Dihadiri Camat KUA BAB Tapan Hendri Nalfinas Kukuhkan Pengurus BKM Tingkat Nagari se Kecamatan

Painan (Rangkiangnagari) - Kepala Kantor Urusan Agama (Ka KUA) Basa Ampek Balai (BAB) Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Hendri Nalfinas. Mengukuhan Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) tingkat Nagari Se Kecamatan setempat. 

Pengurus BKM Nagari yang dikukuhkan itu untuk masa bhakti 2023-2027. Kegiatan berlangsung Minggu (24/9/2023) di Gedung Perwakilan Pemkab Pessel Tapan. 

Hadir dalam acara tersebut, Camat BAB Tapan Legiandru, Pengurus MUI, Pengurus masjid, Pengurus BKM Nagari, tokoh masyarakat dan alim ulama  se Kecamatan itu. 

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus BKM oleh Ka KUA, BAB Tapan Hendri Nalfinas.  

Dalam arahannya, KUA BAB Tapan Hendri Nalfinas menyampaikan bahwa.  Pengukuhan BKM tingkat nagari tersebut mendasari pengukuhan pengurus BKM Tingkat Kecamatan SE Kabupaten Pessel yang telah dilaksanakan pada tanggal 21 September 2023.  Sebelumnya terang Hendri Nalfinas Pengukuhan BKM Kecamatan juga mendasari pengukuhan pengurus BKM kabupaten/kota yang dilaksanakan di Kanwil Kemenag Sumbar tanggal 7 Agustus 2023.

Lebih lanjut dikatakan Hendri Nalfinas.  BKM adalah organisasi di bawah naungan Kementerian Agama yang  berjenjang dari pusat sampai ke daerah hingga ke tingkat nagari. 

Justru itu ia berharap, susunan kepengurusan BKM yang sudah dikukuhkan itu bisa berpartisipasi dengan baik ke depannya dalam mewujudkan manajemen masjid yang lebih baik lagi di wilayah itu. 

"Mari kita bekerja sama untuk memajukan kesejahteraan masjid dan meningkatkan manfaat masjid untuk masyarakat sekitar,” ajak Hendri Nalfinas.

Selain itu, melalui pengukuhan pengurus BKM tingkat nagari diharapkan bisa memaksimalkan peran masjid di masyarakat, mewujudkan masjid yang mandiri dan dapat memfungsikan masjid sesuai bidangnya. Pertama bidang Idarah ( Administrasi Masjid ) Ri'ayah (Penampilan Masjid ) dan Imarah (Kemakmuran Masjid) . 

Sementara itu Camat BAB Tapan Legiandru dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih pada jajaran KUA BAB Tapan yang sudah berhasil mengukuhkan Pengurus BKM Tingkat Nagari se Kecamatan itu. 

Camat Legiandru berharap, kedepan pengurus BKM yang sudah dikukuhkan, bisa bersinergi dengan masyarakat guna meningkatkan fungsi dan pelayanan  masjid dan mushalla yang ada di wilayah BAB Tapan. (Rn/Dd)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.