Kakan Kemenag Pessel H Abrar Munanda Kukuhkan Pengurus BKM

Painan (Rangkiangnagari) - Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) H. Abrar Munanda. Mengukuhkan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kecamatan se Kabupaten Pesisir Selatan, Periode 2023-2027. 

Pengukuhan BKM itu bertempat di Aula Kemenag Pessel, pada Kamis (21/9). 

Kakan Kemenag Pessel, H. Abrar Munanda dalam arahannya mengatakan. Pihaknya mengapresiasi Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam, Kemenag Pessel, H. Firdaus beserta jajaran yang telah memfasilitasi terbentuknya BKM se Kabupaten Pessel tersebut. 

"Kita mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan jajaran Seksi Bimas Islam Kemenag Pessel yang sudah memfasilitasi terbentuknya BKM Kecamatan se Kabupaten yang kita kukuhkan hari ini." Ungkap Kepala Kemenag Pessel, H. Abrar Munanda. 

Menurut H. Abrar Munanda pengukuhan pengurus BKM Pessel adalah yang kedua di Provinsi Sumatera Barat,setelah Kato Payakumbuh.

Selanjutnya, ia juga mengapresiasi seluruh Kepala KUA yang sudah berhasil membentuk pengurus BKM hingga tingkat nagari. 

"Kita juga mendapatkan apresiasi dari Pak Kanwil Kemenag Sumbar, atas sudah terbentuknya kepengurusan BKM di 182 nagari yang ada di Pesisir Selatan," terangnya. 

Menurut Kakan Kemenag Pessel,H. Abrar Munanda, BKM bukanlah  organisasi yang baru. Namun organisasi yang sudah lama mati suri dan sekarang melalui Kementerian Agama BKM tersebut di aktifkan kembali dan  sejajar dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI). 

Kabupaten Pessel memiliki masjid 544 unit. Saat ini jumlah itu sebut, H. Abrar Munanda sudah  terdata di Aplikasi SIMAS (Sistem Informasi Masjid). 

Ada beberapa klasifikasi masjid sebut H. Abrar Munanda.Pertama masjid/mushola bersejarah, kedua masjid tertua, ketiga masjid/mushola berdasarkan arsitekturnya. Keempat masjid/mushola di pinggir jalan raya dan lainnya. 

Kepada Pengurus BKM yang sudah dikukuhkan itu. Kakan Kemenag Pessel H Abrar Munanda berharap. Semoga ke depan bisa mendorong para pengurus masjid yang ada untuk dapat meningkatkan manajemen masjid agar lebih baik. Terutama masjid dan mushalla yang berada di pinggir jalan dan tempat wisata,agar bisa meningkatkan tempat taharahnya. 

"Alhamdulillah di Pessel sudah banyak masjid yang memiliki tempat taharahnya yang sudah bagus. Semoga ke depan yang lain bisa dimotivasi lagi,"harapnya.

Dalam kesempatan itu Kakan Kemenag Pessel, H.Abrar Munanda juga menghibau agar pengurus BKM bisa menggerakkan generasi muda untuk  cinta ke masjid.

"Mari kita ajak generasi muda untuk     cinta ke masjid andaikan ada anak-anak nakal jangan kita larang mereka ke masjid. Ajak dan berikan pemahaman secara terus-menerus. Banyak anak nakal yang kelak besar menjadi ulama.'Tutur Kakan Kemenag Pessel H Abrar Munanda. 

Pengukuhan BKM se Kabupaten Pesisir Selatan itu dihadiri Kasi Bimas Islam Kemenag Pessel, H.Firdaus. Kepala KUA dan undangan lainnya. Adapun Ketua BKM pada setiap kecamatan diketuai langsung oleh Kepala KUA di kecamatan setempat. (Rn/Dd)

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.