Fak. Peternakan Unand Luar Biasa Hasilkan Dosen dan Mahasiswa Terbaik

 

Rektor, Dekan, Ketua Senat dan anggota memasuki ruang acara Dies

Padang. Rangkiang Nagari - Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi Phd menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada jajaran pimpinan Fakultas Peternakan Universitas, karena berhasil menorehksn prestasi yang sangat membanggakan dan luar biasa di tahun 2023 dan 2024 ini.

Prestasi Faterna ini memberikan sumbangan yang significan terhadap capaian kinerja Universitas yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Dari rangking 12, terus naik ke rangking 10 dan berdasarkan informasi terbaru Unand sudah berada di top 8 besar universitas terbaik di Indonesis, kata Rektor Efa Yonnedi Phd pada Dies Natalis ke-61 Fakultas di gedung CH Rabu pagi.

Prestasi membanggakan ditorehkan dosen Faterna Dr Rony Pazla. Ia tercatat sebagai 2 persen ilmuwan terbaik di dunia. Luar biasa prestasinya.

Prof Mardiati Zain atau Dekan sekarang tercatat sebagai Top 10 Scientist Unand berdasar H-Indeks. Prof Novirman Jamarun Dosen terbaik  dampak riset terbaik di tahun 2023 diikuti dosen muda Rizqan yang juga dosen terbaik dampak risetnya di tahun 2023.

Semua ini memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi Universitas, kata Rektor mantan Dekan Ekonomi ini. Prestasi Faterna ysng lain dibidang kemahasiswaan. Dimana-mana juara.

Sebagai contoh, Rahmi Yatul F  juara pertama nasional pada Animal Science Show Competition, Rafi Penta juara pertama dalam debat antar mahasiswa di tingkat nasional, ditambah lagi Agusti Azones Abimayu juara pertama di tingkat nasional lomba Faterna Enterpreneur Competition. Banyak lagi juara-juara lainnya.

Jumlah dosen yang  berpendidikan S.3 juga meningkat dari 102 dosen yang terdaftar, 68 orang diantaranya bergelar Doktor atau setara dengan 66,66 %. Angka Efisien Edukasi juga terus meningkat, kata Dekan Fakultas Peternakan Prof Mardiati Zain dalam pidato diesnya. Saat ini telah mencapai  17, 89. Idealnya memang berada diangka 25.

Dies Natalis 61 Fakultas Peternakan mengambil tema " Berinovasi, Bersinergi dan Berakselerasi untuk membangun masa depan peternakan yang berdaya saing. Moto ini diurai Dekan baru faterna ini.

Pembangunan fakultas yang berdaya saing memang sangat tergantung kerjasama pihak lain. Pemerintah, swasta atau industri dan masyarakat. Tanpa sinergi sangat susah untuk maju.

Fakultas terus berinovasi dengan menggali teknologi baru dan sekarang juga sudah AI. Peternakan harus memanfaatkan kemajuan teknologi mengatasi persaingan yang semakin ketat, kata Dekan.

Dibidang akselerasi fakultas mempercepat  mengimplementasi teknologi, penyebaran inovasi dan pengembangan sdm.

Dies Natalis 61 digunakan juga melepas dosen dan pegawai yang purna bhakti. Disamping itu diumumkan juga dosen dan mahasiswa terbaik. Penyerahan hadiah pemenang lomba dalam peringatan dies ini juga dilakukan, sebelum acara ditutup.***

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.