memiliki akses untuk satu data demi kepentingan kota semua,” tutupnya. 


#Rn

Payakumbuh (RangkiangNagari) – Gedung Layanan Perpustakaan Kota Payakumbuh segera dapat digunakan masyarakat setelah pengerjaan renovasi dari Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah selesai.

Pj Wali Kota Payakumbuh Suprayitno mengatakan renovasi gedung merupakan salah satu upaya dari Pemerintah untuk dapat meningkatkan layanan publik dan meningkatkan literasi.

“Tentu dengan renovasi ini yang diharapkan agar literasi kita meningkat, masyarakat kita lebih nyaman dan sering datang ke perpustakaan,” ujar Suprayitno saat melakukan monitoring renovasi Gedung Pelayanan Perpustakaan.

Ia mengatakan upaya meningkatkan literasi masyarakat merupakan salah satu bagian dari pengembangan sumber daya manusia di Payakumbuh.

Ia mengatakan bahwa saat ini yang sudah diselesaikan adalah renovasi gedung namun untuk proses lainnya seperti penyusunan buku dan hal lainnya belum diselesaikan sehingga belum dapat dimanfaatkan.

“InsyaAllah beberapa waktu ke depan semuanya dapat selesai dan dapat dinikmati masyarakat kita dan kunjungan ke perpustakaan akan meningkat signifikan. Harapannya tentu tidak hanya pelajar namun dari seluruh kalangan usia,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Kota Payakumbuh Prima Yanuarita mengatakan Perpustakaan Kota Payakumbuh yang terletak di eks Kantor Balai Kota Payakumbuh Bukik Sibaluik memiliki buku sebanyak 26 ribu eksemplar.

“Selain itu juga ada e-Book. InsyaAllah gedung kita yang baru selesai direnovasi dapat segera diresmikan dan digunakan masyarakat,” katanya didampingi Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Joni.

 

#Rn

Payakumbuh (RangkiangNagari) – Pj. Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, turun langsung memimpin aksi gotong royong bersama dinas terkait di kawasan wisata strategis Batang Agam, Rabu (11/09/2024).

Kegiatan yang melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Lingkungan Hidup, serta Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga ini difokuskan untuk membersihkan sampah di sekitar kawasan Batang Agam, sebagai langkah awal menuju target menjadikan Payakumbuh sebagai kota bebas sampah.

Suprayitno menegaskan pentingnya menjaga kebersihan di kawasan ini, mengingat Batang Agam memiliki potensi besar sebagai pusat wisata yang ramai dikunjungi warga lokal maupun wisatawan.

“Permasalahan sampah di Payakumbuh harus menjadi perhatian utama. Ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga seluruh masyarakat,” kata Pj. Wali Kota Payakumbuh Suprayitno.

“Saya dititipkan pesan oleh Bapak Sekjen Kemendagri, bahwa Payakumbuh harus prioritaskan kebersihan. Kawasan Batang Agam memang di bawah kewenangan BWS V, namun kita yang menikmatinya, masyarakat Payakumbuh. Jadi, menjaga kebersihan adalah tanggung jawab kita semua,” tukuknya.

Dalam kegiatan tersebut, puluhan personel dari berbagai dinas, termasuk Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup, dikerahkan untuk membersihkan sampah-sampah plastik, daun kering, dan limbah lainnya yang mengotori kawasan Batang Agam.

Suprayitno juga mengajak seluruh komponen masyarakat, terutama mereka yang memanfaatkan kawasan Batang Agam, seperti pedagang kaki lima, pengunjung, serta komunitas olahraga yang sering menggunakan area tersebut, untuk lebih sadar dalam menjaga kebersihan.

“Saya harap, ini menjadi momentum bagi semua pihak untuk lebih peduli. Kita tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah. Jika semua pihak, mulai dari dinas hingga masyarakat, bersinergi, saya yakin Payakumbuh bisa menjadi kota yang bersih dan nyaman, serta menjadi destinasi wisata yang menarik,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, salah seorang warga menyampaikan usulan kepada Suprayitno untuk menambah fasilitas tempat sampah di sekitar kawasan Batang Agam.

“Agar lebih mudah bagi petugas kebersihan untuk memungut sampah, kami berharap ada penambahan tempat sampah khusus di beberapa titik,” kata dia.

Merespons masukan ini, Suprayitno langsung meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PUPR untuk meninjau dan mengkaji penempatan tempat sampah di lokasi-lokasi strategis, guna memudahkan pengelolaan sampah di kawasan tersebut.

Ia juga berharap, kegiatan gotong royong ini tidak hanya dilakukan sesekali, melainkan menjadi agenda rutin yang melibatkan seluruh elemen masyarakat.

“Saya optimis, dengan semangat gotong royong dan komitmen bersama, kita bisa mewujudkan Payakumbuh sebagai kota yang bersih dan bebas sampah. Hal ini tentu akan berdampak positif bagi sektor pariwisata, yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Aksi gotong royong tersebut berlangsung selama beberapa jam dengan antusiasme tinggi dari seluruh peserta. Selain membersihkan sampah, tim juga merapikan beberapa fasilitas umum di sekitar Batang Agam.

Suprayitno menutup kegiatan dengan harapan besar agar gotong royong ini terus berlanjut dan menjadi budaya di Kota Payakumbuh.

“Apa yang kita lakukan hari ini mudah-mudahan bernilai ibadah, dan menjadi langkah awal menuju Payakumbuh yang lebih bersih dan hijau,” pungkasnya.

 

#Rn

Payakumbuh (RangkiangNagari) - Tim Penggerak Pemberdayaan kesejahteraan Keluarga (TP- PKK) se-Kota Payakumbuh mengikuti Pembinaan/Bimbingan Teknis dari TP PKK Provinsi Sumatera Barat di Aula Ngalau Lt 3 Balai Kota Payakumbuh, Selasa (10/9/2024).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Fitria Amalia Audy dan turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh diwakili Asisten I Dafrul Pasi, Pj Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Elfriza Rida beserta jajaran, dan pimpinan OPD se Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Asisten I Dafrul Pasi menyampaikan Pemko Payakumbuh mengucapkan terima kasih dan sangat menyambut baik kegiatan tersebut.

“Pembinaan atau Bimtek ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kinerja TP-PKK Payakumbuh. Bukan tanpa sebab, 10 program pokok PKK mencakup seluruh lini kehidupan masyarakat terutama program nasional seperti stunting, inflasi, dan kemiskinan ekstrem,” ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Dafrul, apabila 10 program pokok PKK sudah membudaya, maka PKK dapat menjadi pilar yang kokoh.

“TP-PKK Payakumbuh telah banyak bersinergi dengan perangkat daerah terkait pembinaan karakter, pendidikan dan ekonomi, penguatan ketahanan, serta kesehatan keluarga dan lingkungan,” ungkapnya.

Dikatakannya, salah satu hasil yang dapat dilihat adalah banyaknya penghargaan yang diterima oleh Payakumbuh dalam beberapa kurun waktu terakhir.

“Per Juli 2024 kasus stunting di Payakumbuh turun menjadi 190 kasus, keberhasilan menurunkan angka stunting ini juga menghantarkan kita sebagai penerima dana insentif fiskal sebesar 5,58 milyar beberapa waktu lalu,” bebernya lagi.

Tak hanya itu, Kota Payakumbuh menjadi yang terbaik dari 19 Kab/Kota di Provinsi Sumatra Barat melalui penghargaan Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) se Nasional.

“Karena vitalnya peran PKK tersebut, Pemko berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan PKK baik secara moril maupun materil. Besar harapan kami TP-PKK Payakumbuh dapat terus berkolaborasi untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Melalui bimtek ini, Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar Ny. Fitria Amalia Audy berharap PKK dapat menyosialisasikan, mengedukasi masyarakat supaya paham tentang pstunti PKK termasuk bagaimana mencegah stunting, kemiskinan ekstrem, dan inflasi.

“Tadi saya mendengar Payakumbuh sukses menyabet penghargaan Insentif Fiskal dan iBangga, luar biasa, saya yakin hal ini tentu tak terlepas dari kontribusi PKK,” tuturnya bangga.

Dirinya berharap semoga setiap program unggulan yang telah dirancang TP-PKK Payakumbuh dapat dilaksanakan dengan baik dan semestinya. Sehingga dapat memberikan dampak positif baik bagi pemerintah maupun masyarakat.

“Saya berharap TP-PKK Kota Payakumbuh nantinya melakukan pembinaan ulang secara berjenjang kepada PKK Kecamatan, Kelurahan, RT/RW, hingga kelompok dasa wisma, sehingga pemahaman tentang PKK ini akan merata di Sumbar,” tutupnya dengan penuh harap.

Usai kegiatan seremonial acara dilanjutkan dengan ekspos singkat dari Pj Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Ny. Elfriza Rida terkait program dan inovasi yang telah dilaksanakan. Dilanjutkan dengan pembentukan kelompok diskusi dengan Pengurus PKK Provinsi.

 

#Rn

Padang (Rangkiangnagari) - Di tengah merebaknya isu adanya pembatasan pembelian bahan bakar minyak atau BBM bersubsidi bagi konsumen pemilik kendaraan berdasarkan CC serta merek membuat Sales Area Manager (SAM) Pertamina cabang Sumbar turun tangan ke lapangan, guna mengklarifikasi isu itu 

Narotama Aulia Fazri SAM Pertamina cabang Sumbar menyambangi kantor PWI Sumbar untuk memberikan penjelasan seputar itu tersebut Selasa (10/9) di Padang.

Menurut Naro demikian ia biasa dipanggil hingga saat ini  belum ada regulasi resmi yang membatasi pengisian BBM itu. Bahkan, pembelian BBM bersubsidi dari berbagai CC dan merek kendaraan, masih dilayani di Stasiun Pengisian BBM Umum atau SPBU sampai saat ini.

Naro menegaskan bahwa isu pembatasan pembelian BBM jenis pertalite tergantung merk dan CC kendaraan adalah hoax. Tidak benar. Yang perlu diperlukan sekarang adalah kesiapan konsumen, agar mendaftarkan kendaraan dan pemiliknya, guna dapat kode QR atau QR code.

Sampai sejauh ini menurut Naro, pemerintah belum memberlakukan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi seperti pertalite kepada masyarakat.

Informasi yang beredar tentang adanya pembatasan pembelian pertalite untuk jenis kendaraan dan CC tidak benar. Sampai saat ini, tidak ada kebijakan dari pemerintah yang membatasi pembelian BBM bersubsidi," jelas Naro saat acara silaturrahmi dan sosialisasi tentang BBM di kantor PWI Sumbar.

Ketua PWI Sumbar, Widya Navies, Sekretaris PWI, Firdaus Abie, Bendahara Reviandi serta Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) hadir pada acara itu.

Disamping itu juga tampak Sekretaris DK PWI Sumbar, Emil Mahmudsyah, anggota Devy Diani, Zamri Yahya dan pengurus PWI lainnya. Sejumlah wartawan dari berbagai media, termasuk surat kabar harian, elektronik dan media online. 

Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan klarifikasi dan informasi terbaru mengenai kebijakan BBM serta menjawab berbagai pertanyaan yang berkembang di masyarakat.

Naro menambahkan, Pertamina terus berkomitmen untuk memastikan pasokan BBM, termasuk Pertalite, tersedia secara merata dan cukup bagi masyarakat. 

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak terpengaruh oleh informasi yang belum terverifikasi dan selalu merujuk pada sumber resmi untuk mendapatkan informasi yang akurat.

Pada kesempatan sama, Naro juga menjelaskan beberapa langkah yang diambil oleh Pertamina untuk memastikan distribusi BBM bersubsidi berjalan dengan lancar. 

Pertamina terus memantau dan mengevaluasi kebutuhan BBM di setiap daerah serta berkoordinasi dengan pemerintah dan pihak terkait untuk mengatasi potensi masalah dalam distribusi.(*01).

Dharmasraya (Rangkiangnagari) - Saat ini diperlukan berbagai sarana pengembangan literasi bagi siswa.  Sebab mustahil bagi siswa mendapatkan banyak referensi ilmu bila sumber bacaan tidak memadai.

Salah satu media penunjang ke arah itu adalah surat kabar daerah. Di antaranya memuat informasi tentang peristiwa, budaya dan isu-isu lokal yang sedang terjadi. 

Artinya dapat dikata media ini seperti jendela, dengan satu kali buka, maka terlihat banyak hal yang sedang terjadi di sekitar.

"Benar, koran atau surat kabar seperti jendela.  Saat dibuka, kita disajikan dengan berbagai informasi yang dikemas dalam bentuk pemberitaan," kata Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya Riwahono di Pulau Punjung, Rabu 28/08/2024 kemaren.

Lebih lanjut dijelaskan Riwahono, bahkan untuk mendapatkan banyak sumber informasi dan referensi bisa memiliki lebih dari satu media 

"Kita saat menjadi kepala sekolah, malahan sampai berlangganan tiga media cetak," imbuhnya lagi.

Namun beda hal dengan apa yang dilakukan oleh salah seorang oknum Plt. Kepala Sekolah SMPN 2 Sitiung Yulia Indriani yang secara sepihak memutuskan kontrak sebuah surat kabar yang sudah bertahun tahun menjadi langganan sekolah itu.


Ketika ditanya apa penyebabnya diputus dengan nada enteng beliau enjawab, tidak berlanggaran koran lagi. Dan diganti dengan majalah.

" Kita tak bisa lagi membayar korannya pak, sebab diganti dengan majalah," sebut oknum Plt kepala sekolah SMP itu melalui bendahara sekolanya.

Hebatnya lagi, pergantian sumber bacaan yang memiliki banyak pengetahuan umum ini, bawa-bawa nama Kadis Pendidikan Kabupaten Dharmasraya.

"Majalah tersebut adalah rekom dari pihak Dinas Pendidikan Kabupaten," imbuhnya

Ketika kasus ini di konfirmasi  kepada Kadis Pendidikan Dharmasraya, Bobby Perdana P Reza beliau kaget dan membantah bahwa itu tidak benar.

"Berita rekom-rekom yang bawa nama Kadis Pendidikan itu nggak benar, itu hoax.Dinas Pendidikan nggak boleh berbisnis di sekolah," tegas mantan Kadis Sosial Dharmasraya, Jumat, 16 /08/2024, di Pulau Punjung melalui Handphone nya.(Sutan)

Lima Puluh Kota (RangkiangNagari) - Masyarakat Talaweh, Nagari Labuah Gunuang terlihat memadati halaman mesjid Istiqomah pada hari Minggu (08/09/2024). Antusiasme warga tersebut disebabkan perayaan Khatam Al-Qur'an bagi para santri Taman Pendidikan Qur'an Al-Mudayat. Alek gadang masyarakat Talaweh itu dibuka langsung Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo didampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

Dalam sambutannya, Bupati Safaruddin berharap perayaan khatam Al-Qur'an dapat melahirkan generasi muda Qur’ani dan dapat menjadi filter yang akan membentengi anak-anak serta generasi muda dalam membedakan mana yang baik dan yang buruk di era perkembangan teknologi serta menghadapi bonus demografi. “Kita menginginkan semangat tersebut terus dikobarkan demi terciptanya calon-calon pemimpin yang religius di masa depan. Pemerintah Nagari dan Niniak Mamak harus turut serta dalam mendukung setiap inovasi yang dilahirkan dari pemikiran-pemikiran anak maupun kemenakannya. Pemerintah daerah (Pemda) berkomitmen akan mendukung penuh program nagari dalam peningkatan sumber daya manusia," terang Bupati Safaruddin.

Dengan pelaksanaan Khatam Al-qur’an ini kata Bupati Safaruddin hendaknya anak-anak lebih bersemangat lagi mengaji bahkan kedepannya bisa menjadi penghafal Al-Qur’an yang handal dan betul-betul menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

Di bagian lain sambutannya Bupati Safaruddin mengatakan Pemerintah daerah memberikan perhatian yang lebih terhadap kegiatan keagamaan. "Salah satu kebijakan yang akan lahir kedepannya adalah setiap siswa SD maupun SMP di Lima Puluh Kota harus hafal minimal Juz 30 dan di akhir tahun 2024. Selain itu, Bupati Safaruddin menyampaikan, Pemkab telah memprogramkan para guru MDTA dan Garim Mesjid disamping honor juga dibayarkan premi BPJS Ketenaga Kerjaan dengan lembayarannya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota," ulas Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Wali Nagari Labuah Gunuang mengapresiasi perhatian Bupati Safaruddin terhadap kegiatan-kegiatan keagaaman yang didukung penuh Program Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota. Khairul Hadi melaporkan sejumlah program Pemkab telah dilaksanakan Pemerintah Nagari diantaranya pendirian Rumah Tahfidz di Jorong Kayu Tanam dengan siswa 150 anak dan di Jorong Lareh Nan Panjang dengan 75 siswa. "Selain itu, program lain yang dilaksanakan pemerintah nagari adalah penyaluran kartu BPJS gratis bagi masyarakat miskin hingga pembagian honor garim masjid dan guru-guru ngaji se Nagari Labuah Gunuang," ungkap Khairul Hadi. Khairul Hadi berkomitmen penuh mendukung program pemerintah.


#Rn


Lima Puluh Kota (RangkiangNagari) - Ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Masyarakat Jorong Bukit Talao, Nagari Gunuang Malintang, Kecamatan Pangkalan akhirnya dapat menikmati jalan mulus dari kampung mereka menuju pusat nagari maupun menuju ruas jalan provinsi  Pangkalan-Kapur IX. Berpuluh tahun jalan sepanjang 4 KM itu diharapkan masyarakat Bukit Talao untuk segera di 'aspal beton' akhirnya di tahun 2024 ini dapat terealisasi. Sebagai Bentuk syukur atas diwujudkannya keinginan warga kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Masyarakat Bukik Talao menggelar syukuran pada Sabtu, (07/09/2024).

“Alhamdulillah, ruas jalan yang selama ini diharapkan masyarakat Bukit Talao baru tahun ini dapat kami realisasikan. Semoga dapat dimaksimalkan masyarakat dalam menunjang akvitas keseharian untuk meningkatkan perekonomian di Nagari Gunuang Malintang," ucap Bupati mengawali sambutannya.

Bupati menjelaskan, perbaikan infrastruktur jalan merupakan prioritas daerah setelah pembangunan sumber daya manusia, sebagaimana yang dijanjikan. "Misi daerah pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) juga menyebutkan perlu ditingkatkan pembangunan infrastruktur secara terpadu yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan kualitas kehidupan yang lebih baik," sambung mantan Ketua DPRD itu.

Peningkatan infrastruktur jalan dilakukan melalui peningkatan spesifikasi ruas jalan dan jembatan mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi kawasan unggulan, pengembangan wilayah, aspek kebencanaan serta mendukung proyek nasional di daerah.

“Perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan ditujukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis nagari dan sekali lagi ini merupakan prioritas daerah, sehingga kita tak ingin pekerjaannya nanti tidak maksimal,” ungkap Safaruddin.

Ia menambahkan, Kecamatan Gunuang Malintang selain kawasan unggulan pertanian gambir, sinkronisasi program/kegiatan infrastruktur dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, wilayah ini memberikan dampak berganda tidak saja kelancaran mobilitas orang, barang dan jasa juga akan memicu perkembangan wilayah dan kepariwisataan.

“Pada dasarnya kita ingin menyentuh peningkatan infrastruktur di seluruh nagari, sebab bagi Lima Puluh Kota, nagari merupakan poros pembangunan, ini akan kita laksanakan secara bertahap,” imbuh Bupati Safaruddin.

Ia berharap masyarakat nantinya dapat menjaga fasilitas yang dibangun ini dengan baik. ”Semoga jalan yang dibangun dari Koto Masjid- Bukik Talao ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan-pembangunan lainnya dapat kami lanjutkan kedepan yang akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat Gunuang Malintang,” harapnya.

Syafrial, tokoh masyarakat Bukit Talao yang berkesempatan memberikan sambutan tidak mampu menyembunyikan kebahagiannya. Dikatakannya, hampir 20 tahun masyarakat menginginkan jalan di Bukik Talao ini di aspal hotmix, namun kepastian untuk pembangunan jalan itu sebelumnya tak kunjung didapatkan, meski berulang kali telah memberikan proposal untuk pembangunan jalan.

“Pada pemerintahan Bapak Safaruddinlah pembangunan jalan ini akhirnya diaspal. Kami pantas mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada bupati Safaruddin, ” ujarnya dan meyakini, pembangunan- pembangunan ini nantinya akan berkelanjutan di Nagari Gunuang Malintang.

Tak jauh berbeda dengan Syafrial, Trimah, 58 Tahun, warga Temanggung, Jawa Tengah yang ikut program transmigrasi dan telah bermukim di Jorong Bukit Talao semenjak tahun 1985 itu juga sumringah kala Bupati meresmikan secara resmi jalan ruas. "Hampir 40 tahun kami mengikuti program transmigrasi, akhirnya ruas jalan yang kami lalui setiap hari dan sebagai urat nadi perekonomian Jorong Bukit Talao dusentuh Pemerintah Kabupaten Lima. Sebagai masyarakat Jorong Bukit Talao kami mengucapkan terima kasih atas perhatian yang Bupati Safaruddin berikan," ungkap Trimah. Trimah juga menitip pesan, agar perhatian Pemkab Lima Puluh Kota menyentuh sektor lainnya seperti jaminan kesehatan gratis, beasiswa pendidikan, hingga program pemberdayaan masyarakat.

 

#Rn

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.