Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasaman Darwin membuka secara resmi kegiatan Masa Taaruf (Matsama)

Pasaman (RangkiangNagari) - Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasaman Darwin membuka secara resmi kegiatan Masa Taaruf (Matsama) yang diikuti sebanyak 269 Peserta Didik Baru (PDB) tahun pelajaran 2019/2020 pada, Senin (15/7) di Aula Madrasah setempat.

Pantauan awak media dilapangan, dalam kegiatan tersebut, Kepala MAN 1 Pasaman, secara simbolis mengalungkan tanda peserta kepada dua orang siswa perwakilan putra dan putri.

Kegiatan masa Ta'aruf tersebut berlangsung selama lima hari kedepan, mulai Senin hingga Jum'at 15-19 Juli 2019 nanti.

Kata Darwin, masa Ta'aruf itu dilakukan, dengan tujuan memberikan orientasi dan pengenalan lingkungan Madrasah kepada peserta didik baru, sehingga mereka lebih mengenal dan mencintai MAN 1 Pasaman.

“Dengan adanya masa taaruf, mereka akan mengetahui visi dan misi Madrasah, sarana dan prasarana, cara belajar serta penanaman konsep pengenalan diri sehingga mereka dapat lebih mengembangkan diri di MAN 1 Pasaman,” ujar Darwin Kepala MAN 1 Pasaman disela-sela pembukaan kegiatan.

Selanjutnya, kata dia dengan masa Ta'aruf ini, kedepan anak-anak peserta didik baru dapat beradaptasi dan mematuhi aturan disekolah itu sendiri.

"Semoga pelaksanaan masa Ta'aruf ini bisa berjalan lancar dan peserta didik baru lebih termotivasi untuk meraih prestasi dan cita-citanya,” harap Darwin.

Sementara itu, Yulinasri selaku Wakil Bidang Kehumasan MAN 1 Pasaman menambahkan,
sebanyak 269 orang Peserta Didik Baru (PDB) MAN 1 Pasaman yang mengikuti kegiatan masa Ta'arruf (Matsama) itu terdiri dari 100 orang Putra, dan 169 orang Putri, dan mereka semua terdiri dari 8 rombel dengan rincian, 2 rombel jurusan IAI, 3 rombel IPA, dan 3 rombel IPS.

Kata dia, dalam masa Ta'aruf yang berlangsung selama lima hari itu para siswa/siswi diberikan beberapa materi yakni, pemberian materi di ruang kelas, dan pemberian materi diluar ruang sekolah.

Yulinasri menjelaskan, materi yang diberikan kepada siswa diruang kelas adalah pembentukan karakter, sedangkan diluar ruangan pembentukan disiplin siswa.

"Untuk pemateri diruang kelas narasumbernya, Kepala sekolah, wakil kepala, serta guru-guru yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Selanjutnya, kegiatan pembentukan karakter dan disiplin siswa yang dilaksanakan dilapangan kegiatannya dalam bentuk upacara, dan PBB, dengan dikoordinir oleh pengurus OSIM disekolah tersebut," tukasnya. 

#Ryan #(wl)
Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.