PELATIHAN MERAJUT NAGARI KOTO BANGUN TAHUN 2023

Limapuluh Kota (RangkiangNagari) - Nagari Koto Bangun telah selesai melaksanakan Pelatihan Keterampilan Merajut pada tanggal 15 juli 2023. Sebanyak 20 orang pemudi dari Nagari Koto Bangun ikut berpartisipasi dalam kegiatan kali ini.

Merajut adalah suatu kegiatan kerajinan dengan mengaitkan benang (wol) dengan jarum khusus (hakpen) yang dibentuk sesuai dengan bentuk yang kita inginkan. Sebagai contoh misalnya syal, sepatu, tas dan lain sebagainya.

Pelatihan keterampilan ( merajut ) ini dilatar belakangi oleh adanya potensi dari pemudi Nagari Koto Bangun yang tidak bersekolah lagi akan tetapi belum mendapatkan kesempatan dalam dunia kerja. Merajut tentunya bukanlah menjadi jaminan untuk mendapatkan pekerjaan, akan tetapi, yang menjadi pertimbangan Nagari dalam melaksanakan kegiatan ini adalah dikemudian hari para peserta ini bisa membuat dan mengembangkan sendiri keterampilan yang sudah diberikan sehingga membuka peluang usaha baik secara pribadi maupun bekerjasama dengan BUMNag.

Sumber anggaran dari pelatihan kali ini adalah Dana Desa (DDS) dibidang pemberdayaan, dengan penanggung jawab kegiatan adalah Kasi Pelayanan yaitu Bpk. Nusrizul.

Pelatihan keterampilan merajut dilaksanakan pada tanggal 10 - 15 juli 2023, dengan mentor putri asli Kapur IX Yersa Novelina Putri, beliau merupakan putri asal Kenagarian Muaro Paiti.

Nagari tentunya berharap, ke depannya para peserta pelatihan ini tetap semangat mengembangkan hal - hal yang sudah dipelajari selama kegiatan ini berlansung, dengan demikian tentunya akan menambah potensi untuk bidang usaha dan pariwisata desa kedepannya. Harapan Nagari nantinya peserta bisa menciptakan rajutan yang memang bisa dijadikan khas dari Nagari Koto Bangun, sehingga ketika ada wisatawan yang berkunjung ke objek pariwisata di Nagari Koto Bangun ada semacam sourvenir yang bisa dibawa ketika kembali lagi dari Kenagarian Koto Bangun. Hal ini tentu bukan sesuatu yang mudah akan tetapi bukan tidak mungkin ini terjadi, jikalau para peserta tetap semangat dan komitmen dalam mengembangkan keterampilan ini.

 

#Rn

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.