PWI Payakumbuh-Limapuluh Kota Siap Jalankan Tugas untuk Masyarakat

PAYAKUMBUH (RangkiangNagari) – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat (Sumbar), Basril Basyar, melantik Pengurus PWI Payakumbuh-Limapuluh Kota periode 2022-2025 yang dipimpin oleh Aspon Dedi, pada Minggu (18/6/2023) siang.

Acara pelantikan tersebut diselenggarakan di Aula Ngalau Indah Kantor Balai Kota Payakumbuh dan dihadiri langsung oleh Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda dan Plh. Bupati Limapuluh Rizki Kurniawan Nakasri (RKN). Hadir juga Forkopimda, Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Kajari Payakumbuh, Wakapolres Payakumbuh, Dandim 0306/50 Kota, Sekretaris PWI Sumbar Firdaus, pengurus PWI Tanahdatar, pengurus PWI Mentawai, pengurus PWI Padang Panjang, pengurus PWI Solok Selatan, dan pengurus PWI Bukittinggi.


Selain itu, tokoh-tokoh hebat dari Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh & Kabupaten Limapuluh Kota) juga turut hadir, antara lain Bupati Limapuluh Kota Priode 2016-2021 Irfendi Arbi, anggota DPRD Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam, Wulan Denura, Edwar DF, Kalapas Kelas III Suliki Kamesworo, Kakankemenag Ketua KPU Kota Payakumbuh, serta Kepala-Kepala OPD, Baznas Payakumbuh, pelaku UMKM, anggota organisasi profesi wartawan lainnya, dan ratusan tamu undangan lainnya.

Plh. Bupati Limapuluh Kota RKN menyatakan bahwa pers memiliki peran penting dalam memajukan pembangunan daerah. Menurutnya, kerjasama yang baik dan kolaborasi intens antara pemerintah daerah dan wartawan sebagai corong informasi dan pilar demokrasi ke-4 sangat diperlukan.
“Sebagai organisasi wartawan tertua, PWI tentu memiliki pengalaman dalam hal ini. Kami berharap kerjasama dengan pengurus dan anggota PWI semakin kuat di masa mendatang,” ujar RKN.

Sementara itu, Rida Ananda mengucapkan selamat kepada Ketua dan Pengurus PWI Payakumbuh-Limapuluh Kota periode 2022-2025 yang baru dilantik. Menurut Rida, pemerintah daerah membutuhkan dukungan pers dalam memajukan daerah. “Saya melihat bahwa tugas wartawan saat ini cukup berat. Terkadang mereka bekerja siang dan malam untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Luar biasa,” katanya.

Rida juga menyampaikan bahwa peran wartawan dalam menyajikan informasi sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih lagi, tugas wartawan dalam mencari fakta di tengah maraknya berita bohong (hoax) yang beredar di media massa sangatlah berat. “Saya sebagai Pj. Wali Kota Payakumbuh harus setiap hari menyampaikan informasi kinerja saya kepada Menteri. Oleh karena itu, saya rajin turun ke lapangan. Itu juga berkat bantuan dari rekan-rekan wartawan,” ungkapnya.
“Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi rekan-rekan wartawan yang bertugas di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota yang telah menyampaikan informasi sesuai fakta kepada masyarakat,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua PWI Sumbar Basril Basyar dalam arahannya memuji kesuksesan pelantikan Pengurus PWI Payakumbuh-Limapuluh Kota periode 2022-2025. Ia berharap ketua dan pengurus dapat langsung bekerja menjalankan roda organisasi yang telah disusun.

“Pelantikan ini sangat sukses karena dihadiri langsung oleh dua kepala daerah, yaitu Pj. Wali Kota Payakumbuh dan Plh. Bupati Limapuluh Kota. Saya juga melihat sahabat saya, Irfendi Arbi,” kata Basril Basyar.

Ketua PWI Payakumbuh-Limapuluh Kota, Aspon Dedi, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada ratusan tamu undangan yang hadir. Ia siap dan optimis dapat membawa PWI Payakumbuh-Limapuluh menuju ke arah yang lebih baik dalam tiga tahun mendatang. “Insya Allah, saya siap menjalankan tugas yang cukup berat ini dan akan segera melaksanakan program kerja yang telah disusun,” pungkasnya.

Dalam menjalankan roda organisasi PWI Payakumbuh-Limapuluh Kota untuk tiga tahun mendatang, Aspon Dedi akan dibantu oleh Sekretaris Meddy Sulhendi dan Bendahara Taufik, BAC.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Payakumbuh-Limapuluh Kota periode 2022-2025 oleh Ketua IKWI Sumbar.

Acara pelantikan dimeriahkan dengan hiburan dendang KIM. Tiga hadiah utama KIM disumbangkan oleh Irfendi Arbi berupa sepeda gunung, Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar berupa kulkas, dan Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra berupa mesin cuci.

 

#Rn

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.