Sumbar Raih Penghargaan Pada APPI 2023

PADANG (RangkiangNagari) – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meraih penghargaan pada dua kategori dalam ajang Anugerah Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023.

Penghargaan itu masing-masing juara 2 untuk kategori Video Promosi Destinasi Wisata dan peringkat 5 untuk kategori Video Promosi Event Pariwisata.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi di Padang, Selasa, mengatakan penghargaan tersebut harus dijadikan motivasi untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam hal pemasaran pariwisata.

Ia menyebut, pemasaran menjadi salah satu kunci sukses pariwisata daerah yang harus menjadi perhatian serius dari dinas terkait.

Promosi di media sosial dengan konten yang menarik bisa menjadi salah satu pilihan yang efektif bisa didukung dengan tenaga IT yang bagus.

“Video promosi ini selain bisa dipasang secara offline pada bilboard khusus, juga bisa menjadi konten promosi melalui media sosial atau elektronik. Konten seperti itu perlu diperbanyak untuk mempromosikan Sumbar sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia,” katanya.

Apalagi, Sumbar juga tengah melaksanakan program Visit Beautiful West Sumatera 2023 yang ditargetkan bisa mendatangkan 8,2 juta wisatawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengatakan, dari segi pemasaran, Pemprov Sumbar tidak berjalan sendiri. Masing-masing kabupaten dan kota di provinsi itu juga melakukan promosi pariwisata sendiri.

Kolaborasi antara provinsi dan kabupaten/kota itu membuat promosi semakin luas sehingga potensi Sumbar secara umum makin dikenal wisatawan domestik maupun luar negeri.

Ia menyebut, APPI merupakan ajang unjuk kreatifitas yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk merangsang Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia agar lebih kreatif dan inovatif dalam mengoptimalkan promosi kepariwisataan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Ajang ini juga ditujukan untuk menyukseskan kampanye Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). Bentuk kegiatan yaitu, lomba video kreatif berdurasi 1 menit dengan tujuan promosi yang diikuti oleh Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia. Lomba yang berlangsung total selama empat bulan ini dibagi ke dalam empat kategori (destinasi, acara, seni budaya, dan kuliner).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Jakarta, Senin malam. 


#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.