Pemko Terus Berupaya Mencukupi Kebutuhan Air Masyarakat

Payakumbuh (RangkiangNagari) – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh terus berupaya mencukupi kebutuhan air masyarakat dengan mencari sumber air baku yang saat ini belum termanfaatkan.

“Sesuai arahan Bapak Pj. Wali Kota, kita diminta untuk mencari sumber air baku baru supaya kebutuhan air untuk masyarakat kita bisa tercukupi,” kata Sekda Rida Ananda saat meninjau Embung Bulakan Kelurahan Limbukan, Jumat (28/06/2024) sore.

Saat meninjau itu, Sekda Rida Ananda juga didampingi Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh Muslim, Dirut PAM Tirta Sago Khairul Ikhwan beserta jajaran, Camat Payakumbuh Selatan Resti Desmila dan Lurah Limbukan Lidya Nugrahmi.

Sekda Rida menyebut, saat ini jumlah sambungan air PDAM di Kota Payakumbuh sudah mencapai 96 persen. Namun dari sumber air baku yang ada baru bisa memenuhi 67 persen kebutuhan masyarakat.

“Kita masih kekurang debit sekitar 176 liter per detik, maka kita terus mencari sumber air baku baru dengan memanfaatkan air permukaan yang saat itu belum termanfaatkan,” ucapnya.

Rida memastikan, pemanfaatan air permukaan tersebut tidak akan mengganggu kebutuhan irigasi untuk lahan pertanian masyarakat.

“Makanya kita minta bantuan kepada masyarakat, kalau ada sumber air yang tidak termanfaatkan, walaupun debitnya kecil, itu akan kita maksimalkan dan sangat membantu sekali,” ujarnya.

“Harapan kita, dengan terpenuhinya sumber air baku ini, Insyaa Allah semua kebutuhan air masyarakat Payakumbuh akan terpenuhi,” pungkasnya. 


#Rn

Labels: , ,
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.