NANTI MALAM INDONESIA DIJAMU BAHRAIN; Bikin Kejutan Garuda!

Jakarta (RangkiangNagari) - Timnas Indonesia bertemu Bahrain matchday 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Kamis (10/10) malam ini tepatnya pukul 23.00 WIB. Garuda dijamu Muharabi Dilmun -julukan Timnas Bahrain- di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Bahrain.

Duel kedua kubu ini terjadi di Grup C. Kubu tuan rumah, Bahrain saat ini menempati peringkat 3 dengan 3 poin. Sang tamu, Indonesia diundakan 4, baru mendulang 2 poin.

Laga Bahrain vs Indonesia diprediksi berjalan sengit sejak awal. Pemenang laga ini punya kans naik ke peringkat 2, menggeser Arab Saudi (4 poin). Pasalnya selang beberapa jam kemudian Arab Saudi akan menjamu tim kuat Jepang, pada Jumat (11/10) pukul 01.00 WIB.

Indonesia dan Bahrain wajib memaksimalkan situasi tersebut. Starting XI kedua kubu menarik ditunggu. Juru taktik Garuda, Shin Tae-yong membawa amunisinya hampir lengkap. Tercatat hanya Justin Hubner pemain kunci Tim Garuda yang kali ini terpaksa absen karena cedera.
Kiper Maarten Paes yang sebelumnya dikabarkan cedera, namun penjaga gawang milik klub FC Dallas tersebut sduah berada di Bahrain.
Jika Paes terpaksa absen, maka pelatih STY harus memilih salah satu kiper yang tersedia di bench, antara Ernando Ari atau Nadeo Argawinata.

Di sisi lain, absennya Hubner agaknya tidak terlalu berdampak. Pasalnya dalam skuad Indonesia saat ini masih tersedia cukup banyak pemain belakang. Selain Jay Idzes dan Rizky Ridho, Merah Putih juga masih punya pemain baru, Mees Hilgers, yang berpeluang debut di laga ini.

Jikapun Hilgers dirasa masih perlu beradaptasi, STY juga punya opsi bek senior Jordi Amat. Selain itu, Calvin Verdonk atau Nathan Tjoe-A-On juga pernah menempati posisi bek tengah kiri dalam skema 3-4-2-1, yang kerap jadi andalan Shin.
Kemudian di fullback kanan, Sandy Walsh agaknya masih jadi pilihan utama. Sedangkan di sisi kiri, kemungkinan bakal ditempati Verdonk atau Tjoe-A-On. Untuk 2 posisi di gelandang, kemungkinan menjadi milik Thom Haye dan Ivar Jenner.

Sedangkan 2 dari 3 posisi pemain ofensif tampaknya masih menjadi milik Rafael Struick dan Ragnar Oratmangoen. Kemudian 1 posisi lagi kemungkinan jadi perebutan 4 pemain. Posisi tersebut bisa ditempati Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Egy Maulana Vikri, serta pemain baru Eliano Reijnders.
Lalu bagaimana dengan formasi Timnas Bahrain? Menghadapi Australia dan Jepang pada 2 laga awal, pelatih Talaji selalu menggunakan skema 4-2-3-1. Formasi itu terbukti berhasil mengalahkan Australia 0-1 dalam laga away, tapi justru gagal total saat dilibas Jepang 0-5 dalam laga home.

Kali ini Bahrain kemungkinan tetap memakai skema 4-2-3-1. Lagipula sejak melatih Timnas Bahrain, Talajic nyaris selalu memakai formasi tersebut sejak awal laga. Tentu seiring berlangsungnya pertandingan, formasi tersebut bisa saja berkembang menjadi skema lain menyesuaikan keadaan.
Hal menarik adalah ketika laga Australia dan Jepang, pelatih Talajic memainkan starting XI yang sama. Kini, jelang laga kontra Indonesia, 11 pemain starter tersebut kembali dipanggil. Ada indikasi bahwa Talajic tidak akan mengubah starting XI timnya.

Kiper Ebrahim Lutfalla diprediksi jadi andalan seperti 2 laga sebelumnya. Demikian halnya dengan 4 bek, yakni: Vincent Emmanuel, Sayed Baqer, Amine Benaddi, dan Abdulla Al-Khulasi.

Dua posisi gelandang bertahan masih bisa diisi Ali Haram dan Abbas Al-Asfoor. Keduanya bisa menyokong trio gelandang serang Mohamed Marhoon, Ali Madan, dan Kamil Al-Aswad. Lalu ujung tombak adalah striker Mahdi Abduljabbar.
Seperti apapun line-up Timnas Bahrain, mereka tetap berada pada posisi yang diunggulkan ketimbang Indonesia jika mengacu ranking FIFA. Bahrain saat ini menempati peringkat 76, sedangkan Indonesia ranking 129.

Tapi mesti diakui bahwa bergabungnya Hilgers dan Eliano di kubu Indonesia, jelas berpeluang meningkatkan kualitas Tim Garuda di laga ini. Bukan tidak mungkin jika keduanya bisa beradaptasi dengan cepat.

Dari lima laga pertemuan terakhir, Muharabi Dilmun masih pegang rekor 3 kemenangan, Garuda menang 1 kali dan sekali podo.

Well, kesimpulannya, Merah Putih diharapkan dapat membuat kejutan di Riffa nanti malam! 


#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.