Kasubdit Edukasi Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Kunjungi Kampung Zakat Nagari Gunung Bungkuak Lumpo

Painan (Rangkiangnagari) - Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Edukasi,Inovasi dan Kerjasama Zakat dan Wakaf, Direktorat Jenderal Bimas Islam (Dirjen Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Muhibuddin.  Melakukan Kunjungan Kerja Senin (7/10) ke lokasi Kampung Zakat Nagari Gunung Bungkuak Lumpo, Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumbar. 

Kasubdit, Muhibuddin, hadir didampingi, Kakanwil Kemenag Sumbar, diwakili Kabid Penaiz Zawa, Yufrizal, Kakan Kemenag Pessel,H. Abrar Munanda, Kasubbag TU, Yosef Yuda, Penyelenggara Zakat Wakaf, Gusti Warni, KUA IV Jurai, Zaimal Elpetani. 

Selain itu terlihat hadir, Ketua Baznaz Pessel, Yose Leonando, Wakil Pimpinan Baznaz, OPD, Pimpinan Bank BRI, BSI, para Wakil Pimpinan Baznaz, Walinagari Gunung Bungkuak Lumpo dan jajaran dan undangan lainnya. 

Kasubdit, Muhibuddin dalam arahannya menyampaikan, Program Kampung Zakat adalah, Program Kemenag yang bertujuan untuk membantu pengentasan kemiskinan di Indonesia. 

Lanjutnya, Program Kampung Zakat merupakan upaya untuk pemberdayaan masyarakat desa melalui dana zakat. 

"Kemenag bekerja sama dengan BAZNAS, Lembaga Amil Zakat dan stakeholder terkait telah membentuk Projects Management Unit untuk akselerasi pengembangan zakat dan wakaf,"terang Kasubdit Muhibuddin. 

Justru itu ia berharap program Kampung Zakat di Nagari Gunung Bungkuak Lumpo bisa berkembang dengan baik sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di nagari itu kedepannya. 

"Kita harus bekerja sama untuk mengelolanya. Jangan ada bahasa ini program Kemenag, nagari atau Pemda, tetapi semua harus berkolaborasi dan bersinergi,"tuturnya. 

Kakan Kemenag Pessel, H Abrar Munanda dalam sambutanya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kasubdit Edukasi dan Inovasi bersama rombongan ke Pesisir Selatan untuk meninjau lokasi kampung zakat Nagari Gunung Bungkuak Lumpo. 

Selanjutnya, H. Abrar Munanda mengajak semua stakeholder sesuai bidangnya, untuk ikut mendorong agar masyarakat di nagari itu bisa lebih bersemangat dalam mengelola program Kampung Zakat ini. 

"Mari kita dorong masyarakat agar bersemangat sesuai bidang kita masing masing," ajak H. Abrar Munanda. 

Kabid Penaiz Zawa Kemenag Sumbar, H. Yufrizal dalam arahannya mengatakan. Program Kampung Zakat adalah, dalam rangka meningkatkan perputaran roda perekonomian masyarakat. Dengan program tersebut diharapkan masyarakat sejahtera secara ekonomi dan rohaninya. 

Menurut H. Yufrizal, selama ini di Pessel juga ada Program BERANI (Benah Rumah Bina Penghuni). Salah satu inovasi Kemenag Pessel, sebutnya,  dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Sementara itu Ketua Baznaz Pessel Yose Leonando, juga menyambut baik program Kampung Zakat di Nagari Gunung Bungkuak Lumpo. Ia juga berharap semua OPD juga ikut memberikan pemberdayaan kepada masyarakat sesuai bidang masing-masing. (Dodi)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.