Blusukan Erman - Heldo, Disambut Hangat Warga Manggih

Bukittinggi (Rangkiangnagari) - Blusukan, mengunjungi warga masyarakat terus dilakukan Pasangan Calon (Paslon)  Walikota Bukittinggi, Erman Safar - Heldo Aura Dt. Sampono Rajo. Paslon nomor urut 3 dari 4 pasang peserta kontestasi Walikota Bukittingi,  Kamis (24/10/24) blusukan ke Kelurahan Manggih Gantiang. 

"Seperti hari-hari sebelumnya, kita  bertemu warga, bertegur-sapa, minta didoakan dan mendengar masalah serta harapan masyarakat," kata Erman Safar didampingi Heldo Aura, kepada tim menjelang mulai blusukan. Kemudian bersama membaca ummul quran dan diakhiri salam tumpuk.

Blusukan Erman Safar, berdampingan dengan Heldo Aura, dimulai dari titik Simpang Bypass Manggih, menyusuri rumah-rumah warga. Kawasan Manggih terbagi dua; Manggih Bawah dan Manggih Atas. Erman merasakan sambutan warga yang ditemui begitu hangat dan antusias. 

Setiap bertemu warga, Erman Safar srlalu menanyakan kondisi, keadaan penduduk dan mendengarkan saat warga menyampaikan sesuatu. Di salah satu rumah warga yang ditemui, Erman Safar menyampaikan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, yang iuran bulanannya dibayarkan Pemerintah Kota (Pemko). 

"BPJS ibuk yang dibayarkan Pemko sudah aktif, kan?" tanya Erman Safar. Ibu yang ditanya menjawab: "Belum pak."  Kemudian Erman Safar meminjam KTP warga tersebut, dan mencek aplikasi BPJS melalui HP. 

"Sudah aktif BPJS ibu. Ada lima jiwa yang dibayarkan Pemko dalam keluarga ibu," kata Erman Safar sambil melihatkan aplikasi. "Oh, terimakasih pak Wali, terimakasih," seru ibu tersebut.

"Ya buk, tapi tetap dijaga kesehatan keluarga ya, bu," pesan Erman Safar. 

Salah satu program Pemko Bukittinggi yang dipimpin Erman Safar, adalah membantu meringankan beban biaya kesehatan masyarakat. Tidak kurang 28 ribu jiwa warga kota telah dibayarkan iuran BPJSnya. 

"Dalam visi misi kami periode kedua, lima tahun ke depan, program bantuan iuran BPJS bagi warga kurang mampu tetap dilanjutkan," ujar Erman Safar.

Blusukan paslon Erman Safar - Heldo Aura, yang dimulai sekitar pukul 10.30 WIB itu, rombongan menyusuri jalan lingkungan di antara satu rumah ke lain rumah warga yang cukup rapat. Juga ada banyak rumah kontrakan di kawasan Manggih, yang dikunjungi Erman - Heldo.

Pada setiap kesempatan, Erman Safar maupun Heldo Aura, menyampaikan program dalam visi misi periode kedua. Program unggulan yang direncanakan Erman - Heldo, dimaksudkan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat.

Ada program pembayaran iuran komite siswa SLTA, setiap tahun 7 ribu siswa  dibayarkan iuran komitenya. Program yang menyerap dana Rp14 miliar per tahun itu membantu meringankan beban pengeluaran orangtua murid. Juga program subsidi beban jasa dana pinjaman program Tabungan Utsman, dilanjutkan dengan jumlah peminjam lebih banyak.

Erman Safar, juga bertemu dan berdialog dengan warga yang minta bantuan untuk membuka usaha. Dengan terang, Erman menyampaikan adanya rencana ke depan yaitu membantu usaha kelompok pemuda. Syaratnya, dalam satu RW pemuda yang belum bekerja membentuk kelompok yang jumlah anggotanya 10 orang. Sekurangnya diprogramkan untuk 100 kelompok.

"Program usaha kelompok tersebut, jenis usaha bisa di bidang kuliner, bengkel atau bentuk lain. Semua kebutuhan peralatan usaha kelompok itu nantinya disediakan Pemda," sebut Erman Safar. (*/rul)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.