Sinama Koriang Limbanang Baruah Miliki Potensi Pengembangan Perikanan dan Pertanian

LIMBANANG (RangkiangNagari) - Aliran batang sinama yang tidak berfungsi di Limbanang Baruah Nagari Limbanang, Kec. Suliki, memiliki potensi sumberdaya perikanan dan pengairan guna menggerakkan ekonomi warga setempat.

Kepala jorong Limbanang Baruah Refinalti mengatakan, panjang aliran sungai ini sekitar 2 km. Jika ini dapat dialiri kembali dengan sistim pintu air maka batang sinama ini akan dapat menjadi sumber ekonomi warga, baik untuk usah perikanan maupun untuk pengairan areal pertanian, ujarnya.

Penggunaan pintu air menurut ibuk jorong ini, agar dapat mengatur debit air yang dialirkan ke batang sinamar ini, sehingga air sungai nantinya tidak membawa dampak buruk, seperti banjir dan hanyutnya keramba ikan.

Ide kreatif kepala jorong Limbanang Baruah ini mendapat perhatian Wendi Candra Dt. Marajo, Anggota DPRD Lima Puluh Kota Dapil Lima Puluh Kota 5, Suliki, Gunuang Omeh, Bukik Barisan.

"Memang potensi sinama koriang ini cukup luar biasa jika dibangun dan dikelola dengan baik, karena akan memberi manfaat yang banyak bagi warga Limbanang, seperti keramba ikan dan pengairan lahan pertanian. Tentunya itu berkonstribusi untuk pembangunan Kabupaten Lima Puluh Kota", kata datuak Wendi, panggilan akrabnya, di Limbanang, kemaren lalu.

Datuak Wendi, akan berkoordinasi dengan lembaga teknis, guna mendapatkan informasi yang lebih dalam, sehingga didapat informasi yang lebih banyak tentang potensi sinama koriang ini.

"Nanti kita koordinasikan ke lembaga tekait. Semoga harapan kita ini jadi kenyataan," tutupnya.

 

#Rn

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.