Milad ke-119, DPW Syarikat Islam Sumbar Kolabarasi KPU Sumbar Diskusi Publik Gelar Diskusi Publik Pemilih Cerdas

Padang (RangkingNagari) - Menyambut perayaan Milad ke-119, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Syarikat Islam (SI) Wilayah Sumbar kolaborasi dengan KPU Sumbar menyelenggarakan Pengajian Umum dan Diskusi Publik pada hari Rabu (16/10/2024), di Auditorium Istana Gubernur Provinsi Sumatera Barat dengan tema “Pemilih cerdas kaum syarikat Islam Sumatera barat pada pilkada serentak nasional tahun 2024"

Kegiatan ini menjadi ajang diskusi bagi Syarikat Islam dalam menghadapi perhelatan pemilu/pemilihan (kepala daerah) serentak tahun 2024 mendatang yang eskalasinya sekarang kian meningkat.

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Wilayah Syarikat Islam Sumbar Kombes Pol (P) Mukhlis Mansyur, S.IK menyampaikan pentingnya bagi masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas dalam menghadapi pemilihan. "Ini berarti mendalami setiap calon pemimpin secara matang dan memastikan mereka memiliki kapasitas untuk memimpin. Bagi umat Islam, ada panduan yang jelas dalam memilih pemimpin sesuai dengan ajaran agama," ujar Mukhlis.

Turut hadir dalam perayaan milad ini, gubernur yang diwakili Staf Ahli Gubernur Sumbar, Syaiful Bahri mengatakan bahwa kriteria kompetensi calon kepala daerah yang dinilai rakyat diantaranya mempunyai kemampuan dalam memimpin perubahan, mampu memimpin disaat krisis, dapat membuat kebijakan yang inovatif, membuat anggaran tepat sasaran dan kemampuan kerjasama wirausaha.

"Tanggung jawab sebagai pemilih mencakup pemahaman yang mendalam tentang calon, program kerja, dan rekam jejak mereka. Pemilih yang cerdas harus menolak praktik politik uang dan segala bentuk manipulasi yang merusak integritas suara," tambah Syaiful.

Sesi kegiatan selanjutnya dilakukan diskusi publik dengan nar sumber yaitu Kabag Teknis dan Hukum KPU Sumbar, Sutrisno, Dr Hary Efendi Iskandar (dosen FIB Unand) dan Dr Zulfadli (dosen FISIP Unand) dengan moderator, Herlina (wakil sekretaris SI Sumbar).

Kegiataan ini diisi dengan materi dan tanya jawab dari Nara sumber dan peserta. Kabag Teknis dan Hukum KPU Sumbar, Sutrisno mengajak masyarakat untuk tidak jadi golongan putih (golput) pada ajang pemilihan, tidak melakukan praktik hoaks dan tidak terlibat politik uang. Serta memastikan masuk dalam DPT, bisa dilakukan secara online pada alamat https://cekdptonline.kpu.go.id.(Ayu)

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.